Kamis, 01 Juni 2023

Breaking News

  • Jelang Lebaran, Petinggi di Riau Pakai Mobil Listrik Baru Seharga Rp1,3 Miliar   ●   
  • Mendag Sebut Harga Beras Naik Karena Stok Menipis   ●   
  • 2023 Kemarau Panjang, 134 Kecamatan di Riau Rawan Karhutla   ●   
  • Antisipasi Karhutla 2023, Pemprov Riau Usulkan Bantuan 10 Helikopter ke Pusat   ●   
  • Sepekan Operasi Keselamatan Lancang Kuning, 440 Pengendara di Riau Kena Tilang ETLE   ●   
  • KONI Riau Usulkan Anggaran Rp23 Miliar untuk Porwil XI Sumatera   ●   
  • Alasan Tidak Direstui hingga Hamil Duluan, 944 Anak di Riau Ajukan Dispensasi Pernikahan Dini   ●   
  • Bonus Atlet Berprestasi Pekanbaru Langsung Ditransfer ke Rekening Masing-masing   ●   
  • Komisi I DPRD Riau Ingin Partisipasi Pemilih Maksimal di Pemilu 2024   ●   
  • DPRD Ungkap Tahun Ini Pemprov Riau Batal Bangun Sekolah Baru
Bapenda - Pj Walikota Pekanbaru 2023
Polling
Beberapa partai politik sudah mengumunkan kandidat yang akan mereka usung sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. Dan ada juga yang sedang membangun koalisi. Dari nama-nama yang mencuat saat ini, siapa bakal Capres pilihan Anda?


CAKAP RAKYAT
Menjaga Kedaulatan Negara
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Dr. H. Biryanto

Pada bulan Maret ini kita kembali diingatkan dengan salah satu peristiwa penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut adalah perperangan yang terjadi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) beserta para pejuang kemerdekaan dengan menghadapi pasukan tentara Belanda yang dibantu kekuatan militer sekutu. Pertempuran yang terjadi di Yogyakarta pada tanggal 1 Maret 1949 tersebut, merupakan respon dari Agresi Militer Belanda kedua dengan merebut kembali Yogyakarta yang pada saat itu berstatus sebagai ibukota negara Republik Indonesia. Pertempuran ini menjadi peristiwa yang sangat bersejarah karena mampu menunjukkan eksistensi Republik Indonesia sebagai negara yang berdaulat kepada dunia internasional. Ini juga membuktikan bahwa TNI dan para pejuang tidak pernah mundur untuk mempertahankan kedaulatan negara Republik Indonesia.

Kini sudah 74 tahun peristiwa tersebut berlalu, namun semangat perjuangan para pahlawan bangsa masih terasa hangat bagi kita semua. Berbagai macam cara yang dilakukan pemerintah untuk terus menjaga semangat patriotisme dan jiwa kebangsaan, salah satunya adalah dengan menggunakan media film.  Generasi yang lahir sebelum era 90-an mungkin sangat familiar dengan salah satu film perjuangan yang berjudul Janur Kuning.  Film kolosal yang disutradai oleh Alam Surawidjaja dan dirilis pada tahun 1979 ini mengisahkan momen pertempuran heroik yang dilakukan oleh TNI dan para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia dalam merebut Yogyakarta dari pendudukan militer Belanda.  Peristiwa ini kemudian kita kenal dengan Serangan Umum 1 Maret.

Pertempuran yang terjadi pada saat fajar tersebut merupakan salah satu peristiwa fenomenal yang masih dikenang hingga saat ini. Terlepas dari adanya kontroversi terhadap cerita dan skenario dalam film Janur Kuning tersebut, namun harus diakui bahwa melalui film dimaksud setidaknya dapat menjadi pengingat bagi kita semua akan arti pentingnya perjuangan dalam mempertahankan kedaulatan negara.  Melalui peristiwa pertempuran pada 1 Maret 1949 ini kemudian menjadi momentum bagi bangsa kita dalam membangun dan memperkuat semangat bela negara, dan percaya akan kemampuan bangsa sendiri.

