Rabu, 29 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Belanja Berkualitas, SDM Naik Kelas
Sabtu, 27 Mei 2023 16:24 WIB
Belanja Berkualitas, SDM Naik Kelas
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Dalam beberapa kesempatan di awal tahun 2023, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar membanggakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Riau yang mengalami peningkatan signifikan. Terakhir, kabar baik serupa disampaikan saat bersilaturahim dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) pada Maret 2023. Dalam pidato sambutan, Gubri menyatakan bahwa peningkatan pembangunan di Riau bukan semata berdasarkan pembangunan fisik, tetapi juga non fisik. Seperti pembangunan pendidikan.

“Hal ini dapat dilihat melalui IPM kita saat ini sudah naik. IPM ini mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Contoh penilaiannya itu indikator kemajuan pendidikan, kemajuan kesejahteraan ekonomi rakyat, kemajuan di dalam pelayanan kesehatan,” Demikian cakap Gubri dalam acara yang bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit.

Penilaian IPM yang disampaikan, lanjut orang nomor satu di Riau itu, tidak dibuat-buat. Sebab yang menilai bukan Pemerintah Daerah (Pemda) tetapi Badan Pusat Statistik (BPS). Berdasarkan data BPS, IPM Provinsi Riau berada di atas rata-rata nasional. Dimana tahun 2022 mendapat nilai 73,52. Angka ini tercatat naik dari tahun sebelumnya.

Kami di kelembagaan DPRD Provinsi Riau sangat mengapresiasi peningkatan IPM Riau. Capaian tadi kabar baik sekaligus barometer untuk mengukur sudah sejauhmana langkah Pemda mewujudkan kemajuan daerah. Berbekal capaian, dapat disusun berbagai proyeksi dan agenda lebih optimistik lagi ke depannya. Apalagi, masih mengutip penyampaian Gubri dalam acara di atas, naiknya IPM pertanda kemajuan dari segi kualitas kesehatan, pendidikan dan pengeluaran per kapita masyarakat Provinsi Riau.

Boleh dibilang masa pemerintahan Syamsuar dan Edy Natar telah melakukan terobosan penting dalam konteks penguatan SDM. Salah satu menonjol adalah pendidikan vokasi. Diperkuat dengan terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub). Atas upaya barusan Pemprov Riau memperoleh pujian dari Presiden RI. Riau pertama di Indonesia yang memiliki Pergub pendidikan vokasi. Pergub tersebut mengatur kerja sama sekolah dengan perusahaan swasta terkait rekruitmen tenaga kerja trampil dan ahli di bidangnya. Regulasi tentu sangat bermanfaat dalam menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dan mengembangkan ilmu untuk berwirausaha.

Indikator

Sekilas tentang IPM bukan sekedar angka di atas kertas. IPM dapat menghasilkan gambaran tingkat kesejahteraan masyarakat dan keberhasilan pembangunan daerah, yang diukur melalui tiga indikator krusial yang menopang kualitas kehidupan manusia. Ini bidang dan atensi kami di Komisi V. Indikator pertama adalah kesehatan. Indikator kesehatan menunjukkan derajat kesehatan fisik masyarakat yang diukur melalui angka harapan hidup dan kematian bayi. Semakin tinggi harapan hidup maka kematian bayi semakin sedikit.

Selain itu, status kesehatan masyarakat dari angka jatuh sakit serta penyediaan sarana dan prarana kesehatan. Indikator kedua pendidikan, menilai keunggulan kualitas SDM mulai dari penyediaan fasiltias pendidikan, angka partisipasi sekolah, angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah. Terakhir, indikator standar hidup layak yang diukur dari sektor ketenagakerjaan, berikut mencakup keadaan sosial dan ekonomi masyarakat yang saling berpengaruh menopang daya beli masyarakat, sampai pada tingkat partisipasi angkatan kerja, kesempatan kerja, pengangguran dan standar hidup layak.

Sukses atau tidaknya pencapaian indikator ditentukan oleh kinerja Pemerintah. Bicara daerah, menurut UU 23/2013 terdapat enam pelayanan dasar atau layanan publik yang wajib diselenggarakan oleh Pemda. Keenam pelayanan dasar dimaksud pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman, ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat dan sosial. Bentuk pelayanan dasar tadi diwujudkan lewat APBD sebagai instrumen. Dari sini jelas bahwa meningkat atau menurun IPM sangat bergantung dari optimalisasi belanja daerah.

Namun apakah alokasi anggaran semata berdampak signifikan tingkatkan IPM? Ternyata belum tentu. Dari sebuah kajian berjudul Pengaruh Belanja Pemerintah Terhadap IPM di Provinsi Riau menuturkan bahwa APBD hanya akan berpengaruh bila alokasi anggaran dan belanja berkualitas. Berkualitas dimaksud di sini disamping memenuhi mandat konstitusi, juga seberapa efektif dan sesuai prioritas atau kebutuhan. Menyoal amanah konstitusi, Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyimpulkan bahwa, daerah yang memenuhi belanja wajib cenderung memiliki indikator pendidikan dan kesehatan lebih baik dibanding daerah yang tidak memenuhi belanja wajib.

