Minggu, 25 Februari 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
HUT CAKAPLAH 7 - PJ Walikota Muflihun

CAKAP RAKYAT
Pemuda Dan Ancaman Pembusukan
Sabtu, 28 Oktober 2023 11:39 WIB
Pemuda Dan Ancaman Pembusukan
Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Pemuda selalu menjadi sosok penggugah lintas era. Kisah dan determinasinya tak lekang oleh waktu. Tak heran Tuhan menitahkan misi berdakwah kepada para Nabi kala memasuki usia muda. Sesuatu yang wajar dan masuk akal. Mengingat masa muda selalu bersemangat dan energik. Fase puncak kekuatan raga. Berbekal keunggulan tadi jelas banyak potensi melakukan perubahan, perbaikan dan menebar manfaat. Masa muda simbol keterbukaan terhadap hal baru, menantang adrenalin, menguatnya keinginan berkreasi dan berinovasi. Sungguh merugi orang di rentang usia ini lalai dan bermalas-malasan menempa diri.

Pemuda juga identik dengan sikap kritis. Tengoklah pergolakan dunia. Revolusi, tuntutan perubahan dan menyuarakan kebenaran serta melawan kezaliman selalu pemuda aktor utama. Termasuk Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober. Insan muda nusantara berkorban jiwa menentang penjajahan dan kezaliman. Meski disaat sama adapula golongan pemuda memilih menjadi antek penjajah. Selain memantik kesadaran perjuangan kemerdekaan, momen Sumpah Pemuda memberi pengaruh besar kepada gerakan paska kemerdekaan. Diantaranya reformasi yang memperjuangkan anti politik oligarki, dinasti serta praktik kecurangan lain demi hasrat pribadi dan golongan.

Oleh karena itu, sudah seharusnya Negara memandang penting langkah mengikutsertakan pemuda dalam agenda pembangunan bangsa. Apalagi sebagaimana diketahui, Indonesia digadang-gadangkan berada di era bonus demografi. Berhubung hampir separuh populasi penduduk berada di rentang usia produktif. Komposisinya yakni generasi milenial sebanyak 26 persen ditambah generasi Z sebanyak 28 persen.

Riau merasakan kondisi serupa. Tercatat 1,7 juta penduduk Riau terkategori usia muda. Prospek positif menanti jika berkah penduduk usia produktif lebih besar dibanding nonproduktif ini mampu diberdayakan. Untuk itulah di blueprint nasional yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045, Pemerintah meluncurkan slogan visi “Indonesia Emas 2045”. Di tataran implementasi, Pemerintah Daerah (Pemda) dituntut menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) pelayanan kepemudaan. Penyusunan RAD merupakan bagian langkah kolaborasi, sinergi dan koordinasi strategis lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan antara Pusat dan Pemda, Pemprov dan Pemerintah Kabupaten/Kota dan internal Pemda. RAD juga pedoman dan tolak ukur pelaksanaan program serta dasar penentuan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). 

Keterlibatan  

Program negara tentang kepemudaan di atas kertas bisa dibilang cukup banyak. Tapi apakah pemuda aktor utama pembangunan? Melirik mereka hanya sisi kelimpahan pikiran dan tenaga tentu sudah menyimpang dari perjuangan Sumpah Pemuda 95 tahun lalu. Kita tak mau potensi dimaksud sekedar dieksplotasi dan diperas semata menggenjot ekonomi dan menambah pendapatan negara. Menelaah sejarah 28 Oktober, pengorbanan pemuda di masa lampau untuk kepentingan bangsa jangka panjang. Perspektif sama semestinya dipakai. Supaya ada penghargaan sepadan. Dalam konteks partisipasi libatkan mereka. Tanpa keterlibatan, sulit memastikan pengambilan keputusan dan produk kebijakan dapat berpihak sepenuhnya kepada mereka. Setakad ini disini celahnya. Tersaji di hadapan kita peraturan dibuat semena-mena lantas berbuah kritikan. Di level nasional paling panas semisal UU Cipta Kerja yang digugat dan menuai protes banyak unsur terutama elemen pemuda. Abainya negara atas suara dan kritikan pemuda bukan pertanda baik. Sejarah mencatat, ketika pemuda “turun ke jalan” dapat dipastikan sesuatu yang keliru telah terjadi. 

Bisa disimpulkan pemuda belum sepenuhnya diposisikan sebagai mitra. Mereka cenderung dilirik jelang kontestasi atau pemilihan seperti saat ini. Menarik simpati dan dukungan pemuda tentu tak salah. Selaku politisi, langkah menggaet dukungan kawula muda sangat bagus. Lagipula kelompok usia ini tak mudah dipengaruhi dan dominan pemilih rasional. Disamping itu, pentas politik negeri sudah diramaikan kalangan pemuda. Terlebih belakangan narasi pemimpin pemuda semakin keras gaungnya di pentas perpolitikan nasional paska putusan Mahkamah Konstitusi (MK) perihal batas usia minimal Capres dan Cawapres. Kami senang saat Ketua MK Anwar Usman mengadili gugatan mengangkat contoh pemimpin muda kayak Muhammad Fatih yang mendobrak Konstantinopel diusia 17 tahun. Begitu pula Sutan Sjahrir yang menjabat perdana menteri di usia 36 yang namanya disebut guna menjustifikasi pemimpin muda. Cuman sangat disayangkan contoh yang disampaikan tidak dalam paradigma konstruktif.