Momen nan bersejarah dari perjuangan bangsa ini selanjutnya tercatat dalam tinta emas perjalanan bangsa.  Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara, yang menetetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara.   Penetapan ini adalah wujud kepedulian, apresiasi, dan penghormatan yang tinggi dari negara terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh segenap pahlawan bangsa, khususnya kepada mereka semua yang terlibat dalam menjaga kedaulatan negara dan mempertahan kemerdekaan dari rongrongan penjajah.

Berdasarkan Keppres Nomor 2 Tahun 2022, diketahui terdapat empat pertimbangan yang menjadi dasar penepatan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara.  Pertama, “bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 adalah negara yang merdeka dan berdaulat sehingga dapat mewujudkan tujuan bernegara”.  Pertimbangan ini menegaskan bahwa NKRI adalah negara yang merdeka dan berdaulat, sehingga tidak ada satu pun bentuk kekuasaan asing yang berhak atas kemerdekaan dan kedaulatan NKRI. Sebagai negara yang merdeka dan berdaulat, NKRI harus menunjukkan eksistensinya sebagai negara yang bebas dari segala bentuk penjajahan dan setara dengan bangsa-bangsa merdeka lainnya yang ada di dunia.

Pertimbangan kedua adalah “bahwa setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 upaya bangsa Indonesia untuk memperoleh pengakuan kedaulatan dari dunia internasional mendapat perlawanan dari Belanda dengan melakukan agresi militer dan propaganda politik di Perserikatan Bangsa-Bangsa”.  Hal ini menunjukkan bahwa dalam perjalanan mempertahankan kemerdekaan dan menjaga kedaulatan negara, terdapat perlawanan secara fisik dan politis dari Belanda dan kekuatan pendukungnya yang ingin kembali berkuasa di tanah air.  Hal ini menjadi dasar bagi bangsa Indonesia untuk terus berjuang dengan segenap kemampuannya untuk mengusir imperialis dari bumi pertiwi.

Pertimbangan ketiga adalah “bahwa peristiwa Serangan Umum 1 Maret l949 yang digagas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan diperintahkan oleh Panglima Besar Jenderal soedirman serta disetujui dan digerakkan oleh presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dan didukung oleh Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, laskar-laskar perjuangan rakrat, dan segenap komponen bangsa Indonesia lainnya, merupakan bagian penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan Negara Indonesia di dunia internasional serta telah berhasil menyatukan kembali kesadaran dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia”.

Pada pertimbangan ketiga ini diuraikan secara ringkas bagaimana peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 tersebut terjadi.  Beberapa tokoh bangsa yang disebutkan dalam Keppres ini adalah versi pemerintah yang tentunya tidak dimaksudkan untuk mengecilkan arti perjuangan para tokoh bangsa lainnya yang tidak disebutkan.  Hal yang terpenting bagi kita sebagai anak bangsa adalah bagaimana peristiwa tersebut dapat terus kita kenang sebagai pengingat perjuangan para pahlawan dalam menegakkan kedaulatan negara.  Peristiwa ini juga semestinya dapat menjadi teladan yang sangat berharga bagi kita sebagai generasi penerus untuk senantiasa berjuang tiada henti dalam menjaga kedaulatan negara yang kita cintai ini.

