Senin, 04 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Pelantikan Pj Gubri - PT Riau Petroleum

CAKAP RAKYAT
Wajah Kota Masa Depan
Jum'at, 10 November 2023 10:12 WIB
Wajah Kota Masa Depan

(CAKAPLAH) - Bagaimana wajah kota masa depan? Masih misteri atau mungkin juga bisa kita persiapkan dimasa sekarang untuk melihat wajah kota 50 atau 100 tahun ke depan. Kota yang direncanakan untuk bisa dihuni dan tempati oleh anak cucu di masa yang akan datang dengan kualitas yang baik. Dengan perancangan yang matang, maka ekspansi pengembangan kota dan ruang-ruang kosong yang akan dibangun infrastruktur dapat dipersiapkan sedini mungkin.

Memproyeksikan wajah kota masa depan tidak bisa dilepaskan dengan penduduk yang mendiami kawasan perkotaan yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Diperkirakan 75% dari penduduk dunia akan tinggal di kawasan perkotaan pada tahun 2050. Tren ini diakibatkan masih kuatnya daya tarik kota yang menyebabkan meningkatnya arus migrasi dari desa ke kota.

Selain itu adalah perubahan gaya hidup masa kini yang mendorong orang untuk tinggal di perkotaan. Semakin tinggi status sosial dan kedudukan seseorang juga menuntut untuk tempat tinggal yang lebih tinggi hierarkinya, dari desa ke kota kecil, madya hingga kota metropolitan. Sebagai contoh sederhana seorang pengusaha yang semakin besar usahanya mengharuskannya pindah ke kota untuk mengurus bisnisnya, bahkan jika sudah demikian besarnya harus pindah ke kota mancanegara yang lebih tinggi hierarkinya. Begitu juga seorang yang berasal dari desa setelah menamatkan kuliah dan meraih gelar sarjana, terasa berat hatinya untuk kembali ke desa asalnya.

Hunian Vertikal

Dengan semakin meningkatnya warga kota sementara lahan yang ada semakin terbatas mengharuskan suatu kota harus dapat beradaptasi dengan keadaan yang dihadapinya, khususnya dalam menyediakan tempat tinggal (perumahan), kantor dan toko yang bersifat vertikal. Ini adalah konsekuensi logis dan rasional, dari abad perkotaan. Singapura dapat dijadikan contoh untuk hal ini, dimana mayoritas tempat tinggal dan kawasan perdagangan dan jasa sudah mengalami perkembangan secara menegak (vertikal), sementara pengembangan secara horizontal tidak banyak bisa dilakukan lagi karena semakin terbatasanya ruang terbuka. Bahkan contoh yang lebih dahsyat lagi adalah Tokyo, dimana kasawan pusat kota sudah dijejali dengan bangunan mencakar langit.

Singapura dan Tokyo adalah gambaran wajah kota besar di Tanah Air 50 hingga 100 tahun ke depan. Seturut ini pemerintah dan pengembang (developer) juga harus beradaptasi dengan situasi yang akan tejadi dimasa depan dengan rancang bangunan (arsitektur) yang bersifat vertikal. Tren ini sebenarnya sudah dimulai dari Kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Tanah Air dengan semakin menjamurnya bangunan yang mencakar langit.

Untuk Sumatera, Kota Medan adalah salah satu contoh tren pembangunan pusat kota yang telah dilakukan secara vertikal seirama dengan meningkatnya jumlah penduduk dan pesatnya pembangunan di Kota Medan. Begitu juga halnya Kota Pekanbaru yang sudah semakin banyak gedung-gedung dan bangunan yang dibangun secara vertikal di pusat kota dibandingkan 10 atau 20 tahun yang lalu.

Ruang Terbuka Hijau

Idealnya, corak kota masa depan lainnya yang boleh diprediksi adalah dengan semakin banyaknya ruang terbuka hijau (RTH) untuk mengantisipasi semakin banyaknya orang yang mendiami kawasan perkotaan. Memang sedikit ada kontradiksi, dimana lahan yang semakin terbatas namun disisi lainnya harus dapat menghadirkan ruang terbuka hijau yang semakin banyak untuk menyediakan asupan oksigen bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Suka ataupun tidak, adalah suatu keniscayaan bahwa kota masa depan harus dapat mewujudkan ruang terbuka hijau yang memadai bagi warga kota. Mungkin RTH yang ada harus melebihi 30 persen dari keseluruhan luas kawasan perkotaan. Bagaimana untuk bisa mewujudkannya? Lagi-lagi ini adalah dengan perencanaan penataan ruang kota yang maju ke hadapan dengan memberikan porsi yang lebih besar lagi untuk RTH. Jika tidak bisa diwujudkan RTH secara horizontal juga bisa dilakukan dengan RTH secara vertikal, seperti taman di atas atap (rooftop garden).

Tokyo adalah contoh yang dapat ditiru di dalan pengwujudan RTH bagi kota masa depan di Tanah Air. Dimana, dengan semakin padatnya penduduk Tokyo dan terbatasnya lahan tidak menghalangi pemerintah untuk menyediakan RTH yang memadai dengan pembangunan RTH yang dilakukan secara vertikal dan penataaan ruang kota yang pro terhadap lingkungan hidup. Terbukti Tokyo dapat mewujudkannya ditengah padatnya penduduk dan bangunan. Tokyo juga dapat menghadirkan sistem transportasi massal yang bagus, sehingga mengurangi penggunaan kenderaan bermotor dan polusi udara. Prinsipnya adalah adanya keseimbangan antara RTH dan pembangunan fisik.

