Rabu, 17 Juli 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri di Provinsi Riau sudah diumumkan di hari Sabtu (1/7/2023) lalu. Sekedar informasi, proses pendaftaran dan pemilihan sekolah telah dimulai sejak 29 Mei. Mulanya berakhir 12 Juni tapi kemudian diperpanjang. Proses pemilihan sekolah PPDB tingkat SMA sederajat di Provinsi Riau tahun ini berakhir Senin 26 Juni 2023. Mengingat rumpun kewenangan kami selaku pihak penyelenggara pemerintahan daerah tingkat provinsi mencakup SMA/SMK/sederajat, dirasa penting mengangkat isu-isu selama PPDB berlangsung.

Menyoal data, menurut Dinas Pendidikan (Disdik) Riau, jumlah calon siswa yang melakukan aktivasi akun PPDB tingkat SMA sederajat tahun ini mencapai 75.725 orang. Dari jumlah tersebut, yang berhasil mendaftar sebanyak 84.964 orang. Rinciannya, yang mendaftar di tingkat SMA sebanyak 55.208 orang dan tingkat SMK sebanyak 29.756 orang. Adapun daya tampung sekolah negeri di Riau sebanyak 92.214 siswa. Memang masih ditemukan beragam persoalan klise selama PPDB. Mulai keluhan orang tua siswa soal anaknya tak tembus sekolah terdekat dari tempat tinggal hingga mengerahkan segala daya cari “bekingan” supaya anaknya diterima di sekolah negeri favorit dan seterusnya.

Kasus paling menyita perhatian kecurangan di salah satu SMA negeri di Pekanbaru. Paska ditemukan 31 Kartu Keluarga (KK) rekayasa alias palsu yang dipakai sebagai syarat mendaftar. Bermula saat pihak sekolah memverifikasi persyaratan. Berangkat dari kecurigaan KK siswa yang mendaftar lalu sekolah berkoordinasi dengan Disdukcapil Pekanbaru. Setelah diselidiki ternyata sejumlah KK dinyatakan palsu. Beberapa KK berdomisili jauh di luar zona sekolah. Bahkan ada dari luar Pekanbaru. Akibatnya, para calon siswa yang mendaftar memakai KK palsu didiskualifikasi.

Kami selaku anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau yang membidangi Pendidikan sangat mengapresiasi kinerja sekolah yang menjalankan PPBD sesuai ketentuan berlaku. Mulai pengecekan KK apakah memenuhi kriteria minimal dua tahun, kevalidan dokumen, kesesuaian domisili dan sebagainya. Langkah diambil terbilang tepat. Berhubung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah mengeluarkan kebijakan terkait verifikasi data calon siswa PPDB. Berikut sebagai respons atas permintaan wali murid supaya dilakukan verifikasi faktual terhadap data-data calon siswa yang diragukan. Semua demi mencegah jangan sampai mencurangi hak orang. Manipulasi KK merupakan pemalsuan dokumen Negara. Tindakan mendiskualifikasi diharapkan dapat menjadi pembelajaran bersama.

Memutus Rantai

Banyaknya ditemukan kecurangan dalam PPDB mengundang kekhawatiran mendalam. Ini pemandangan jamak ditemui. Bak kata orang sudah sejak zaman baheulak. Rantai ini harus diputus. Pendidikan seumpama menanam benih. Tak tepat cara bercocok tanam, jangankan berbuah tumbuh saja susah. Di samping itu, kita akan menuai apa yang kita tanam. Memasukkan anak ke dunia pendidikan menghalalkan segala cara tentu sulit berharap ilmu diperoleh akan bermanfaat. Bukannya membawa kemaslahatan, malah menghadirkan kemudaratan di masa mendatang. Boleh jadi mereka pintar tapi keblinger.

Bicara kecurangan tak fair menyorot satu pihak saja. Cela kebijakan atau lemahnya sistem turut berkontribusi melahirkan kecurangan. Contoh paling mudah ketika ada calon siswa rumahnya dekat dari satu sekolah tapi tak diterima. Atau ada siswa memenuhi kriteria tapi kalah oleh yang berani bayar. Khususnya terjadi di sekolah berlabel favorit. Banyak laporan dan temuan oknum mulai dinas sampai sekolah “bermain”. Komitmen dan konsistensi terhadap aturan satu-satunya cara meminimalisir kecurangan. Terus terang tak banyak sekolah betul-betul menjalankan seluruh petunjuk teknis PPDB. Kendati aturannya simpel namun fundamental.
Ombudsman RI Perwakilan Riau berkata pihaknya menerima 21 laporan masyarakat soal PPDB. Tim sudah diturunkan ke sekolah-sekolah guna menindaklanjuti laporan. Ombudsman menemukan sosialisasi peraturan PPDB belum ditempuh secara optimal. Dampaknya banyak masyarakat tak begitu tahu detail regulasi tahun ini. Keterlambatan dan terbatasnya sosialisasi mengenai perubahan teknis menyebabkan orang tua siswa tak siap. Ombudsman Riau sedari awal tahun mengingatkan Disdik dan perangkat sekolah mempersiapkan segala hal.