Pertimbangan keempat adalah “bahwa dalam rangka menanamkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa guna memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa yang pantang menyerah, patriotik, rela berkorban, berjiwa nasional, dan berwawasan kebangsaan, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional”.  Pertimbangan yang keempat ini menunjukkan bahwa peristiwa Serangan Umum 1 Maret l949 perlu untuk terus diingat sebagai momentum penegakan kedaulatan negara.  Pertimbangan yang terakhir ini juga menjelaskan beberapa tujuan ditetapkannya Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Seiring dengan berjalannya waktu, upaya menegakkan kedaulatan bangsa tidak lagi berkaitan dengan perperangan fisik saja, namun juga berhubungan dengan berbagai sendi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu perlu upaya terencana dan berkelanjutan dalam menjaga kedaulatan bangsa. Upaya pertama adalah dengan memupuk semangat nasionalisme dan patriotisme kepada semua warga negara.  Upaya ini dapat dilakukan dengan melaksanakan berbagai pendidikan dan pelatihan yang disesuaikan dengan peranan dari setiap warga negara. Mengingat cara ini membutuhkan biaya yang cukup besar, maka dalam pelaksanaanya pendidikan dan pelatihan yang dilakukan harus terukur dan memiliki out put yang jelas, sehingga kedepannya memiliki dampak yang signifikan pada peningkatan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Selain melaksanakan pendidikan dan pelatihan, cara yang lainnya adalah dengan melakukan sosialisasi dan dialog yang berkualitas dengan memanfaatkan media sosial sehingga dapat diakses secara luas oleh semua lapisan masyarakat.   Cara ini juga dapat dikombinasikan dengan memanfaatkan media konvensional agar memperoleh hasil yang optimal.  Ruang komunikasi dua arah antara pemerintah dan rakyat harus terus dibangun agar dapat terjalin kesepahaman yang memperkuat dan memperkokoh kesatuan bangsa.  Bila ini dapat terlaksana dengan baik, maka akan mendorong partisipasi aktif dari masyarakat untuk bersama-sama menumbuhkan semangat nasionalisme dan patriotisme dalam diri dan lingkungannya.

Upaya berikutnya untuk menjaga kedaulatan bangsa adalah dengan meningkatkan kewaspadaan nasional.  Upaya ini harus terus dilakukan secara berkesinambungan, karena ancaman terhadap kedaulatan bangsa senantiasa mengintai. Pencegahan terhadap potensi ancaman kedaulatan bangsa lebih diutamakan agar dapat diatasi lebih cepat dan tidak menimbulkan dampak kerusakan yang lebih luas.  Penguatan terhadap kesatuan dan persatuan bangsa dalam mengahadapi ancaman dari kekuasaan asing perlu dipersiapkan sedini mungkin dan terus dikembangkan.  Upaya antisipasi lainnya dapat dilakukan dengan menerapkan filterisasi pengaruh budaya asing yang masuk ke negara kita, terutama pada budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan.  Selain ancaman yang berasal dari luar, sangat perlu pula diwaspadai ancaman yang bersumber dari dalam seperti radikalisme, separatisme, terorisme, dan lainnya. 

Penegakan kedaulatan bangsa bukanlah hanya dibebankan kepada TNI sebagai representatif dari pemerintah, namun juga adalah tanggung jawab dari semua warga negara sebagai implementasi dari sistem pertahanan semesta.  Upaya menegakkan kedaulatan bangsa tidak akan tercapai bila kita tidak mampu menguasai ilmu pengetahun dan teknologi yang semakin hari semakin cepat berkembang.  Kondisi ini semakin nyata dengan adanya persaingan yang tidak terhindarkan di semua aspek, sebagai konsekuensi dari globalisasi.  Oleh karena itu, terwujudnya warga negara yang cerdas, berkarakter kebangsaan yang kuat, dan mampu menguasai Iptek di berbagai bidang akan menjadi senjata utama dalam menjaga kedaulatan bangsa.  Bangsa kita akan terus tumbuh dan berkembang menjadi bangsa yang kuat, karena warga negaranya unggul dan saling menguatkan.

Penulis : Dr. H. Biryanto (Alumni Lemhannas RI)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Beberapa partai politik sudah mengumunkan kandidat yang akan mereka usung sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. Dan ada juga yang sedang membangun koalisi. Dari nama-nama yang mencuat saat ini, siapa bakal Capres pilihan Anda?

Berita Terkait
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Selasa, 07 Maret 2023 11:48 WIB
Urban Farming dan Sensus Pertanian 2023
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 31 Mei 2023
Kunci Tertinggal di Stop Kontak, Pedagang di Pekanbaru Nyaris Kehilangan Motor
Rabu, 31 Mei 2023
Antisipasi Musim Kemarau, Asian Agri Gelar Pelatihan Cegah Karhutla
Rabu, 31 Mei 2023
MAN 4 Pekanbaru Konsisten Implementasikan Satuan Pendidikan Ramah Anak dan Siap untuk Standarisasi Tahun Ini
Selasa, 30 Mei 2023
Sturman Panjaitan Apresiasi Tingginya Heterongenitas Sosial di Kota Batam

