Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
HUT CAKAPLAH 7 - PJ Walikota Muflihun

CAKAP RAKYAT
Maulid Nabi Dan Nilai Kepemimpinan
Kamis, 28 September 2023 08:57 WIB
Maulid Nabi Dan Nilai Kepemimpinan
Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Kamis 12 Rabi’ul Awal 1445 Hijriah bertepatan tanggal 28 September 2023 merupakan hari istimewa. 14 abad yang lalu, lahir dari rahim seorang wanita terhormat anak lelaki yang kelak membawa kemaslahatan bagi dunia seisinya. Siapa lagi kalau bukan junjungan kita yakni Nabi Muhammad SAW. Terkhusus masyarakat Indonesia, hari kelahiran Rasulullah diperingati luar biasa. Boleh dibilang istilah Maulid Nabi hanya popular di negeri kita. Peringatannya pun mentradisi dan diwariskan turun-temurun. 

Tingginya antusias muslim tanah air memperingati kelahiran Nabi patut dibanggakan. Inilah puncak pengagungan seorang manusia yang tanpa kehadirannya maka dunia tetap dalam masa kejahiliyahan. Sebelum Rasulullah dilahirkan memang telah banyak berdiri peradaban maju. Luar biasa secara materi, dipenuhi infrasruktur dan arsitektur nan megah. Namun hampa nilai moral dan akhlak. Oleh karena itu sangat merugi orang mengaku muslim tapi melewatkan begitu saja hari kelahiran Rasulullah tanpa ekspresi kesyukuran dan kegembiraan. Apalagi sampai menyepelekan orang-orang yang memperingati hari kelahiran Nabi. 

Ambil pelajaran dari Abu Lahab. Kendati penentang utama Nabi yang kisah dan siksaan untuknya diabadikan Allah SWT dalam al-Quran, tapi sebuah riwayat menuturkan bahwa Abu Lahab diberi keringanan siksa kubur tiap hari senin. “Dispensasi” diperoleh asbab suatu ketika ia pernah begitu senang manakala budaknya Tsuwaibah Al Aslamiyah mendatangi dan mengabari berita kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kelewat bahagianya, Abu Lahab memerdekakan Tsuwaibah dan menghadiahkan ke Siti Aminah. Tsuwaibah menjadi perempuan yang menyusui Nabi. Hikmahnya, kalau seorang manusia yang dilaknat Allah SWT saja kecipratan berkah disebabkan rasa senang atas kelahiran Nabi, yang mengaku beriman semestinya lebih bahagia lagi.

Rasa bahagia sepadan menimbang perjuangan dan pengorbanan beliau menghantarkan risalah agama. Manfaat bukan hanya dirasakan oleh umat muslim, tetapi seluruh umat manusia. Merubah tatanan dunia ke arah lebih baik. Tatkala dunia barat masih dihantui rasisme, Islam telah lama memerangi perbudakan dan diskriminasi, memartabatkan dan memanusiakan manusia serta mengangkat harkat wanita. Tengok saja di masjid, semua diperlakukan sama. Tak membedakan warna kulit, kasta, harta dan jabatan. Karena manusia setara di hadapan Tuhan, yang membedakan hanyalah takwa. 

Jadi, kalau ada pihak koar-koar bilang Islam diskriminatif apalagi anti emansipasi wanita, yang menuduh pertanda SDM rendah minim literasi. Sementara wanita di Eropa abad pertengahan mayoritas buta huruf dan statusnya dihinakan, begitujuga wanita di Amerika Serikat abad 19 dikekang kehidupan sosial dan politiknya, Islam jauh lebih dulu memberi tempat utama kepada wanita.

