Senin, 30 Januari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

CAKAP RAKYAT
Pelayanan Adalah Pondasi
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus mengupayakan lebih banyak kabupaten/kota terlibat dalam program Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta. Ditargetkan awal Januari 2024 tercapai. Tercatat sudah lima kabupaten/kota yang ikut: Kepulauan Meranti, Pelalawan, Bengkalis, Dumai dan Kuantan Singingi. Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar menyatakan ke depan masyarakat akan lebih mudah berobat. Tinggal tunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

UHC diterapkan seiring telah disepakatinya Program Umum WHO ke 13 oleh Pemerintah Indonesia dalam sidang WHO ke 144 di tahun 2019. UHC diharapkan dapat dipenuhi pada tahun 2023 oleh semua negara anggota WHO termasuk Indonesia. Target tersebut meliputi: Satu milyar orang mendapatkan manfaat UHC; Satu milyar orang terlindungi dari kedaruratan kesehatan; dan Satu miliar orang menikmati hidup lebih baik dan sehat.

Untuk merealisasikan, tiga aspek perlu diperhatikan adalah: pertama, penyempurnaan akses terhadap pelayanan kesehatan utama yang berkualitas. Kedua, pengurangan jumlah orang menderita kesulitan keuangan untuk kesehatan. Ketiga, penyempurnaan akses terhadap obat-obatan, vaksin, diagnostik, dan alat kesehatan esensial pada pelayanan kesehatan primer.

Dalam rangka mewujudkan UHC, Pemerintah Indonesia menargetkan seluruh penduduk Indonesia tercakup dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Melihat perkembangan tahun ke tahun, kepesertaan JKN terus meningkat. Total peserta JKN/KIS mencapai lebih 223 juta jiwa. Komposisinya, 43,3 persen kepesertaan JKN, peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan 16 persen peserta dibiayai Pemerintah Daerah (Pemda) serta sisanya 40,7 persen peserta yang membayar iuran JKN.

Terkhusus Riau, berdasarkan data PBI Jaminan Kesehatan (JK) per Juli 2022, terdapat 84.833 kuota yang belum diisi kabupaten/kota. Nantinya Pemprov Riau akan memindahkan peserta di Pemda plus non-JKN lalu data akan masuk ke APBN. Pihak Pemprov Provinsi Riau berencana mendatangi Kementerian Sosial (Kemensos) untuk meminta penambahan kuota.

ulan lalu Pemprov Riau giat berkoordinasi dengan Dinkes, Dinsos dan BPJS Kabupaten/Kota terkait pengalihan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) menjadi PBI JK. Sosialisasi UHC 1 Januari 2024 juga telah ditempuh bersama bupati/wali kota di Provinsi Riau. Ikhtiar Pemerintah patut diapresiasi. Apalagi niatnya lewat UHC warga negara dapat mengakses layanan kesehatan tanpa dikhawatirkan hambatan finansial, serta memberi akses ke seluruh masyarakat memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan.

Problem

Kendati di atas kertas semua sudah sangat bagus dan baik, sayang asa tak selalu sejalan dengan realita. Dalam pengimplementasian UHC Pemerintah seolah menyederhanakan permasalahan di daerah. Banyak program kesehatan ditaja, sementara problem mendasar tak dibereskan. Sekarang tambah target baru. Imbasnya pekerjaan rumah menumpuk. Ini seumpama bangun rumah, pondasi belum kelar atau kering tapi sudah mau bangun bagian atas. Dari perspektif daerah, setiap Kepala Daerah pasti menginginkan UHC terlaksana.

Berhubung menyangkut hajat mendasar publik. Namun tak sedikit kewalahan asbab terkendala masalah keuangan. Tak perlu jauh-jauh, Pekanbaru berstatus ibukota Provinsi Riau mengalaminya. Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengaku Pemko butuh sekitar Rp74 miliar untuk menerapkan UHC di Pekanbaru. Masalah serupa barangkali dialami kabupaten/kota lain di Riau.

