Rabu, 24 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Pentingnya Pengawasan
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Kabar ketidaklulusan akreditasi 21 Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuran (SMK) di Provinsi Riau oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) jadi topik hangat di Komisi 5 DPRD Provinsi Riau. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua BAN-S/M nomor 1857/BAN-SM/SK/2022 tertanggal 30 November 2022 tentang Penetapan Hasil Automasi Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022, 9 SMA dan 12 SMK di Provinsi Riau dinyatakan tidak memenuhi syarat perpanjangan akreditasi. Dalam nama tersebut pula SMAN Plus Provinsi Riau.

Ada sekolah yang nilai sudah keluar tapi SK belum terbit karena terlambat dalam pengiriman berkas akreditasi sesuai tenggat waktu yang diberikan. Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau sudah mengajukan surat permohonan kepada Ketua BAN-S/M  tertanggal 2 Januari 2023 guna meminta penerbitan SK Automasi teruntuk SMA dan SMK Provinsi Riau yang telah keluar nilainya di awal bulan Januari 2023. Munculnya nama SMA/SMK tidak memenuhi syarat perpanjangan akreditasi dan terlambat memperbaharui tentu patut dipertanyakan.

Dalam surat yang ditujukan ke Kadisdik Provinsi Riau tertanggal 22 Desember 2022, pihak SMAN Plus Provinsi Riau menjabarkan kronologis tidak terpenuhi syarat automasi status perpanjangan akreditasi. Tim akreditasi SMAN Plus mengaku telah meng-upload 35 dokumen yang dipersyaratkan Data Isian Akreditasi (DIA) pada aplikasi Sispena sebelum tanggal 31 Oktober 2022. Proses upload ditandai centang biru (tanda berhasil). Akan tetapi ternyata tak semua dokumen sudah difinalisasi tim akreditasi SMAN Plus.

Hal itu baru diketahui setelah keluar SK BAN-S/M. Dalam lampiran dinyatakan SMAN Plus satu dari sekian sekolah yang tak memenuhi syarat automasi perpanjangan status akreditasi. Ketika di-crosscheck di aplikasi, rupanya dari 35 dokumen DIA yang di-upload hanya 18 dokumen yang sukses dan sisanya belum diklik tombol finalisasi. Dalam surat pihak SMA Plus juga menyatakan bahwa, walau pengisian administrasi akreditasi terlambat dari jadwal dan baru dilakukan paska keluar SK BAN-S/M, namun ada progres positif. Dari sebelumnya status SMAN Plus tak memenuhi syarat lalu diberi approval oleh BAN-S/M, meski sertifikat perpanjangan belum keluar. Disamping itu, adapula SMA/SMK di Riau dinyatakan tak memenuhi syarat.

Kekhawatiran belum sepenuhnya sirna manakala membaca isi surat BAN S/M nomor 031/BAN-SM/TU/2023 tertanggal 04 Januari 2023, sebagai balasan dan jawaban atas permohonan akreditasi ulang yang diajukan Disdik Provinsi Riau. Dalam surat, BAN S/M menyebutkan, mengacu ke Permendikbud 13/2018, sekolah/madrasah yang terlambat maka status akreditasi tak diperpanjang dan dinyatakan kadaluwarsa.

Sekolah/madrasah harus mengajukan kembali akreditasi mengikuti Prosedur Operasional Standar (SOP) dan mekanisme akreditasi di tahun berikut melalui aplikasi. Urusan administrasi tak bisa dianggap sepele. Konsekuensi tidak hanya bagi siswa tapi juga kualitas pendidikan daerah. Menutup peluang dan prospek siswa-siswi Riau berkompetisi di perguruan tinggi terkemuka. Contoh kasus SMAN Plus. Setiap tahun memperoleh 40 persen porsi peserta didik untuk bisa diterima langsung lewat jalur prestasi di perguruan tinggi favorit di Indonesia. Bila tak lulus akreditasi, kuota terancam berkurang. Memang pihak SMAN Plus menyadari kelalaian dan mismanajemen. Namun sebaik-baiknya penyesalan diiringi evaluasi dan perbaikan supaya tak lagi terulang. Apalagi berakibat fatal. Pembenahan bukan semata menyasar tim akreditasi sekolah. Tapi keseluruhan. Mulai unsur pimpinan di sekolah hingga peran Dinas Pendidikan Provinsi Riau dalam tugas pokok dan fungsi mengawasi dan membina.

Manajemen

Administrasi berkaitkelindan dengan tata kelola atau manajemen. Menyoal prinsip dasar manajemen, kita kenal Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan) dan Controlling (pengawasan). Ironisnya, kecenderungan di organisasi dan unit kerja pemerintah hebat di perencanaan sementara implementasi wallahualam. Sering kegiatan dibiarkan jalan tanpa pengawasan melekat. Tak heran hasil jauh melenceng dari target. Salah satu faktor penyebab mismanajemen adalah pengetahuan.