Istri Rasul yakni Khadijah RA merupakan saudagar dan aktor penting dalam dakwah nabi. Berikut Siti Aisyah RA tokoh sentral mulai dalam hal periwayatan hadist dan memiliki pengaruh di kalangan umat pada masa itu. Sesudahnya banyak muslimah memainkan peran penting dalam sejarah Islam. Tersebut Hafshah anak Umar bin Khattab, berbekal kemampuan baca tulis, dicatat tinta emas sejarah atas upayanya mendokumentasikan tulisan al Qur’an ke lembaran pelepah kurma. Membuat ia digelari “penjaga Al Qur’an”. Ada juga wanita andil di medan perang seperti Nusaibah binti Kaab. Tak kalah fenomenal pendiri universitas pertama di dunia (Al Qarawiyyin di Maroko) bernama Fatima al-Fihria. Dan banyak lagi daftarnya.

Kepemimpinan

Pemaparan di atas menyuratkan betapa kelahiran Rasulullah hadirkan keberkahan. Berdasarkan itu, sangat disayangkan momentum Maulid Nabi berlalu tanpa refleksi guna menyegarkan kembali ingatan terhadap aspek kehidupan Nabi. Harapannya tergugah kesadaran untuk terus berupaya meneladani perbuatan beliau. Salah satu warisan Rasul yang urgen diangkat soal kepemimpinan. Walau klasik, dinilai sangat penting. Tanpa kepemimpinan yang baik, mustahil suatu bangsa mencapai cita-cita mulia. Bicara kepemimpinan makin relevan mengingat kondisi bangsa belakangan rindu berat sosok berjiwa leadership. Terlebih di era penuh paradoks. Dimana pendusta dan penkhianat dipercaya dan dipuja, sedang yang amanah dan jujur dicemooh dan disingkirkan; Mengaku merakyat tapi kebijakan menyengsarakan rakyat.

Banyak sudah peristiwa ironis tersaji di depan mata. Di lingkup pengambil kebijakan, regulasi dibuat bukan untuk sejahterakan rakyat, justru mengakomodir kepentingan pihak tertentu. Masih hangat kejadian di Kampung Rempang di Batam, yang mana rakyat dikorbankan demi investasi. Mirisnya, saat warga tergusur hidup terombang-ambing dalam galau dan kesedihan, di suatu tempat pemimpin negeri beserta pejabatnya berpesta-pora sambil berjoget ria. Sungguh pemandangan menyayat hati.

Fenomena tersebut terang saja bertolakbelakang dengan apa yang dicontohkan Rasulullah. Saking cinta kepada umatnya, menjelang wafat beliau masih sempat-sempatnya berkata Ummati… ummati. Khawatir nasib umat sepeninggalnya. Memang kepemimpinan Rasulullah tak ada bandingan di dunia ini. Bukan semata pengakuan dari umat Islam, tapi juga dari luar Islam. Bisa dibaca dari berbagai literatur karya sejarawan barat yang mengkaji kehidupan Rasulullah.

Meski karakter kepemimpinan beliau sukar ditiru dan dicari sosok yang mendekati, bukan berarti kita meninggalkan sepenuhnya indikator kepemimpinan yang beliau miliki. Atau malah menunjuk orang yang sifat dan sikapnya nyata-nyata bertolakbelakang. Sebagaimana diketahui, ada empat sifat kepemimpinan Rasulullah, yaitu pertamasiddiq atau berkata dan bersikap benar. Kedua, amanah atau dapat dipercaya. Ketigatabligh atau menyampaikan kebenaran. Lalu keempatfathanah atau mempunyai kecerdasan dan kapasitas memahami sesuatu hal. Indikator inilah yang perlu dimiliki seorang pemimpin. 

