Jumat, 19 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Hubungan Tradisional China-Rusia (Uni Soviet)
Selasa, 14 November 2023 09:25 WIB
Hubungan Tradisional China-Rusia (Uni Soviet)

(CAKAPLAH) - Hubungan China dan Uni Soviet telah lama berjalan. Sejak perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat, posisi China lebih dekat dengan Uni Soviet. Dengan idiologi komunis, menempatkan Uni Soviet dan China memiliki kesamanaan dalam membangun kerjasama ekonomi dan keamanan regional. Namun peta politik dan idiologi yang berubah di Uni Soviet dengan bubarnya negara tersebut pada 25 Desember 1991, tidak membuat hubungan tradisional ke dua negara yang sudah berjalan lama tersebut renggang. Pengunduran diri Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev menandai secara resmi Uni Sovyet bubar dan lahirlah Negara-negara yang dulunya bernama Uni Soviet. Uni Soviet digantikan dengan negara yang bernama Rusia. Runtuhnya Uni Sovyet melahirkan 15 negara di wilayah Eropa timur dan Asia Tengah. Dan Uni Soviet di gantikan oleh Rusia sebagai negara yang terbesar dalam negara Uni Soviet.

Tulisan ini mencoba menjelaskan hubungan tradisional Uni Soviet yang digantikan dengan Rusia dengan negara tetangganhya di wilayah Asia Timur yaitu Sino (China). Hubungan kedua negara tidak mengkin dipisahkan dari sejarah berdirinya Uni Soviet. Lebih kurang 69 tahun berdirinya Uni Soviet yang akhirnya runtuh pada 25 Desember 1991 yang diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya muncul gerakan separatisme di negara-negara bawahan Uni Soviet. Apa yang dikenal dengan kebijakan Perestroika yang berusaha mengubah sistem komunisme menjadi lebih demokratis dengan tiga prinsip utama, yaitu Glasnost (keterbukaan politik), Democratizatsiya (demokratisasi) dan Rule of Law (penegakan hukum). Beberapa factor itulah yang menjadi dan mempercepat bubarnya Negara Uni Soviet yang mana negara dengan wilayah kekuasaan terbesar di dunia, bahkan menjadi salah satu negara adikuasa pemenang Perang Dunia kedua.

Setelah era Uni Soviet bubar, peran Rusia sebagai Negara “pengganti” Uni Soviet memainkan peran penting di Eropa Timur dan Asia Timur. Sebagai Negara yang mewarisi sejarah dan idiologi Uni Soviet, Rusia memiliki pengaruh yang cukup besar dan menjadi penyeimbang Amerika Serikat sebagai negara adi daya. Rusia tidak dapat dipandang sebelah mata oleh Amerika Serikat. Invasi Rusia di Ukraina yang dulunya menjadi bagian dari negara Uni Soviet menjadi bukti bahwa Rusia memegang pengaruh di negara Eropa Timur. Amerika Serikat dan negara sekutunya dalam NATO tidak dapat berbuat banyak membantu Ukraina yang awalnya akan menjadi negara yang tergabung dalam NATO. Dan sejak itulah Rusia merasa terancam dan melakukan invasi ke Ukraina.

Aliansi militer Rusia-Sino (China)
Konflik di perairan Laut China Selatan sebenarnya tidak melibatkan Rusia yag memiliki wilayah yang jauh di Laut China Selatan. China yang merasa terancam dengan pengaruh Amerika Serikat di LCS yang mana Amerika Serkat memiliki pangkalan militer di Filipina dan Australia, maka China merasa perlu melakukan kerjasama dengan Rusia untuk mendukung posisinya yang memiliki konflik dengan Negara-negara yang mengklaim wilayahnya di sekitaran LCS. Dan untuk pertama kalinya, Rusia bergabung dengan China dalam latihan dan kerjasama militer di wilayah perairan LCS yang masih dipersengketakan oleh beberapa negara seperti Filipina, Taiwan, Malaysia, Vietnam dan Brunai Darussalam.

Kekalahan China dalam sengketa wilayah dengan Filipina di LCS yang telah diputus oleh Mahkamah Arbitrase Internasional, telah membuat China memperkuat armadanya di LCS. Dan Rusia merupakan Negara yang paling dapat diandalkan jika berhadapan dengan Amerika Serikat. Hubungan yang cukup baik dan lama dari Uni Soviet hingga Rusia, merupakan hal yang terpenting mengapa China mengajak Rusia untuk melakukan kerjasama militer yang secara langsung berhadapan dengan militer Amerika Serikat. Latihan militer Rusia dan China akan mengkonsolidasikan dan membangun koordinasi kerjasama strategis secara menyeluruh antara China dan Rusia. Selain itu, aliansi militer tersebut berupa latihan bersama yang ditujukan untuk memperkuat kerjasama militer kedua negara tersebut yang sama-sama memiliki kepentingan berhadapan dengan Amerika Serikat.

