Selasa, 19 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Pelantikan Pj Gubri - PT Riau Petroleum
Polling
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan dihelat tahun 2024. Siapa menurut Anda sosok yang tepat memimpin provinsi Riau untuk 5 tahun ke depan? (Urutan nama berdasarkan abjad)

https://green.radenintan.ac.id/max/ https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/ https://143.198.234.52/ sonic77
Pemkab Meranti Berhasil Melokalisir Penularan Covid-19
Minggu, 14 Juni 2020 14:14 WIB
Pemkab Meranti Berhasil Melokalisir Penularan Covid-19
Pemkab Meranti Berhasil Melokalisir Penularan Covid-19

MERANTI (CAKAPLAH) - Sejak beberapa santri Magetan asal Desa Bandul pulang ke Kepulauan Meranti dan reaktif saat dilakukan rapid tes, pemerintah setempat langsung mengambil langkah cepat. Terhadap PDP dan keluarga, langsung dikarantina di Selatpanjang dan di Desa Bandul diberlakukan pembatasan sosial skala tertentu (PSST). Dua kali diterapkan PSST (setiap 14 hari) berhasil melokalisir penularan Covid-19 hingga akhirnya seluruh PDP dinyatakan sembuh.

Pekan kedua Bulan Mei 2020, ada tiga PDP yang merupakan santri dari Magetan diisolasi di RSUD Kepulauan Meranti. Namun, satu diantaranya dibolehkan pulang karena dalam keadaan sehat. Mereka terindikasi terjangkit virus corona setelah sejumlah santri pesantren tersebut juga banyak yang dinyatakan positif corona. Sebelum dikarantina, belasan santri dari Magetan di rapid tes, namun dua orang yang reaktif.

Setelah hasil swab keluar pada tanggal 13 Mei 2020, satu dari dua santri yang masih dikarantina dinyatakan positif terinveksi virus corona. Dia pun akhirnya dipisahkan dari teman yang juga dirawat di RSUD Kepulauan Meranti.

Pasca kejadian ini, tim gugus tugas Covid-19 Kepulauan Meranti langsung melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan PDP. Setidaknya ada belasan orang yang dibawa ke Selatpanjang untuk dikarantina dan mendapatkan perawatan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diingingkan.

Selain memberikan perawatan terhadap PDP dan ODP asal Desa Bandul yang dikarantina, pemerintah juga membuat kebijakan PSST di sana. PSST pertama diberlakukan mulai tanggal 15 Mei hingga 29 Mei 2020. Selama 14 hari itu, tim gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Satlinmas pihak kecamatan Tasikputri Puyu dan pihak Desa Bandul. Tim menjaga ketat aktivitas warga setempat, semua kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang ditiadakan. Selain itu, di pintu masuk dan keluar Desa Bandul, juga dilakukan penjagaan. Warga yang tak punya alasan kuat, dilarang masuk atau keluar dari Desa Bandul. Upaya ini dilakukan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 agar tidak merebak ke semua wilayah di Kepulauan Meranti.

Selama PSST, guna menghindari persoalan sosial lainnya, Pemkab Kepulauan Meranti menjamin ketersediaan sembako. Lalu, bagi pedagang yang hendak berbelanja, masih dibolehkan dengan catatan mendapat surat persetujuan dari pemerintah desa dan mengantongi surat cek kesehatan di pos penjagaan.

Setelah dua pekan diterapkan PSST, pemerintah berhasil melokalisir penularan Covid-19. Meski tak ada penularan di daerah lain, namun status PSST terpaksa diperpanjang untuk kedua kalinya. Sebab, berdasarkan hasil swab terhadap belasan warga Bandul, sebanyak enam orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Perpanjangan PSST ini tertuang dalam surat keputusan (SK) Bupati Nomor 311/HK/KPTS/V/2020 tanggal 29 Mei 2020. PSST kedua di Desa Bandul diberlakukan sejak tanggal 30 Mei 2020 selama empat belas hari kedepan.

"Keputusan ini harus kita ambil berdasarkan hasil swab terakhir yang menetapkan ada tambahan enam warga Bandul positif Covid-19," ujar Bupati Irwan Nasir yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kepulauan Meranti, Sabtu (30/5/2020) yang lalu.

Dijelas Irwan, dengan pemberlakuan PSST untuk kedua kalinya ini, maka upaya-upaya penanggulangan yang dilakukan sebelumnya di Desa Bandul Kecamatan Tasikputri Puyu dilanjutkan. Seperti penempatan personel pengamanan dari TNi, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan dan pihak terkait di pos-pos penjagaan yang sebelumnya telah dibuat. Selain itu, tim gugus tugas juga memperpanjang masa kerja tenaga medis tambahan di Puskesmas Desa Bandul.