Kurangnya sosialisasi bukan perkara biasa. Implikasinya fatal. Menyebabkan pengetahuan masyarakat akan suatu aturan rendah. Efek lanjutan banyak tak paham alur dan memicu kepanikan. Alhasil muncul kegaduhan. Oleh karenanya pembenahan sistem prioritas teratas. Termasuk internalisasi di pihak pelaksana. Selama ini masih didapati miskomunikasi antara Disdik, panitia PPDB dan Kepala Sekolah. Selain itu, selama PPDB, panitia dan sekolah belum secara paripurna memberikan pelayanan informasi, konsultasi dan pengaduan seperti digariskan di UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Padahal aspek tersebut sangat vital dalam rangka menciptakan transparansi layanan dan sistem pendidikan yang berintegritas serta fair bagi masyarakat.

Di luar komitmen terhadap aturan, juga mesti konsisten atas kebijakan yang diputuskan. Setelah masa pelaksanaan PPDB berakhir, Disdik dan pihak sekolah diharapkan tidak lagi menerima siswa. Kecuali kebijakan penerimaan ditujukan mengakomodir siswa yang tak mampu dan zona blank spot. Sebab ketika masyarakat mengetahui ada permainan, akan timbul ketidakpercayaan kepada sistem yang berjalan dan pihak penyelenggara termasuk Pemda. Ujungnya kayak lingkaran setan, masing-masing pihak saling curang.

Di luar topik sistem, perlu pula pendekatan kebijakan. Pemprov Riau diminta mawas diri. Terpenting pengembangan dan pembangunan sekolah. Sebab kondisi daya tampung menyumbang masalah dalam proses PPDB. Plus ancaman angka putus sekolah. Harus ada terobosan Kepala Daerah (Gubri) mewujudkan program Wajib Belajar 12 tahun.
Semisal berupa Peraturan Kepala Daerah (Perkada) yang mempermudah izin pembangunan sekolah; membuka opsi double shift masuk pagi dan siang; menambah jumlah murid dalam satu ruang kelas dengan tetap mempertimbangkan efektivitas belajar mengajar; hingga pemerataan lewat upaya memperjuangkan sekolah swasta dan pesantren mendapat dana BOS dan Bosda serta membantu infrastrukturnya. Jangan mentang swasta dibiarkan begitu saja. Di sekolah swasta juga didapati anak tak mampu, sebagaimana terungkap dalam audiensi Gubri bersama perwakilan SMA/SMK negeri dan swasta di kediaman resmi Gubernur sewaktu membahas persiapan PPDB Tahun 2023/2024.