Sifat kepemimpinan ideal Rasul tak cukup sampai di situ. Beliau sangat terbuka menerima kritikan dan masukan. Contohnya sewaktu perang Badar. Pasukan muslimin berhenti di sebuah sumur dan Rasulullah SAW memerintahkan menguasai sumber air dimaksud. Seorang sahabat bernama Khahab ibn Mundzir menghampiri beliau sembari bertanya “apakah keputusan adalah wahyu dari Allah atau hanya strategi perang?.” Rasul menjawab, “Tempat ini kupilih berdasarkan pendapat dan strategi perang.” Kemudian Khahab memberi masukan, “Wahai Rasulullah, jika demikian tempat ini tidak strategis. Lebih baik kita pindah ke tempat air yang terdekat dengan musuh. Kita buat markas di sana dan menutup sumur-sumur yang ada di belakangnya.” Supaya pasukan muslimin punya persediaan air cukup dan musuh tidak. Rasulullah SAW menyetujui sambil tersenyum. “Pendapatmu sungguh baik.” Usulan dijalankan dan menuai kemenangan di pihak muslimin. Terlihat betapa demokratisnya beliau. Sebaliknya sekarang, mengkritik dan berbeda pendapat dianggap musuh. Akhirnya memunculkan manusia mental penjilat di sekeliling penguasa yang selalu membela walau kebijakan dan keputusan terang-terangan keliru.

Akhir tulisan, wajar kenapa Islam begitu ketat mengatur panduan memilih pemimpin. Karena sangat fundamental. Kepemimpinan alat mewujudkan peradaban baldatun thoyyibatun wa rabbun ghafuur. Salah memilih pemimpin berujung petaka dan musibah. Semoga kita bisa berpegangteguh kepada warisan ajaran Nabi. Sunnah yang beliau tinggalkan bukan semata ibadah ritual. Islam agama syamil yang penerapan ibadahnya mencakup banyak aspek dalam kehidupan. 

Penulis : Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota DPRD Provinsi Riau dan Tokoh Masyarakat)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Kamis, 14 September 2023 08:02 WIB
Riau Yang Menginspirasi
Senin, 25 September 2023 11:52 WIB
Darurat Regenerasi Petani
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Kamis, 21 September 2023 13:50 WIB
Riau Terhubung Tanda Beruntung
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Minggu, 17 September 2023 12:06 WIB
Keselamatan Pasien Prioritas Utama
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Sabtu, 13 Mei 2023 08:22 WIB
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Sabtu, 27 Mei 2023 16:24 WIB
Belanja Berkualitas, SDM Naik Kelas
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
Jum'at, 04 Agustus 2023 11:05 WIB
Ketersediaan Beras Dukung Pertumbuhan Ekonomi
Selasa, 08 Agustus 2023 08:18 WIB
Pentingnya Memproteksi Aset Bangsa
Senin, 14 Agustus 2023 08:16 WIB
Pramuka Garda Terdepan Bangsa
Selasa, 22 Agustus 2023 08:23 WIB
Membaur Menjadi Melayu
Senin, 11 September 2023 07:05 WIB
Judi Bikin Merugi
Senin, 31 Juli 2023 08:03 WIB
Toleransi Bukan Kolaborasi
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 25 Februari 2024
Siaga Jaga Logistik Pemilu, Kapolres Siak Cek Kesehatan Personel
Sabtu, 24 Februari 2024
Bincang Sehat bersama IJN, Rumah Sakit Jantung Terbesar di Asia Pasifik
Sabtu, 24 Februari 2024
GadePreneur Dukung UMKM Pekanbaru Lebih Berkembang
Jumat, 23 Februari 2024
Smartfren Tawarkan Home Wireles Router untuk Tingkatkan Penetrasi Internet Indonesia

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+
Minggu, 28 Januari 2024
Bocoran Model Google Pixel 9 Beredar, Bentuk Mengotak seperti iPhone

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 24 Februari 2024
Wisuda XV, STIKes PMC Ajak Lulusan Beri Banyak Manfaat untuk Masyarakat
Jumat, 23 Februari 2024
Telkomsel Dukung Unri Akselerasikan Pengembangan Ekosistem Digital dan Talenta Unggulan
Kamis, 08 Februari 2024
STAI Imam Asy-Syafi'i Gandeng Lexie Edu Consultancy Tingkatkan Kemahiran Berkomunikasi Bahasa Inggris
Minggu, 28 Januari 2024
Sejalan dengan Program Unilak, Rektor Dukung Polri Buka Rekrutmen Penyandang Disabilitas

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www