Kembali ke topik, seharusnya pihak terkait memahami prosedur dan informasi secara utuh. Misal mengenai tenggat waktu. Berdasarkan surat BAN-S/M tentang Persiapan Otomasi Sertiifikat Akreditasi Sekolah/Madrasah, tercantum ketentuan sekolah/madrasah diminta mengisi DIA dan upload dokumen paling lambat tanggal 13 Oktober 2022. Begitujuga soal visitasi. BAN-S/M sudah memberitahu sekolah/madrasah yang menjadi sasaran akreditasi tapi tidak dapat divisitasi karena keterbatasan kuota yang dimiliki oleh BAN-S/M, maka sertifikat akreditasi akan diperpanjang secara otomatis sesuai kebijakan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui, beberapa tahun belakangan BAN-S/M melakukan transformasi akreditasi ke cara baru. Keterbatasan interaksi selama pandemi membuat adopsi digitalisasi makin masif di segala lini. Tak terkecuali sektor pendidikan. Adapun sistem dipakai untuk menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah yang akan diakreditasi di setiap provinsi bernama Dashboard Monitoring System (DMS). Dengan sistem tadi, monitoring dilakukan secara otomatis memanfaatkan sistem peringatan terkomputerisasi.

“Jika ada sekolah/madrasah yang kualitasnya menurun akan muncul notifikasi,” ujar Ketua BAN-S/M Dr Toni Toharudin dalam sebuah acara taklimat media di Jakarta.

Sederhananya, sistem DMS tidak hanya membantu pengelolaan proses akreditasi satuan pendidikan lebih rapi dan praktis. BAN-S/M juga tak perlu turunkan asesor buat visitasi ke satuan pendidikan untuk akreditasi ulang. Status otomatis akan diperpanjang via sistem. Asesor melakukan visitasi manual apabila ditemukan indikasi penurunan penurunan kinerja sekolah/madrasah. Intinya lebih efektif dan efisien.

Di satu sisi penerapan teknologi informasi atau serba online menawarkan banyak keuntungan. Tetapi di sisi lain menuntut kesiapan dan kemampuan mumpuni. Terlebih pendekatan berbasis komputerisasi tidak menolerir keteledoran. Suka atau tidak suka; mau tak mau harus beradaptasi. Guna mengatasi hambatan penerapan sistem baru, BAN-S/M Provinsi juga telah menyosialisasi ke Sekolah/Madrasah sasaran. Bagi yang terkendala jaringan internet dapat mengajukan secara manual kepada BAN-S/M Provinsi.

Selain itu, terkait manajemen perlu diketengahkan aspek pengawasan dan pembinaan. Sebenarnya di lingkup sektor pendidikan ada Pengawas Sekolah (PS) (sebelumnya di Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 disebut Pengawas Satuan Pendidikan). PS berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN RB) 21/2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah. Namun sayang perannya tak jelas. Wujudnya di struktur bak "siluman". Padahal menurut PermenPAN RB 21/2010, PS memegang peran strategis meningkatkan profesional guru, kepala sekolah dan mutu pendidikan di sekolah. Tugas pokoknya pengawasan akademik dan manajerial di satuan pendidikan meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan terhadap guru dan kepala sekolah, serta melakukan pemantauan pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan. Bahkan PS punya tugas pokok dalam manajerial, yaitu monitoring: memantau penjaminan standar mutu pendidikan, pelaksanaan ujian, rapat guru dan staf sekolah, hubungan sekolah dengan masyarakat, data statistik kemajuan sekolah, program pengembangan sekolah; supervisi kinerja sekolah, kinerja kepala sekolah dan aspek lainnya; Memberi bantuan dan bimbingan kepada guru, membina pelaksanaan tata kelola sekolah, kepala sekolah dan staf tenaga sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah.

Peran PS semestinya dikedepankan untuk memaksimalkan pengawasan. Termasuk urusan akreditasi. Pengawasan bukan berarti pihak diawasi adalah bawahan/subordinat dari yang mengawasi. Bukan pula bermakna yang mengawasi pihak sempurna. Kita manusia pasti punya sifat lalai. Oleh karena itulah hidup mesti “berjamaah” atau berorganisasi. Disinilah urgensi pengawasan dalam manajemen organisasi. Seumpama kereta, ada yang berperan sebagai pengingat ketika berjalan di luar rel. Dengan begitu dapat mencapai tujuan dengan selamat.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Selasa, 07 Maret 2023 11:48 WIB
Urban Farming dan Sensus Pertanian 2023
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 23 April 2024
Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Riau Diikuti Puluhan Insan Ekraf
Selasa, 23 April 2024
Bahas Cooling System Pemilu, Korum PPI Riau Terima Kunjungan PKDN Sespimti Polri
Selasa, 23 April 2024
Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI
Selasa, 23 April 2024
Gelar Workshop UKMK Berbasis Kelapa Sawit, Aspek-Pir Riau Angkat Tema Kecantikan

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www