Di luar Riau, ada Pemko di Provinsi Jawa barat berutang belasan miliar ke rumah sakit daerah demi kejar target. Sebab Pemerintah menetapkan syarat utama UHC yaitu Pemda diharuskan mendaftarkan 95 persen penduduknya di JKN atau BPJS Kesehatan. Akibatnya utang tunggakan dana kesejahteraan sosial atau bekas biaya berobat pasien miskin tak terkendali. Tak hanya itu, rentetannya membuat RSUD daerah dimaksud terancam bangkrut. Kegiatan operasional dan perbaikan sarana prasarana pun terbentur kekosongan anggaran.

Kejar target 95 persen memantik pertanyaan motivasi dibalik UHC. Apalagi Pemerintah selama pimpinan Presiden Jokowi gencar mendorong Pemda mendukung optimalisasi pelaksanaan Program JKN, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN.

Penerbitan Inpres disambut ide nyeleneh dan bikin heboh dengan menjadikan BPJS Kesehatan menjadi sebagai syarat pelayanan publik, mulai persyaratan umrah, haji, pengurusan SKCK, SIM dan STNK, penerima Kredit Usaha Rakyat hingga urusan izin usaha dan jual-beli tanah. Sesuatu yang sama sekali tak relevan. Semula meminta masyarakat masuk ke BPJS Kesehatan secara mandiri perlahan menjurus memaksa. Wajar terbersit prasangka, entah Pemerintah ingin kejar iuran peserta atau menyiasati masalah keuangan APBN.

Semestinya target BPJS Kesehatan bukan jumlah peserta. Tapi penuhi dahulu target kualitas layanan. Seperti asuransi swasta saling berkompetisi beri layanan terbaik. Sekarang tidak begitu. Warga dipaksa bergabung walau sudah punya asuransi, tapi pelayanan BPJS sering mengundang keluhan.

Mispersepsi

Dari banyak kasus, hambatan pelaksanaan UHC cenderung klise: ketidakseragaman pemahaman. Antara Pusat dan Daerah begitu juga di sisi teknis antara petugas pelayanan kesehatan, pejabat Rumah Sakit Daerah dan Dinas Kesehatan. Korbannya di lapisan masyarakat. Banyak warga belum paham dan tersentuh sosialisasi. Masyarakat terlanjur beranggapan modal bawa KTP sudah bisa berobat gratis. Rupanya, sejumlah ketentuan harus dipenuhi.

Selain itu sejumlah warga yang telah masuk program UHC dan memenuhi ketentuan juga tetap masih mendapat penolakan dari pihak rumah sakit. Adapula sudah punya e-KTP tapi mesti bolak-balik mengurus administrasi ke Dukcapil untuk memperbaiki karena tidak terdata di sistem. Insiden tadi jelas buat masyarakat lagi-lagi kecewa. Ujungnya Pemerintah disalahkan.

Untuk itu, dalam konteks kedaerahan Kami berharap Pemprov Riau melalui dinas terkait untuk terus berkoordinasi dengan lembaga legislatif khususnya Komisi V yang membidangi Kesehatan. Sehingga kebijakan masif seperti UHC dapat dikomunikasi kepada segenap pemangku kepentingan. Dengan begitu mispersepsi kebijakan dapat dihindari.

Mispersepsi berikut cukup fatal. Berangkat dari keharusan mendaftarkan 95 persen penduduk membuat Pemda saling berlomba. Bahkan diberi penghargaan dan “piala” segala. Ironisnya substansi dan akar masalah sektor kesehatan dilalaikan. Di benak Pemerintah, kalau seluruh penduduk Indonesia menjadi peserta JKN otomatis cakupan UHC tercapai. Padahal menyimak penyampaian Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkes dr. Oscar Primadi, MPH dalam acara Dialog Nasional Implementasi Program JKN tahun lalu ternyata tak sesimpel itu.

Memang ada tiga dimensi persoalan program JKN untuk mencapai UHC, yakni: kepesertaan, pelayanan dan fasilitas kesehatan serta pembiayaan. Namun kecondongan saat ini memaksa kepersertaan. Padahal menurut Sekjen Kemenkes, cakupan UHC dinyatakan tercapai bila seluruh penduduk sudah memiliki akses ke layanan kesehatan komprehensif dan bermutu. Baik itu upaya promotif, preventif, deteksi dini, pengobatan, rehabilitatif dan paliatif tanpa terkendala masalah biaya. Artinya, UHC lebih menghendaki pembenahan sistem kesehatan komprehensif, bermutu dan mengarusutamakan pelayanan.