Bagaimanapun pendidikan tanggung jawab Negara. Libatkan sekolah swasta menampung anak lewat jalur afirmasi. Sehingga berkontribusi mengurai benang kusut problem anak tak tertampung di sekolah negeri. Semua yang dipaparkan telah termuat dalam rencana strategis Pemprov Riau bidang pendidikan, meliputi peningkatan pemerataan akses dan mutu pendidikan; Melanjutkan dan memperluas program pendidikan vokasi; Pemenuhan kebutuhan sekolah sesuai standar; Penyelenggaraan sekolah unggulan serta memperbanyak SMK sebagai Pusat Keunggulan (SMK PK). Semoga kelemahan PPDB dapat menjadi bahan evaluasi dan diejawantahkan ke dalam bentuk perbaikan dengan melibatkan publik. Sekali lagi sektor pendidikan sangat menentukan mentalitas generasi bangsa. Menjaga prosesnya berjalan di atas trek yang benar sebuah keharusan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Rabu, 26 April 2023 09:01 WIB
(Ancaman) Robohnya Bangsa Kami
Sabtu, 27 Mei 2023 16:24 WIB
Belanja Berkualitas, SDM Naik Kelas
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Senin, 08 Mei 2023 09:06 WIB
Berantas Diskriminasi Dunia Kerja!
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Selasa, 23 Mei 2023 08:31 WIB
Guru “Merdeka” Menuju Merdeka Belajar
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Sabtu, 13 Mei 2023 08:22 WIB
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Selasa, 04 April 2023 14:35 WIB
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
Selasa, 04 Juli 2023 14:42 WIB
Budaya Sarana Majukan Bangsa
Kamis, 23 Maret 2023 08:03 WIB
Ramadhan Bulan Produktif
Selasa, 13 Juni 2023 09:22 WIB
Olshop Guru, Solusi Kah?
Rabu, 05 April 2023 08:50 WIB
Sepak Bola dan Politik Anti Kolonialisme
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
Minggu, 09 April 2023 10:35 WIB
Kesehatan Untuk Semua
Kamis, 22 Juni 2023 09:16 WIB
Pentingnya Pemerataan Pendidikan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 16 Juli 2024
Serikat Pekerja PT PLN (Persero) Sebut Eloknya Pembahasan RUU EBET Dilanjutkan di Rezim Baru
Selasa, 16 Juli 2024
Momentum Perkuat Kolaborasi, HMHI Gelar Kongres Nasional ke-7 di Pekanbaru
Selasa, 16 Juli 2024
Alumni SMANSA Pekanbaru Angkatan 99 Gelar Bakti Sosial Donor Darah dan Launching Reuni Perak
Senin, 15 Juli 2024
Festival Sepakbola RJL U-12, SSB Respa Sukses Raih Piala Pj Gubernur Riau

Serantau lainnya ...
Sabtu, 13 Juli 2024
Nagita Slavina dan Raffi Ahmad Meriahkan Grand Opening "Scoo Beauty" Cabang Pertama di Kota Pekanbaru
Selasa, 02 Juli 2024
Tingkatkan Akselerasi Pelaku Usaha Kuliner di Pekanbaru, Bank Raya Terus Gencarkan Adopsi QRIS Bisnis
Jumat, 07 Juni 2024
"Villa Nafa" Hadir Sebagai Hunian Bernuansa Modern dan Alami di Pekanbaru
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Senin, 15 Juli 2024
Laptop Terbaik Untuk Segala Segala Kegiatan, ASUS Zenbook Duo UX8406!
Jumat, 21 Juni 2024
Konten Video Animasi Bisa Meningkatkan Penjualan Hingga 2 Kali Lipat!
Jumat, 21 Juni 2024
5 Rekomendasi Case Samsung Galaxy S24, Paling Keren dan Awet dari Spigen!
Rabu, 12 Juni 2024
Redmi 13 4G Hadirkan Kamera 108MP, Cukup Rp2 Jutaan Saja

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 04 Juli 2024
8 Makanan Penyebab Bau Badan yang Sebaiknya Dihindari
Kamis, 04 Juli 2024
Sekcam Tenayan Raya Nilai Pendampingan BTPN Syariah Tepat Layani Masyarakat Inklusi di Pekanbaru
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 16 Juli 2024
77 Peserta Ikuti Seleksi Ujian Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri PCR 2024
Senin, 15 Juli 2024
FKIP UIR Raih Hibah Rp1 Miliar dari Kementerian Pendidikan untuk Revitalisasi LPTK
Jumat, 12 Juli 2024
Perkuat Internasionalisasi Kampus, UMRI Teken MoU dengan Universiti Tun Abdul Razak Malaysia
Rabu, 03 Juli 2024
PCR Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri Pemprov Riau 2024

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Kamis, 27 Juni 2024
Harumkan Nama Riau di Ajang Nasional Pesona Batik Nusantara 2024, Gloria Rahita Nababan Disambut Haru di Bandara SSK II
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan

Selebriti lainnya ...

LW 2
Terpopuler

05

Jumat, 12 Juli 2024 12:20 WIB
Pinang Kering Riau Alami Kenaikan Harga
Iklan CAKAPLAH
Foto
HUT Pekanbaru Ke-240 - Bank Raya
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
BKPSDM Kota Pekanbaru Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahun 2024
Senin, 27 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Hadiri Rapat Kerja Perdana Bersama Pj Wali Kota Risnandar
Rabu, 22 Mei 2024
BKPSDM Pekanbaru Gelar Workshop "Recharge Penguatan Iman ASN"
Selasa, 21 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi Dampingi Sekretaris Kota dalam Audiensi dengan Guru PAI

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www