Rabu, 08 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Perlindungan Ekstra Ke Pekerja
Rabu, 27 Desember 2023 11:06 WIB
Perlindungan Ekstra Ke Pekerja
Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Pekerja merupakan aset bangsa. Oleh karena itu Negara (baca: Pemerintah) wajib hadir memproteksi dan menjamin agar haknya terpenuhi. Bukan semata mengharapkan produktivitas mereka untuk menumbuhkembangkan ekonomi dan menambah devisa. Bicara pekerja, selain di dalam negeri juga yang cari nafkah ke luar negeri. Perlakuan mesti setara. Boleh dibilang sumbangsih Pekerja Migran Indonesia (PMI) terhadap negara sangat signifikan. Menurut data, di tahun 2022 devisa melalui remitansi mencapai Rp139 triliun. Angka barusan bukan jumlah kecil. Bahkan terbesar kedua setelah sektor Migas. PMI ikut berperan mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya ungkit ekonomi daerah asal. Selain pahlawan devisa dan membantu perekonomian, mereka juga duta promosi imej positif terkait Indonesia. Baik adat, budaya, potensi kuliner dan pariwisata. Menimbang kontribusi tadi, sudah sepantasnya mereka diberi perhatian serius. Secara seremonial, negara telah mengakui Hari Buruh Migran Internasional yang diperingati setiap 18 Desember dan menyemarakan. Adapun tema peringatan Hari Migran Internasional 18 Desember 2023 yakni "Pekerja Migran Indonesia, Kreatif Berdaya, Keluarga Bahagia, Indonesia Jaya".

Di sisi regulasi, kendati muatan UU Nomor 18 tahun 2017 tentang perlindungan PMI terbilang baik dan mendetail, namun pelaksanaan belum maksimal. Upaya perwujudan perlindungan pekerja maupun PMI masih dihantui berbagai kendala. Dalam tataran kebijakan beserta pendekatannya belum komprehensif. Kendala paling mengemuka di peraturan teknis. Setakad ini belum rampung, berikut kebijakan turunannya. Di tingkat pusat, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPR-RI melalui Wakil Ketua Komisi IX terus mendorong dan meminta Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) sesegera mungkin menyelesaikan aturan turunan UU. Supaya perlindungan PMI lebih sempurna. Kita berharap komitmen sama diterapkan sampai ke daerah. Termasuk Provinsi Riau yang mana hotspot pekerja migran. Apalagi Riau bertetangga dengan sejumlah negara kayak Malaysia dan Singapura. Tingginya antusias masyarakat ingin bekerja ke negara tetangga membawa efek samping. Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mencatat sedikitnya 586 orang pekerja migran ilegal digagalkan keberangkatannya dari Riau ke negara tujuan sejak Januari hingga Oktober 2023. Pelaksana Tugas Deputi Penempatan dan Pelindungan kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI Brigjen Polisi Dayan Victor Imanuel Blegur menyebut bahwa, wilayah perbatasan perairan yakni Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir dan Kepulauan Meranti sering dimanfaatkan sindikat mengirim pekerja migran ilegal.

