Sabtu, 24 Februari 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
HUT CAKAPLAH 7 - PJ Walikota Muflihun

CAKAP RAKYAT:
Perlindungan Anak Tanggung Jawab Bersama
Minggu, 23 Juli 2023 16:04 WIB
Perlindungan Anak Tanggung Jawab Bersama
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

23 Juli bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN) Ke-39. Hak anak merupakan amanah Pasal 28B ayat (2) UUD-RI 1945, yang menggariskan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Kilas balik, HAN  pertama kali dicetuskan dalam Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) tahun 1951.

Penetapan HAN tanggal 23 Juli melalui penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984 yang dipertegas dalam Keppres RI Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention on the Rights of the Child (Konvensi Hak Anak). Latar belakang dipilihnya 23 Juli berkaitan tanggal pengesahan UU 4/1979 tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. Sejak disahkan, Pemerintah berupaya meningkatkan dam mengoptimalkan kesejahteraan anak. Salah satunya mendorong kepedulian semua pihak lewat penyelenggaraan peringatan HAN.

Atensi terhadap anak diperkuat sederet peraturan lain yaitu UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah beberapa kali diubah UU 17/2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU 1/2016 tentang Perubahan Kedua atas UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak menjadi UU; dan Peraturan Presiden (Perpres) 65/2020 tentang Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah Perpres Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 65 Tahun 2020 tentang Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pemenuhan hak anak tentunya menghendaki implementasi paripurna hingga ke daerah. Untuk itulah diatur kewenangan daerah dalam UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. Kembali ke konteks HAN 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengajak seluruh lembaga dan masyarakat meningkatkan komitmen dalam meningkatkan perlindungan anak Indonesia. Diharapkan, masyarakat semangat membangun bangsa yang memberikan perlindungan penuh dan menjaga tumbuh kembang anak. Perhatian dinilai penting menimbang sepertiga penduduk Indonesia adalah anak-anak. Mereka generasi penerus. Ketika hak mereka ditunaikan, tercapai cita-cita negara.

Bila hak mereka diabaikan, berlaku sebaliknya. HAN momentum tepat untuk evaluasi dan proyeksi. Supaya dapat diketahui sudah sejauhmana pemangku kepentingan dan elemen masyarakat ikut menginspirasi, mengadvokasi, mempromosikan dan menunaikan hak-hak anak, serta mengagendakan langkah strategis ke depan. Sehingga hak mendasar mereka tak hanya hangat dalam dialog dan lisan. Tapi diiringi aksi nyata membangun lingkungan lebih baik untuk mereka. Bicara problematika anak Indonesia masih klise. Sejumlah permasalahan yang mengemuka: pertama, pendidikan dan kesehatan. Kedua, lingkungan yang dihantui kekerasan dan konflik.

Akses

Sorotan diawali perihal pendidikan dan kesehatan. Keterbatasan akses memperoleh pendidikan pernah diungkap dalam laporan Global Education Monitoring Report UNESCO. Persoalan ini menghantui anak Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2021, ribuan anak putus sekolah. Hal sama juga ditemukan di Riau yang secara jumlah termasuk tertinggi di Indonesia. Menurut data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), ada 167.000 anak putus sekolah di Riau. Riau pun menghadapi situasi pelik di sektor kesehatan sehubungan kasus kurang gizi dan stunting. Komplikasi dua sektor tadi sinyalemen berbahaya.

Ancaman daerah dan menghambat pencapaian visi dan misi Provinsi Riau maju, sejahtera dan berdaya saing. Pemerintah Daerah (Pemda) dalam konteks ini Pemprov Riau harus merespon dan mengkoordinir aksi nyata. Sungguh ironis Riau yang katanya provinsi kaya Sumber Daya Alam (SDA) tapi pendidikan dan kesehatan memprihatinkan. Mirisnya walau dalam keadaan gawat, terdengar kabar dugaan dana penanggulangan anak kurang gizi atau stunting yang ''disunat'' oknum. Temuan "dibongkar" Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto kala rapat evaluasi APBD bersama Gubernur Riau Syamsuar dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Riau.