Bicara belanja wajib, hasil evaluasi Komisi X DPR menunjukkan bahwa mayoritas daerah belum mengalokasikan 20 persen APBD untuk pendidikan. Rata-rata daerah hanya mengalokasikan 8-9 persen APBD untuk fungsi tersebut. Selain kepatuhan terhadap undang-undang, kualitas belanja juga berbicara. Mungkin alokasi sektor pendidikan sudah penuhi amanah konstitusi yaitu 20 persen. Tapi item belanjanya lebih banyak untuk pengadaan yang tidak prioritas atau tidak sesuai kebutuhan. Fenomena yang sering ditemukan. Mulai item belanja tiap tahun yang copy-paste, banyak yang tidak nyambung dengan indikator perencanaan daerah hingga proyek “titipan”. Ini jenis belanja tak berkualitas.

Kualitas

Kita bersyukur IPM Riau meningkat. Tapi apakah pertanda alokasi belanja pembangunan manusia di Riau sudah baik? Tentu harus dikaji dulu. Terlebih menengok data BPS, ada hal cukup mengganggu. IPM Provinsi Riau sempat alami penurunan dua tahun belakangan. Di tahun 2019 di atas rata-rata nasional yakni 73.00. Lalu turun di tahun 2020 72.71 dan tahun 2021 72.94. Baru di tahun 2022 kembali meningkat 73.52. Penurunan dua tahun sebelumnya boleh jadi berdampak terhadap kemajuan daerah atau mengganggu perencanaan. Seumpama lomba lari, berhenti sepersekian detik saja hasilnya akan berbeda.

Berkaca ke sektor pendidikan misalnya. Sewaktu pandemi alokasi pembangunan sarana pendidikan Pemda banyak terkena rasionalisasi. Sudahlah begitu, selepas pendemi tak pula digesa. Bahkan di tahun 2023 lagi-lagi tertunda asbab kendala anggaran (mengacu ke surat edaran Kemenkeu, dana transfer Riau dikurangi Rp. 613 M). Mirisnya, kala pembangunan sarana pendidikan ditunda atas dalih kekurangan anggaran, APBD justru dipakai untuk proyek yang tak terlalu dibutuhkan. Beberapa kegiatan malah melahirkan masalah belakang. Contoh kayak proyek payung masjid An-Nur senilai Rp. 42 M yang bikin heboh di internal Pemprov sendiri, sampai-sampai Sekdaprov Riau gusar. Sungguh pemandangan ironis dan bikin getir.

Berangkat dari pemaparan, dalam rangka meningkatkan IPM sudah sepantasnya diawali dengan menata supaya belanja daerah lebih berkualitas dan sesuai kebutuhan. Karena membangun SDM berkualitas harus diawali dengan belanja berkualitas pula. Hasil studi dan kajian yang mengungkap pengaruh belanja Pemerintah baik pusat maupun daerah terhadap IPM yang berada di Provinsi Riau pada rentang waktu 2015-2020 juga menyimpulkan bahwa, belanja Pemda kurang berefek signifikan meningkatkan IPM juga disebabkan serapan belanja.

Sekali lagi, memang di APBD alokasi sektor pendidikan 20 persen. Tapi realisasi atau serapan anggaran sampai akhir tahun acapkali tak maksimal alias bersisa. Artinya ada program yang tak bisa dieksekusi di tahun berjalan. Konsekuensinya sudah barang tentu meleset dari perencanaan dan target semula. Kalau sudah begini sulit berharap output belanja daerah sesuai harapan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 08 Mei 2023 09:06 WIB
Berantas Diskriminasi Dunia Kerja!
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Rabu, 26 April 2023 09:01 WIB
(Ancaman) Robohnya Bangsa Kami
Sabtu, 13 Mei 2023 08:22 WIB
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Selasa, 04 April 2023 14:35 WIB
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Rabu, 05 April 2023 08:50 WIB
Sepak Bola dan Politik Anti Kolonialisme
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
Minggu, 09 April 2023 10:35 WIB
Kesehatan Untuk Semua
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
Alumni dan Mahasiswa Fisip Unri Bantu Korban Banjir Bandang Sumbar
Selasa, 28 Mei 2024
Atraksi Kirab dan Display Drumband Taruna AAU Pukau Masyarakat Pekanbaru
Selasa, 28 Mei 2024
Lewat ESIC, Kilang Pertamina Dumai Kembangkan Inovasi Baru Dukung TJSL Berkelanjutan
Selasa, 28 Mei 2024
Imigrasi Kelas II TPI Bagansiapiapi Gelar Sosialisasi dan Edukasi Pembentukan Desa Binaan Imigrasi

Serantau lainnya ...
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial
Rabu, 22 Mei 2024
Sejarah Vape Pertama di Indonesia dan Perkembangannya
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
5 Rekomendasi Laptop Lenovo 5 Jutaan, Cocok untuk Pelajar!
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Minggu, 26 Mei 2024
ADP Peringati Harlah Ke-3, Transformasi dan Kontribusi bagi Dunia Akademik
Sabtu, 25 Mei 2024
Sarasehan dan Bedah Buku Hakim Agung RI di Kampus UIR Dihadiri Wakil Ketua MK Dr Saldi Isra
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

LW
Terpopuler

01

Minggu, 26 Mei 2024 05:00 WIB
Real Madrid Vs Real Betis, Imbang Tanpa Gol
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Senin, 29 April 2024
Sekretaris Dinas LHK Kota Pekanbaru Hadiri Rapat SABER Pungli 2024
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www