Muhammad Fatih hafal Al Quran umur 8 tahun, rajin puasa sunnah, tak pernah tinggal sholat malam dan amalan sunnah lain serta menguasai berbagai pengetahuan. Kecerdasan dan kesholehannya hasil didikan keras sejak kecil oleh guru yang sholeh. Demikian pula Sutan Sjahrir pejuang muda luar biasa. Beliau pernah mendirikan sekolah bernama Cahaya Universitas Rakyat hasil uang jerih payah sendiri. Muhammad Fatih dan Sutan Sjahrir ditempa kedisplinan, proses panjang dan penuh tantangan. Tidak instan dan modal privilege semata.

Kendati putusan MK membawa angin segar bagi kepemiminan muda, tapi munculnya seorang figur muda sebagai kandidat Wakil Presiden malah menuai respon negatif. Salahnya bukan pada sosok si pemuda. Namun cara yang dipakai dipandang tak elok dan tak sejalan dengan revolusi mental. Satu yang patut dikhawatirkan bilamana etika, norma dan kepantasan diterabas demi memberi “karpet merah”, yang terjadi justru upaya pembusukan terhadap pemuda. Usia muda pada dasarnya tempat idealisme bersarang.

Sebuah hadits Rasulullah bahkan pernah bersabda bahwa “Allah kagum dengan pemuda yang jauh dari sifat shobwah (menyimpang dari kebenaran) (HR. Ahmad). Oleh karenanya sungguh perbuatan buruk manakala mental mereka dirusak lewat tontonan cara-cara culas. Umar bin Khattab RA pernah berucap: “Barangsiapa ingin menggenggam nasib suatu bangsa, maka genggamlah para pemudanya.” Kalau mau merusak bangsa, rusaklah pemudanya. Kembali ke sejarah Sumpah Pemuda, dahulu pemuda berbagai latar belakang berkumpul, bermusyawarah dan bermufakat menyatukan keyakinan dalam kredo satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa. Tujuannya demi kepentingan bangsa. Ironisnya kini musyawarah dan mufakat untuk memuluskan kepentingan kekuasaan dan golongan. Ini ancaman masa depan bangsa. Melahirkan generasi berpola pikir sesat. Mengandalkan kekuatan “orang dalam” daripada skill. Atau generasi skeptis dan minder mengembangkan diri sebab mereka merasa semua percuma. Tohujungnya kalah saing dengan yang punya beking. 

Penulis : Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. Anggota DPRD Provinsi Riau
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Kamis, 14 September 2023 08:02 WIB
Riau Yang Menginspirasi
Minggu, 22 Oktober 2023 15:42 WIB
Santri Berdaya Negeri Berjaya
Senin, 25 September 2023 11:52 WIB
Darurat Regenerasi Petani
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Minggu, 01 Oktober 2023 09:31 WIB
Masih Saktikah Pancasila?
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Kamis, 21 September 2023 13:50 WIB
Riau Terhubung Tanda Beruntung
Minggu, 17 September 2023 12:06 WIB
Keselamatan Pasien Prioritas Utama
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Kamis, 05 Oktober 2023 09:47 WIB
Memutus Rantai Kerusakan Lingkungan
Rabu, 25 Oktober 2023 17:54 WIB
Estafet Perjuangan Kesehatan
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Sabtu, 13 Mei 2023 08:22 WIB
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Kamis, 28 September 2023 08:57 WIB
Maulid Nabi Dan Nilai Kepemimpinan
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
Jum'at, 04 Agustus 2023 11:05 WIB
Ketersediaan Beras Dukung Pertumbuhan Ekonomi
Kamis, 28 September 2023 18:25 WIB
Pusat Studi Kawasan Asia Tenggara
Kamis, 19 Oktober 2023 11:18 WIB
Cawe-Cawe Ala Feodalisme
Sabtu, 07 Oktober 2023 15:15 WIB
Pasang Surut Hubungan Indonesia-Malaysia
Senin, 11 September 2023 07:05 WIB
Judi Bikin Merugi
Senin, 09 Oktober 2023 13:01 WIB
Pentingnya Skala Prioritas
Kamis, 12 Oktober 2023 08:03 WIB
Dilema Pendidik Zaman Now
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 25 Februari 2024
Siaga Jaga Logistik Pemilu, Kapolres Siak Cek Kesehatan Personel
Sabtu, 24 Februari 2024
Bincang Sehat bersama IJN, Rumah Sakit Jantung Terbesar di Asia Pasifik
Sabtu, 24 Februari 2024
GadePreneur Dukung UMKM Pekanbaru Lebih Berkembang
Jumat, 23 Februari 2024
Smartfren Tawarkan Home Wireles Router untuk Tingkatkan Penetrasi Internet Indonesia

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+
Minggu, 28 Januari 2024
Bocoran Model Google Pixel 9 Beredar, Bentuk Mengotak seperti iPhone

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 24 Februari 2024
Wisuda XV, STIKes PMC Ajak Lulusan Beri Banyak Manfaat untuk Masyarakat
Jumat, 23 Februari 2024
Telkomsel Dukung Unri Akselerasikan Pengembangan Ekosistem Digital dan Talenta Unggulan
Kamis, 08 Februari 2024
STAI Imam Asy-Syafi'i Gandeng Lexie Edu Consultancy Tingkatkan Kemahiran Berkomunikasi Bahasa Inggris
Minggu, 28 Januari 2024
Sejalan dengan Program Unilak, Rektor Dukung Polri Buka Rekrutmen Penyandang Disabilitas

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www