Di lapangan jangan dulu bicara layanan kesehatan, sebaran fasilitas kesehatan mendasar saja belum merata di daerah. Terlebih menyinggung sektor kesehatan nasional. Pengelolaan sistem dan data kepesertaan jaminan kesehatan masih amburadul dan sarat masalah. Masyarakat tak punya jaminan memperoleh pelayanan kesehatan yang layak, kompetitif dan efisien. Jangan heran fenomena warga Riau dan sebagian Sumatera lebih suka berobat ke negeri jiran kayak Malaysia. Sebab di sana sudahlah menawarkan pelayanan lebih baik, biaya berobat relatif lebih murah dibanding rumah sakit di dalam negeri.

Sekali lagi, niat Pemerintah menerapkan UHC sudah bagus. Berikut memperluas kepersertaan JKN. Tapi jangan unsur paksaan dikedepankan. Bukankah sejak awal pencangan JKN atau BPJS bersifat sukarela? Urgensi sekarang adalah edukasi dan paling vital benahi kekurangan di sektor pelayanan kesehatan yang tampak kasatmata. Oritentasi UHC bukan sekadar mengikutsertakan masyarakat dalam JKN, tapi semua berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Dimana di tahun 2030 ditargetkan tidak satu orang pun yang tidak bisa menikmati hasil pembangunan berkelanjutan dimana kesehatan sebagai kebutuhan mendasar.

Keinginan barusan bukan sesuatu yang baru bagi bangsa kita. Termaktub dalam UUD 1945 bahwa bumi air dan kekayaan diperoleh negara dipergunakan sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Secara tersurat bermakna kekayaan diperoleh negara dari rakyat harus kembali dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Jum'at, 13 Januari 2023 08:59 WIB
Sensus Pertanian di Tengah Ancaman Krisis
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Sabtu, 10 Desember 2022 08:59 WIB
HAM Dan Masa Depan Bangsa
Rabu, 04 Januari 2023 08:02 WIB
Ketika Tongkat Membawa Rebah
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 14 Desember 2022 13:18 WIB
Keselamatan Pekerja Prioritas Utama!
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Sabtu, 17 Desember 2022 15:49 WIB
Menanti Kehadiran Negara
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Kamis, 10 November 2022 13:13 WIB
Hari Pahlawan Dan Pentingnya Pendidikan Karakter
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 30 Januari 2023
Inspeksi Umum 2023, Aswas Kejati Riau Kunker ke Kejari Rokan Hilir
Senin, 30 Januari 2023
Buntut Napi Kendalikan Narkoba, Petugas Lapas Pekanbaru harus lebih Waspada
Senin, 30 Januari 2023
BPBJ Pelalawan Nyatakan Siap Lelang Proyek TA 2023
Senin, 30 Januari 2023
Bupati Siap Bantu Sukseskan Kegiatan HPN dan HUT ke-77 PWI di Bengkalis

Serantau lainnya ...
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023
Jumat, 20 Januari 2023
Masakan Dapur Lapas Pekanbaru Resmi Bersertifikasi Halal dari MUI
Rabu, 18 Januari 2023
Royal Century Purwodadi Menjawab Hunian Impian Setiap Orang
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023
Senin, 02 Januari 2023
Pemkab Meranti Kini Miliki Command Center yang Himpun Semua Data

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 30 Januari 2023
Prevalensi Stunting di Siak Naik 3 Persen, Wabup: Perlu Perhatian Serius
Senin, 30 Januari 2023
Sederhanakan Birokrasi, BKKBN Riau Terbitkan Surat Tugas Tim Kerja
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan
Minggu, 01 Januari 2023
Gubri Ajak Orang Tua Awasi Anak dari Bahaya Narkoba

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak
Rabu, 18 Januari 2023
Syamsuar, Ganjar hingga Risma Hadiri Pelantikan Rektor IPB
Selasa, 17 Januari 2023
Mahasiswa IPB Goes to School ke 80 Sekolah di Riau
Sabtu, 14 Januari 2023
Sekolah Pascasarjana Unilak Gelar Seminar Nasional, Angkat Tema Hukum, Manajemen dan Lingkungan

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
BUMD 2023
Foto
PCR 2023
Khas Hotel November 2022
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan

Selebriti lainnya ...
Nataru 2022 April.RAPP
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www