Kami berharap pengungkapan ditindaklanjuti pembenahan total. Bukan drama atau cari “kambing hitam”. Apalagi kondisi di lapangan belum memenuhi harapan. Sewaktu kunjungan kerja ke Riau belum lama berselang, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sempat kesal saat ditemukan anak penderita stunting belum mendapat bantuan dan belum terdaftar sebagai penerima bantuan dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Kendati begitu, Kami tetap mengapresiasi ikhtiar Pemprov Riau. Mulai pembentukan Satgas Anak Tidak Sekolah (PANTAS) dan usaha menekan stunting lewat TPPS. Tim mesti lebih sering turun ke lapangan. Bukan andalkan laporan dari bawah. Selain itu, jangan sampai fokus sekedar turunkan angka di atas kertas. Identifikasi agar akar masalah teratasi. Karena satu masalah punya banyak variabel. Contoh upaya menekan angka putus sekolah. Disamping menggenjot pembangunan bangunan sekolah, perlu dikaji faktor lain yang turut berkontribusi. Ekonomi, sosial dan lingkungan hingga faktor keluarga. Sederhananya pendekatan komprehensif dan terintegrasi. Urusan sarana misalnya, butuh saling keterdukungan. Jalan dan jembatan kewenangan provinsi di kabupaten/kota vital untuk memperlancar mobilisasi, aktivitas ekonomi dan kegiatan penting lain termasuk aksesibilitas ke sekolah. Apa guna bangun sekolah tapi sarana ke sana tak memadai? Mengingat banyaknya kebutuhan, APBD harus utamakan kepentingan daerah. Kurangi beban belanja di luar kewajiban.

Perlindungan

Persoalan berikut perlindungan anak. Usaha menciptakan iklim kondusif urgen ditempuh. Kekerasan dan perundungan terhadap anak di Indonesia terus meningkat. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat sepanjang tahun 2020 didapati 119 kasus perundungan anak. Melonjak dari tahun-tahun sebelumnya kisaran 30-60 kasus per tahun.  Di luar kasus perundungan, terdapat pula kriminalitas yang pelakunya anak-anak. Walau beda konteks, kedua fenomena punya kesamaan: akibat minim kepedulian. Mulai rumah tangga dan lingkungan sekitar punya sumbangsih. Dimulai bimbingan orang tua. Apalagi di masa keterbukaan teknologi informasi sekarang, anak-anak leluasa menyaksikan apapun di smartphone.

Menyinggung peran lingkungan, harus diakui kini keadaan jauh beda dibanding kita kanak-kanak. Dulu kita nakal “orang tua” di lingkungan menegur atau lapor ke orangtua kita. Konsekuensinya kena marah dua kali. Sekarang urus diri masing-masing. Penyebabnya dilematis. Salah nasehati anak orang bisa bermasalah. Jangankan tetangga, guru saja bisa berujung bui. Terlepas apapun pembelaan, imbasnya koreksi sosial tak berfungsi. Padahal lingkungan penting membentuk karakter anak. Pembiaran perbuatan tak baik pangkal kerusakan. Tentu koreksi bukan semata ke anak. Lingkungan baik terbentuk apabila antara sesama saling menasehati dan saling peduli.