Plurality and Diversity

Kota masa depan juga dicirikan dengan semakin pluralnya penduduk yang mendiami sesebuah kota. Semakin besar suatu kota maka pluralitasnya akan semakin tinggi. London disebutkan sebagai kota yang paling multikultural di dunia. Begitu juga Dubai yang dikatakan juga sebagai salah satu kota yang paling plural di dunia, dengan banyak warga negara asing yang mendiami Dubai.

Kota Jakarta dapat mempresentasikan kota yang paling plural dan beragam (diversity) di Tanah Air, dengan hampir seluruh suku dan budaya Indonesia ada di Kota Jakarta. Atau dengan kata lain Jakarta adalah taman mininya Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Yang untuk Propinsi Riau, Pekanbaru adalah cerminan atau wajah Riau dari pesisir hingga daratan.

Seturut dengan semakin besarnya sesebuah kota akan menjelma menjadi kota yang meriah dengan segala atribut yang melekat pada sebuah kota. Kota yang meriah dengan beragamnya latar belakang penduduk yang mendiaminya. Kota seperti ini diibaratkan ramainya orang ketika hari lebaran dengan kemeriahan yang berwarna warni dengan corak pakaian yang dikenakan dan aneka ragam kuliner makanan yang disajikan. Ramai, meriah dan sedikit sesak namun membahagiakan dan menyenangkan.

Kedepannya, kota-kota di dunia juga akan menjelma menjadi kota pintar (smart city), yaitu suatu kota yang dilengkapi dengan rangkaian teknologi informasi dan sistem telekomukasi termaju. Pemanfaatan teknologi dan penguasaan ilmu pengetahuan sebagai sentral aktivitas sosial-ekonomi masyarakat. Apakah kota seperti ini dapat diwujudkan? Atau hanya sekedar utopia dan angan-angan belaka? Waktu yang akan menjawabnya.***

Penulis : Dr Apriyan D Rakhmat, M.Env: Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau, Pekanbaru
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Kamis, 14 September 2023 08:02 WIB
Riau Yang Menginspirasi
Minggu, 22 Oktober 2023 15:42 WIB
Santri Berdaya Negeri Berjaya
Senin, 25 September 2023 11:52 WIB
Darurat Regenerasi Petani
Sabtu, 28 Oktober 2023 11:39 WIB
Pemuda Dan Ancaman Pembusukan
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Jum'at, 03 November 2023 08:31 WIB
Pentingnya Mendidik Mentalitas
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Minggu, 01 Oktober 2023 09:31 WIB
Masih Saktikah Pancasila?
Selasa, 07 November 2023 12:13 WIB
Membangun Manusia Desa
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Kamis, 21 September 2023 13:50 WIB
Riau Terhubung Tanda Beruntung
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Minggu, 17 September 2023 12:06 WIB
Keselamatan Pasien Prioritas Utama
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Kamis, 05 Oktober 2023 09:47 WIB
Memutus Rantai Kerusakan Lingkungan
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Rabu, 25 Oktober 2023 17:54 WIB
Estafet Perjuangan Kesehatan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Minggu, 23 Juli 2023 16:04 WIB
Perlindungan Anak Tanggung Jawab Bersama
Kamis, 28 September 2023 08:57 WIB
Maulid Nabi Dan Nilai Kepemimpinan
Jum'at, 04 Agustus 2023 11:05 WIB
Ketersediaan Beras Dukung Pertumbuhan Ekonomi
Kamis, 28 September 2023 18:25 WIB
Pusat Studi Kawasan Asia Tenggara
Kamis, 19 Oktober 2023 11:18 WIB
Cawe-Cawe Ala Feodalisme
Sabtu, 07 Oktober 2023 15:15 WIB
Pasang Surut Hubungan Indonesia-Malaysia
Senin, 11 September 2023 07:05 WIB
Judi Bikin Merugi
Kamis, 12 Oktober 2023 08:03 WIB
Dilema Pendidik Zaman Now
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 03 Maret 2024
PBBDD Riau Sukses Kumpulkan 735 Kantong Darah di Hari Pertama
Minggu, 03 Maret 2024
Dorong Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Pekanbaru, Askara Nusantara Gelar Sayembara Aksi Jaga Bumi
Sabtu, 02 Maret 2024
Terpilih Aklamasi, Yose Saputra Jabat Ketua DPW PEKAT IB Riau
Jumat, 01 Maret 2024
Sambut Ramadan, Advokat Ladies Riau Bagikan Ratusan Sembako ke Warga Kurang Mampu

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Evaluasi Lapangan Visitasi Usulan Pembukaan Prodi Kebidanan Umri
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab Juara 1 Tingkat Nasional Seminar Hasil Kosabangsa Kemenristek Dikti 2023
Rabu, 28 Februari 2024
Keren, Universitas Abdurrab Kini Punya Alat High Performance Liquid Chromatography
Rabu, 28 Februari 2024
Buka Fakultas Kedokteran, Tim Evaluasi Lapangan Visitasi ke Kampus Universitas Muhammadiyah Riau

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler

01

Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www