Proteksi

Proteksi negara disinggung di atas tentu bukan bermaksud melindungi pekerja ilegal. Sebab jelas-jelas salah. Pemerintah mengharuskan seluruh PMI menempuh jalur resmi. Sehingga terhindar dari risiko yang membahayakan semisal Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan lain-lain. Secara regulasi sebenarnya sudah memadai. Peraturan Presiden (Perpres) 69/2008 tentang Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan (PP TPPO) kemudian diperbarui Perpres 22/2021 cukup jelas memberi arahan. Dilengkapi Perpres 19/2023 Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanganan TPPO 2020-2024 (RAN PP TPPO) sebagai kerangka kerja koordinatif Gugus Tugas PP TPPO. Kini terpulang pada komitmen. Cukup sudah tragedi menimpa saudara kita entah itu kembali dalam wujud jenazah, sakit, depresi, hilang ingatan atau cacat. Sekali lagi, membahas fenomena pekerja migran tak bisa memandang satu sisi saja. Melibatkan banyak aspek. Meningkatnya angka pekerja migran ilegal dilatarbelakangi beragam pemicu. Pertama keterbatasan pengetahuan masyarakat baik itu bahaya TPPO, informasi tata cara dan prosedur menjadi pekerja migran. Kedua, bicara derasnya arus pekerja ke luar tak lepas dari kondisi di dalam negeri. Mengacu ke laporan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), PMI korban TPPO dipicu tuntutan hidup (pekerjaan). Sulitnya lapangan kerja di dalam negeri sering bikin frustasi. Akhirnya memilih mengadu nasib ke negeri seberang. Semakin dilematis mengingat PMI banyak berasal dari desa. Kalau dulu desa berjaya sektor perkebunan dan pertanian, sekarang mulai ditinggalkan. Mahalnya pupuk dan minimnya dukungan Pemerintah menyebabkan sektor-sektor tadi dianggap tidak lagi efisien, efektif dan bernilai ekonomi. Idealnya bertambahnya dana desa dapat dipakai guna merevitalisasi produktivitas desa yang kian merosot. Dengan begitu desa tidak ditinggalkan.

Kolaborasi 

Berdasarkan pemaparan, perlu kolaborasi segenap pemangku kepentingan. Tindakan ditempuh hulu ke hilir. Hulu berupa pencegahan, hilir penanganan korban. Pencegahan diharapkan antara lain mendorong pembangunan ekonomi melalui usaha mikro, kecil, dan menengah di perdesaan; gerakan pendidikan pemberdayaan perempuan mandiri; serta program pendidikan kecakapan kerja dan pendidikan keterampilan wirausaha. Makanya ini pekerjaan besar. Sulit andalkan lembaga dan kementerian saja. Peran daerah penentu. Dalam konteks daerah, Riau boleh dibilang tempat keluar masuk PMI dan TKI. Menimbang daerah dianugerahi perbatasan laut. Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Penanganan dan Pencegahan TPPO PMI di Lintas Perbatasan Laut menyatakan bahwa Riau salah satu garda terdepan memerangi TPPO yang sebagian besar menyasar PMI. Keberadaan aturan turunan di tingkat daerah diyakini bakal membantu. Sejumlah daerah seperti Jawa Timur, Jawa Barat dan seterusnya sudah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) pelaksanaan pelindungan pekerja migran Indonesia. Memang Riau condong tempat transit pekerja migran daerah lain. Namun bukan berarti masyarakat Riau yang bekerja ke luar sedikit. Toh nyebrang modal kapal sampai ke negara tetangga.

Urgensi nyata aturan turunan agar ada upaya memfasilitasi warga yang memilih bekerja ke luar negeri lewat penguatan kualitas SDM. Selama ini tren penempatan PMI tahun ke tahun meningkat. Tetapi menurut data 54 persen tingkat pendidikan PMI adalah SMP ke bawah. Disinilah pentingnya optimalisasi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kerja oleh LPK milik Pemerintah Provinsi dan/atau swasta yang terakreditasi. Masyarakat boleh pekerja migran asal memenuhi syarat kompetensi, keterampilan dan bersertifikasi. Berikutnya peran Pemda memperhatikan anak pekerja migran. Di tingkat pusat ada program Desa Migran Produktif (Desmigratif) menyediakan layanan pengasuhan bagi anak pekerja migran Indonesia (PMI). Program pengasuhan anak PMI tersebut berbasis komunitas yang secara bersama-sama ikut peduli terhadap masa depan anak-anak ditinggal orang tuanya bekerja ke luar negeri. Dengan demikian anak terasuh baik. Konsep ini tentunya tak asing. Model tradisional kehidupan bangsa kita, persis kehidupan di kampung dulu dimana saling peduli ke anak tetangga.

Kita membutuhkan program berorientasi sama di daerah. Pemberdayaan menyasar daerah kantong pekerja migran, membantu memastikan tumbuh kembang anak-anak pekerja migran yang ditinggal orang tuanya, memastikan PMI disertai kemampuan dan wawasan dasar perihal negara tujuan, serta paling utama mengembalikan produktivitas desa ketimbang dana desa dipakai cuman untuk proyek mercusuar. Terakhir, atensi negara ke PMI dan pekerja secara umumnya jangan dianggap beban atau sebatas menggugurkan kewajiban konstitusi. Pandanglah ini misi mulia. PMI telah membantu begitu banyak. Disamping mengurangi kewajiban penyediaan lapangan pekerjaan yang seharusnya diemban oleh negara, mereka pun membawa uang ke dalam negeri.

