Jumat, 23 Februari 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
HUT CAKAPLAH 7 - PJ Walikota Muflihun

CAKAP RAKYAT
Riau Yang Menginspirasi
Kamis, 14 September 2023 08:02 WIB
Riau Yang Menginspirasi

Penunjukan Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Produk Hukum Daerah se-Indonesia yang digelar 13-15 September 2023, patut disambut baik. Selaku pihak penyelenggara, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru diharapkan tampil optimal agar kepercayaan yang telah diberikan oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terbayar lunas dan tuntas. Sukses memberi kesan dan pengalaman positif bagi tetamu yang datang dari seluruh penjuru nusantara, dan terpenting menghasilkan ide dan gagasan konstruktif serta menginspirasi daerah lain. Apalagi tema yang diusung bernilai strategis bagi kelanjutan pembangunan dan kemajuan bangsa.

Menurut informasi, tema Rakornas adalah "Peran strategis biro hukum dan bagian hukum dalam penyelenggaraan otonomi daerah". Mengacu ke tema barusan, kami anggota DPRD Provinsi Riau Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Pekanbaru dan yang duduk di Badan Pembentukan Perda (Bapemperda) menaruh asa ke Pemko. Supaya momen bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Sehingga menjadi kebanggaan bagi Riau secara keseluruhan menimbang status Kota Pekanbaru sebagai ibukota provinsi.

Banyak sebenarnya keinginan yang hendak disampaikan. Paling utama perlunya memanfaatkan Rakornas bukan semata peluang mempromosikan Kota Pekanbaru, entah itu kuliner atau objek pariwisata. Kita mau sesuatu yang lebih besar. Menimbang tema acara berkaitan produk hukum, ini celah untuk menyampaikan narasi membangun negeri. Terutama upaya mempertahankan keberhasilan Kota Pekanbaru di bidang kebijakan dan regulasi. Boleh dibilang Pekanbaru cukup mentereng seiring prestasi. Teristimewa Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru yang konsisten memperoleh penghargaan berturut-turut dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kesuksesan berinovasi dan penerapan teknologi terbaru juga membuat MPP Kota Pekanbaru dinobatkan Kemenpan RB sebagai salah satu MPP terbaik sekaligus menjadi percontohan MPP digital di Indonesia, disamping MPP di Kota Banyuwangi Jawa Timur. Begitu juga di bidang ketenagakerjaan, Kota Pekanbaru menempati posisi terbaik III Paritrana Award tahun 2022, setelah Kabupaten Bengkalis terbaik I dan Kabupaten Kepulauan Meranti di tempat II. Paritrana Award sebuah penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang berhasil melindungi keselamatan kerja di wilayahnya.

Kehadiran MPP dan apresiasi bidang ketenagakerjaan sedikit contoh kesuksesan. Keberhasilan tadi buah efektifnya regulasi dan implementasi. Tanpa didukung peraturan yang baik dan komitmen melaksanakan aturan yang sudah dibuat mustahil program atau kegiatan bisa berjalan dan bermanfaat ke masyarakat. Walau ditemukan cela dan kekurangan, dirasa wajar. Selagi diiringi kesungguhan selalu berbenah. Tentu tak hanya membanggakan capaian. Pertemuan dan diskusi sepanjang acara idealnya diarahkan guna memperkaya konsep dan pembenahan regulasi. Masukan dan pengetahuan yang diterima dan diserap dari berbagai daerah modal berharga untuk melanggengkan prestasi yang sudah dicapai.

Diantara pertanyaan yang fundamental diajukan, apakah regulasi yang diterbitkan sudah berkontribusi signifikan mewujudkan masyarakat sejahtera, makmur dan adil? Atau memakai perspektif lebih komprehensif yang merujuk ke konsep Strategi Nasional Reformasi Regulasi Kementerian PPN/Bappenas RI, yakni: Pertama, sebagai pedoman perilaku, sudahkah regulasi menjadi pedoman terselenggaranya dinamika sosial baik terhadap kegiatan formal maupun informal? Kedua, sebagai instrumen pembangunan, sudahkah regulasi menggerakkan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan?

Saling Memperkuat

Walau terkesan teoritis, pertanyaan di atas penting diajukan. Negeri kita tak kurang aturan. Malah kebanyakan. Akan tetapi, banyak aturan dibuat belum memenuhi ekpektasi dan belum sepadan hasil yang diperoleh. Sementara proses pembentukan peraturan memakan anggaran dan duit rakyat. Banyak ilustrasi yang menggambarkan betapa masih rendah kualitas regulasi di negeri kita. Selain mengalami “obesitas”, tak sedikit aturan dibuat bukan atas dasar aspirasi masyarakat. Atau justru menguntungkan kepentingan kelompok dan kalangan tertentu saja. Ujungnya manakala dilaksanakan memicu konflik.

Wajar kemudian tren jumlah peraturan baik itu diterbitkan Pemerintah Pusat dan Pemda yang berujung protes atau judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK) terus meningkat. Diantaranya UU Cipta Kerja yang diputus inkonstitusional. Imbas regulasi yang bermasalah terasa ke seantero negeri. Paling hangat kerusuhan di Pulau Rempang-Batam, yang sedikit banyak masih berkaitkelindan dengan misi kemudahan investasi seperti yang dijanjikan di UU Cipta Kerja.