Serantau lainnya ...
Selasa, 16 Mei 2023
Dengarkan Suara Ini Bisa Bantu Meredam Mimpi Buruk...
Minggu, 07 Mei 2023
7 B2B E-commerce Populer Di Indonesia
Jumat, 05 Mei 2023
Road to Enterpreneurship Witama School Bentuk Jiwa Pengusaha Sejak Dini
Selasa, 11 April 2023
Pererat Tali Silaturahmi, IHGMA Riau Gelar Buka Puasa Bersama

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Minggu, 28 Mei 2023
Aplikasi Android Ini Ketahuan Rekam Suara Tanpa Izin Tiap 15 Menit
Selasa, 16 Mei 2023
Ilmuwan Klaim Temukan Jejak Kaki Manusia Tertua di Dunia
Selasa, 11 April 2023
Lewat IDCamp x Kadin 2023, Indosat Hadirkan Solusi untuk Sektor Pertanian, Perikanan dan UMKM
Kamis, 30 Maret 2023
7 Rekomendasi Aki Mobil Terbaik 2023

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 29 Mei 2023
dr Odih Wahid Terpilih sebagai Ketua IDI Cabang Pekanbaru 2023-2026
Selasa, 02 Mei 2023
Ini 10 Kebiasaan yang Bikin Cepat Gemuk, Sepele tapi Sering Dilakukan
Rabu, 12 April 2023
Inilah Bahayanya Sakit Gigi Pada Anak Balita yang Tidak Terduga
Sabtu, 18 Maret 2023
Pantai Hospital Ayer Keroh Gelar Seminar Kesehatan di Pekanbaru, Bahas Kanker Usus hingga Sakit Tulang Belakang

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 30 Mei 2023
Bahas Isu Kehumasan di Era Digital, Prodi Humas Umri Adakan Seminar Bertajuk 'A New Era of PR'
Kamis, 25 Mei 2023
Profesor UIR Presentasikan Risetnya di Publisher Scopus Elsevier Jerman
Kamis, 25 Mei 2023
UIR Borong Penghargaan dalam Anugerah LLDIKTI Wilayah X 2023
Rabu, 17 Mei 2023
Gelombang Pertama Usai, PCR Luluskan 204 Calon Mahasiswa Baru

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Polling
Beberapa partai politik sudah mengumunkan kandidat yang akan mereka usung sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. Dan ada juga yang sedang membangun koalisi. Dari nama-nama yang mencuat saat ini, siapa bakal Capres pilihan Anda?


Khas Hotel - Mei 2023
Terpopuler
Pemkab ROhil 2023
Foto
Iklan CAKAPLAH
Pj Walikota Pekanbaru - Camat Rumbai
Kamis, 16 Maret 2023
Iis Dahlia Joget India Pakai Baju Terbuka, Netizen Heboh
Senin, 13 Februari 2023
Berpose Naik Mobil Sport, Hijab Lesti Kejora Dihujat Netizen
Selasa, 31 Januari 2023
7 Drakor Terbaru Februari 2023, Ada The Heavenly Idol dan Taxi Driver 2
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas

Selebriti lainnya ...
Pj Walikota Pekanbaru - BPKAD
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Pj Walikota Pekanbaru - Camat Kulim
Selasa, 09 Mei 2023
Penguatan Moderasi Beragama: Percaya Diri dengan Agama Sendiri Bukan Berarti Membenci yang Lain
Minggu, 16 April 2023
Dimulai Sejak Awal Bulan, Polda Riau Buka Puncak Semangat Ramadhan Berbagi Dompet Dhuafa Riau
Rabu, 12 April 2023
Gerhana Matahari Hibrida Terjadi 20 April, Begini Tata Cara Salatnya
Rabu, 15 Maret 2023
340 Peserta Ramaikan Kegiatan Rangking Satu Majelis Taklim se-Pekanbaru

Religi lainnya ...
Pj Walikota Pekanbaru - Disdik Pekanbaru
Indeks Berita
Info Lowongan Kerja 2023SMP Madani
www www