Penulis : Dr. (H.C.) H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Sabtu, 23 Desember 2023 17:21 WIB
Ibu Penentu Indonesia Emas
Kamis, 14 Desember 2023 17:23 WIB
Sekolah Dan Rekayasa Multidimensional
Kamis, 21 Desember 2023 07:27 WIB
Kunci kesetiakawanan
Kamis, 14 September 2023 08:02 WIB
Riau Yang Menginspirasi
Sabtu, 25 November 2023 10:01 WIB
Guru Dan Perjuangan Tiada Henti
Senin, 18 Desember 2023 07:04 WIB
Dilema Pengungsi Rohingya
Minggu, 19 November 2023 19:02 WIB
Edukasi Keuangan Sejak Dini
Rabu, 22 November 2023 09:31 WIB
Loker Wajib Lapor, Bikin Ribet?
Minggu, 22 Oktober 2023 15:42 WIB
Santri Berdaya Negeri Berjaya
Minggu, 03 Desember 2023 09:08 WIB
Kesetaraan Kunci Pembangunan
Senin, 25 September 2023 11:52 WIB
Darurat Regenerasi Petani
Rabu, 29 November 2023 08:23 WIB
Abdi Negara Penentu Nasib Bangsa
Senin, 11 Desember 2023 08:50 WIB
Jalan Terjal Indonesia Emas
Sabtu, 28 Oktober 2023 11:39 WIB
Pemuda Dan Ancaman Pembusukan
Kamis, 23 November 2023 17:16 WIB
Urgensi Pilkada Serentak
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Sabtu, 25 November 2023 16:21 WIB
Hidup Sehat di Kota Sehat
Jum'at, 03 November 2023 08:31 WIB
Pentingnya Mendidik Mentalitas
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Minggu, 01 Oktober 2023 09:31 WIB
Masih Saktikah Pancasila?
Minggu, 24 Desember 2023 10:16 WIB
Nasib Ibu Kota Negara Pasca Pilpres
Selasa, 07 November 2023 12:13 WIB
Membangun Manusia Desa
Minggu, 17 September 2023 12:06 WIB
Keselamatan Pasien Prioritas Utama
Kamis, 21 September 2023 13:50 WIB
Riau Terhubung Tanda Beruntung
Kamis, 05 Oktober 2023 09:47 WIB
Memutus Rantai Kerusakan Lingkungan
Kamis, 28 September 2023 08:57 WIB
Maulid Nabi Dan Nilai Kepemimpinan
Jum'at, 10 November 2023 15:27 WIB
Regenerasi Jiwa Kepahlawanan
Selasa, 14 November 2023 09:25 WIB
Hubungan Tradisional China-Rusia (Uni Soviet)
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 08 Mei 2024
Ini Pemenang Lomba Karya Jurnalistik Sawit 2024 Elaeis Media Group
Selasa, 07 Mei 2024
Serentak se-Indonesia, Imigrasi Kelas ll TPI Bagansiapiapi Gelar Operasi JAGRATARA
Selasa, 07 Mei 2024
PWI Riau Terima Surat Dukungan Tuan Rumah HPN 2025 dari Pemprov Riau
Senin, 06 Mei 2024
Dispora Minta KONI Pekanbaru Tingkatkan Pembinaan

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia
Senin, 06 Mei 2024
261 Lulusan Sekolah Pascasarjana Unilak Diyudisium
Senin, 06 Mei 2024
Pengurus ASPIKOM Wilayah Riau Periode 2023-2026 Resmi dilantik
Jumat, 03 Mei 2024
Masuk dalam 10 Kampus Islam Terbaik Versi Edurank, UIR akan Terus Tingkatkan Mutu Kampus

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB
Senin, 22 April 2024
Kepala BKPSDM Ikut Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www