"Ini harus kita ambil untuk memutus mata rantai Covid-19. Kita sangat berharap kerjasama masyarakat dan seluruh aparatur demi kebaikan bersama," tegas Bupati dua periode itu.

Upaya lain yang dilakukan pemerintah antara lain penyemprotan disinfektan di titik-titik rawan penyebaran Covid-19. Kemudian ada juga pemeriksaan rutin terhadap warga, dan penyaluran bantuan akan tetap dilakukan. Irwan meminta masyarakat Bandul bersabar karena untuk memutus mata rantai tersebut membutuhkan waktu dan kerjasama seluruh masyarakat. Irwan juga mengimbau masyarakat yang merasa pernah kontak erat dengan pasien positif untuk bisa bekerjasama dengan cara menghubungi tenaga medis guna dilakukan langkah medis. Sebab, memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 memang harus ada kerjasama dari semua pihak.

"Jujur saya sangat sangat berharap segera mencabut status PSST yang mengisolasi Desa Bandul. Kita minta warga disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, sering mencuci tangan, dan segera menghubungi pihak medis jika muncul gejala sakit," kata Irwan.

Kerja keras tim selama status PSST diberlakukan, membuahkan hasil. Pemkab Kepulauan Meranti berhasil melokalisir penyebaran virus yang mewabah di seluruh penjuru negara ini. Penyebaran Covid tak terjadi di daerah lain dan PDP dari Desa Bandul dinyatakan sembuh setelah mendapat perawatan maksimal dari dokter.

Karena sudah berhasil, maka status PSST di Desa Bandul yang telah diberlakukan selama lebih kurang empat pekan dicabut terhitung hari Sabtu (13/6/2020). Pencabutan status PSST tersebut ditandai dengan dibukanya portal penghalang yang dipasang di pintu masuk Desa Bandul oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim.

Said Hasyim mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena setelah 28 hari Desa Bandul ditetapkan PSST, sudah bisa beraktivitas seperti biasa namun tetap mengedepankan protokol kesehatan. "Jangan lengah, kami imbau kepada kita semuanya untuk selalu menjaga karena virus covid ini suatu virus yang tidak wujud jadi kita tidak tahu keberadaannya bisa jadi berada di dekat kita, untuk itu kita selalu waspada," kata Said Hasyim.

"Dengan berakhirnya PSST Desa Bandul, alhamdulillah kita kembali ke new normal, bukan hanya Bandul tapi semua daerah di wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Kepulauan Meranti. Kehidupan normal tapi baru dengan maksud kita menghadapi pola hidup yang baru, dimana kita ditegaskan oleh pemerintah agar melaksanakan semua protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, menjaga kebersihan diri dan lingkungan," tambah Said Hasyim.

Said juga mengucapkan terimakasih kepada para petugas yang melaksanakan tugasnya dengan baik yang menjaga Desa Bandul selama penerapan PSST. (advertorial)

Penulis : Rizal
Editor : Ali
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Kepulauan Meranti
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan dihelat tahun 2024. Siapa menurut Anda sosok yang tepat memimpin provinsi Riau untuk 5 tahun ke depan? (Urutan nama berdasarkan abjad)

Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 16 Maret 2024
Pegadaian Kembali Gelar Festival Ramadan, Ada Street Food hingga Panggung Emas
Sabtu, 16 Maret 2024
Pemkab Kampar Gelar Safari Ramadan, Tim Pj Bupati dan Pj Sekda Dipisah
Jumat, 15 Maret 2024
Telah Resmi Jalin Kerjasama dengan INHA University, Kini UIR Perluas Kerjasama hingga Fakultas dan Prodi
Jumat, 15 Maret 2024
RCI dan Kombatpol Berbagi Makanan di Palestina

Serantau lainnya ...
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online
Selasa, 12 Maret 2024
Keunggulan Mukena Dewasa Katun Mikro Premium Traveling 2in1 Ribbon, Mukena Traveling Terlaris
Minggu, 10 Maret 2024
Beberapa Produk yang Bisa Anda Dapatkan di Blibli.com
Kamis, 07 Maret 2024
Pertama di Pekanbaru, Yoshinoya Resto Beef Bowl Hadir di Mal SKA

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa
Senin, 04 Maret 2024
Pengurus IKA Prodi Administrasi Negara/Publik Periode Unri 2023-2027 Dilantik
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Evaluasi Lapangan Visitasi Usulan Pembukaan Prodi Kebidanan Umri
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab Juara 1 Tingkat Nasional Seminar Hasil Kosabangsa Kemenristek Dikti 2023

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Polling
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan dihelat tahun 2024. Siapa menurut Anda sosok yang tepat memimpin provinsi Riau untuk 5 tahun ke depan? (Urutan nama berdasarkan abjad)


Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
https://green.radenintan.ac.id/max/ https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/ https://143.198.234.52/ sonic77 Indeks Berita
www www