Sekali lagi, perlindungan anak memerlukan kerjasama banyak pihak. Tulisan ini bukan mencari siapa yang salah. Melainkan menyadarkan bahwa anak-anak perlu dijaga. Kasus dunia anak-anak dipicu minimnya pengawasan. Tiap pihak punya porsi tanggungjawab. Teristimewa Negara, perlindungan anak harus ditingkatkan level kewaspadaannya. Terlebih di tengah gempuran paham menyimpang LGBT. Bahkan di Negara barat mereka sudah berani melakukan penyebaran paham ke sekolah memakai cara child grooming. Istilah barusan dimaknai bentuk pelecehan seksual anak melalui banyak cara baik itu berupa konten internet dan rayuan di dunia nyata. Pelakunya memanipulasi anak demi tujuan tertentu yang kebanyakan menyimpang. Efeknya jika dibiarkan akan berdampak buruk ke psikologis, emosional hingga kesehatan fisik anak. Sayangnya Pemerintah terkesan kurang tegas. Bahkan seorang menteri pernah keceplosan sebut LGBT itu kodrat.

Menghadapi fakta pahit tersebut mau tak mau kuncinya di daerah. Pimpinan daerah diharapkan menggalang kesadaran kolektif. Menggalakan sosialisasi dan pendampingan guna memberi pemahaman keluarga dari bahaya LGBT dan penyimpangan lainnya. Tak lupa mengidentifikasi anak, bila ada kecenderungan agar dapat diarahkan dan dirangkul biar normal. Terakhir tak kalah penting, libatkan anak dan remaja dalam perencanaan kontingensi (contingency plan) khususnya dalam perumusan kebijakan terkait mereka. Mustahil memahami dunia anak tapi kacamata dipakai dari sisi orang dewasa saja. Dunia anak itu spesial dan butuh pendekatan spesial. Selamat Hari Anak Nasional. Mari bersama wujudkan generasi ke depan lebih baik.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Senin, 08 Mei 2023 09:06 WIB
Berantas Diskriminasi Dunia Kerja!
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Sabtu, 13 Mei 2023 08:22 WIB
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Sabtu, 27 Mei 2023 16:24 WIB
Belanja Berkualitas, SDM Naik Kelas
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
Rabu, 07 Juni 2023 09:07 WIB
Tatkala Aturan Ancam Kedaulatan
Selasa, 23 Mei 2023 08:31 WIB
Guru “Merdeka” Menuju Merdeka Belajar
Selasa, 04 April 2023 14:35 WIB
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
Kamis, 23 Maret 2023 08:03 WIB
Ramadhan Bulan Produktif
Kamis, 20 Juli 2023 08:02 WIB
Mari Berhijrah
Rabu, 12 Juli 2023 10:14 WIB
Koperasi Dan Misi Solidaritas Sosial
Minggu, 09 April 2023 10:35 WIB
Kesehatan Untuk Semua
Kamis, 22 Juni 2023 09:16 WIB
Pentingnya Pemerataan Pendidikan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 23 Februari 2024
Tawarkan 250 Kuota Program Ikatan Kerja, Mahasiswa ITPLN Sosialisasi di Riau
Jumat, 23 Februari 2024
Kapolres Siak Resmikan Pelayanan SIM Keliling, Perpanjang SIM Kini Lebih Mudah
Jumat, 23 Februari 2024
Pasca Pemilu 2024, APDESI Rohul Ajak Masyarakat Pererat Silaturahmi
Kamis, 22 Februari 2024
HAM: Bukan Semaunya, Tapi Kebebasan yang Beretika

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+
Minggu, 28 Januari 2024
Bocoran Model Google Pixel 9 Beredar, Bentuk Mengotak seperti iPhone

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 23 Februari 2024
Telkomsel Dukung Unri Akselerasikan Pengembangan Ekosistem Digital dan Talenta Unggulan
Kamis, 08 Februari 2024
STAI Imam Asy-Syafi'i Gandeng Lexie Edu Consultancy Tingkatkan Kemahiran Berkomunikasi Bahasa Inggris
Minggu, 28 Januari 2024
Sejalan dengan Program Unilak, Rektor Dukung Polri Buka Rekrutmen Penyandang Disabilitas
Selasa, 23 Januari 2024
Dukung Indonesia Emas 2024, Unilak Gelar LKBB Tingkat SMA se-Sumatra

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www