Teruntuk Pemko Pekanbaru, selain menginspirasi, Rakornas juga momentum menyerap inspirasi dari Pemda lain. Terlebih Kota Pekanbaru belakangan menghadapi sejumlah persoalan pelik. Teranyar perkara penarikan retribusi parkir yang digugat oleh elemen masyarakat. Permasalahan bermula dari dasar hukum dan pelaksanaan penarikan retribusi parkir di tepi jalan umum yang dinilai tak sejalan dengan Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru 138/2020 yang mana dasar penarikan retribusi parkir di tepi jalan umum pada ruang milik jalan. Bahkan, berdasarkan polling beberapa media online di Riau, hampir 90 persen warga mengeluhkan praktik parkir.

Lantas apa gunanya regulasi dibuat jika malah merugikan masyarakat. Sampai-sampai Pekanbaru dikasih julukan kota seribu parkir. Selain pengutipan parkir yang terkesan membabi-buta, besaran retribusi parkir yang disamakan di semua tempat juga dikritik. Menurut masyarakat, semestinya dibedakan berdasar zonasi. Kenaikan harga tarif parkir bagi kendaraan roda dua dan roda empat pun bikin masyarakat bertanya-tanya. Asbab tidak transparan ke publik. Imbasnya Pemko diminta mencabut Perwako tentang perparkiran. Di luar parkir, juga ada problem klasik khas perkotaan semisal banjir, kemacetan, pengelolaan transportasi umum dan lain-lain.

Kembali ke topik semula acara Rakornas Produk Hukum Daerah se-Indonesia, kita menanti narasi konstruktif. Orientasi yang dikehendaki adalah memperkuat Sistem Regulasi Nasional. Tujuannya agar aturan dibuat tertib dan memperhatikan kaidah-kaidah berlaku serta menjawab kebutuhan lokal. Poin penting selanjutnya dalam Rakornas ini antara lain mewujudkan kesamaan pemahaman fungsi pembentukan regulasi, khususnya kabupaten/kota sebagai ujung tombak dalam pembentukan peraturan perundang-undangan; mewujudkan sinergitas pembentukan peraturan perundang-undangan tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota; dan terakhir dapat menjadi bahan masukan guna menata kembali standar pembentukan peraturan ideal. Rakornas secara eksplisit merupakan representasi filosofi bangsa yakni kesatuan dan bermusyawarah bermufakat. Masing-masing daerah punya kelebihan dan kekurangan. Disinilah antar daerah harus saling membantu dan saling menguatkan.

Penulis : Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Kota Pekanbaru)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Senin, 08 Mei 2023 09:06 WIB
Berantas Diskriminasi Dunia Kerja!
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Sabtu, 13 Mei 2023 08:22 WIB
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Minggu, 23 Juli 2023 16:04 WIB
Perlindungan Anak Tanggung Jawab Bersama
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Sabtu, 27 Mei 2023 16:24 WIB
Belanja Berkualitas, SDM Naik Kelas
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
Jum'at, 04 Agustus 2023 11:05 WIB
Ketersediaan Beras Dukung Pertumbuhan Ekonomi
Selasa, 04 April 2023 14:35 WIB
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
Selasa, 08 Agustus 2023 08:18 WIB
Pentingnya Memproteksi Aset Bangsa
Senin, 14 Agustus 2023 08:16 WIB
Pramuka Garda Terdepan Bangsa
Selasa, 22 Agustus 2023 08:23 WIB
Membaur Menjadi Melayu
Senin, 11 September 2023 07:05 WIB
Judi Bikin Merugi
Senin, 31 Juli 2023 08:03 WIB
Toleransi Bukan Kolaborasi
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 23 Februari 2024
Pasca Pemilu 2024, APDESI Rohul Ajak Masyarakat Pererat Silaturahmi
Kamis, 22 Februari 2024
HAM: Bukan Semaunya, Tapi Kebebasan yang Beretika
Kamis, 22 Februari 2024
Telkomsel Luncurkan Program Hadiah Lintas Batas Pertama di Dunia
Kamis, 22 Februari 2024
Pergeseran Kotak Suara dari PPK Bandar Sei Kijang ke KPU Pelalawan Dikawal Ketat Polisi dan TNI

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+
Minggu, 28 Januari 2024
Bocoran Model Google Pixel 9 Beredar, Bentuk Mengotak seperti iPhone

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 08 Februari 2024
STAI Imam Asy-Syafi'i Gandeng Lexie Edu Consultancy Tingkatkan Kemahiran Berkomunikasi Bahasa Inggris
Minggu, 28 Januari 2024
Sejalan dengan Program Unilak, Rektor Dukung Polri Buka Rekrutmen Penyandang Disabilitas
Selasa, 23 Januari 2024
Dukung Indonesia Emas 2024, Unilak Gelar LKBB Tingkat SMA se-Sumatra
Senin, 22 Januari 2024
Diikuti 1.412 Peserta, Pekan Raya Biologi 2024 Resmi Dibuka

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www