Latihan militer Rusia dan China ini merupakan agenda rutin Beijing dan Moskow yang tidak melibatkan pihak lain selain kedua negara tersebut. Dapat diprediksi bahwa latihan militer antara Rusia dan China tersebut sebagai upaya Cina untuk mendapat dukungan secara militer yang sedang berhadapan dengan Amerika Serikat di Asia Pasifik. Praktis kekuatan militer Cina tidak akan sebanding dengan kekuatan militer Amerika Serikat, tanpa bantuan dari Rusia. Amerika Serikat yang melakukan kerjasama militer dengan Filipina dan Jepang, praktis membuat China mencari dukungan dalam memperkuat pertahanannya. Keterlibatan Rusia dalam konflik di LCS tentu akan semakin membuat situasi di kawasan tersebut tidak aman dan kondusif sebagai jalur perdagangan internasional. Kerjasama militer Rusia dan China dalam latihan militer bersama tentu secara tidak langsung akan mempertemukan 2 kekuatan militer yaitu Amerika Serikat dan Rusia dalam upaya mencari pengaruh kepentingan di wilayah LCS. Selama ini Rusia hanya melakukan latihan militer dengan China di perairan Mediterania dan sekitar perairan Jepang (laut kuning).

Dalam perkembangan konflik di LCS, keberadaan dan posisi China umumnya dibawah bayang-bayang Amerika Serikat yang juga menempatkan pangkalan militernya di Darwin Australia yang tujuannya adalah memantau pergerakan militer China di perairan LCS. Walaupun Amerika Serikat tidak mengklaim wilayah di LCS tersebut, namun Amerika Serikat memiliki kepentingan di kawasan LCS yang merupakan kawasan dan jalur perdagangan internasional yang harus bebas dari kepentingan politik dan keamanan dari negara manapun. Kehadiran Rusia dalam kerjasama militer dengan China di LCS tentunya menjadikan konstelasi politik dan keamanan regional Asia Pasifik semakin dinamis. Aliansi militer yang dibangun oleh China di LCS akan semakin membuat negara tersebut semakin percaya diri dalam membangun kekuatan militernya khususnya di kawasan LCS yang masih dipersengketakan.

Keikutsertaan militer Rusia dalam latihan bersama di LCS merupakan langkah awal dalam membangun kemitraan yang strategis dengan China. Hubungan militer antara Rusia dan China bukanlah pertama kali. Sejak Uni Soviet berdiri, kerjasama Sino (China) sudah terjalin dan rutin dilakukan. Aliansi militer Uni Soviet dan Republik Rakyat China telah terbangun semenjak tahun 1950. Tercatat dalam sejarah pada tanggal 15 Februari 1950, Uni Soviet dan Republik Rakyat China, dua negara komunis terbesar di dunia mengumumkan penandatanganan kerja sama pertahanan keamanan. Perjanjian kerjasama militer tersebut dilakukan di Moskow yang dihadiri oleh pemimpin China Mao Zedong dan Perdana Menteri Zhou En-lai dan pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin dan Menteri Luar Negeri Andrei Vishinsky.

Dalam perjanjian tersebut Uni Soviet memberikan bantuan kredit sebesar US$300 juta kepada China untuk membangun kekuatan militernya. Hal tersebut juga mengembalikan pengawasan jalur utama kereta api di Port Arthur dan Dairen di Manchuria dari Uni Soviet ke Cina. Sebelumnya, jalur tersebut dikuasai pasukan Uni Sovyet menjelang akhir Perang Dunia II. Aliansi pertahanan tersebut juga merupakan jawaban untuk mengantisipasi terjadinya kembali tragedi Perang Dunia kedua akibat agresi militer negara lain di masa depan. Bahkan, Zhou En-lai dengan bangga mengklaim aliansi tersebut menciptakan sebuah kekuatan yang mustahil untuk dikalahkan. Dalam perjanjian tersebut merupakan bukti yang konkret dalam memperkuat sistem monolitik negara-negara komunis ketika itu. Sudah 66 tahun aliansi tersebut berlalu dan kini Rusia dan China membangun kembali aliansi militer tersebut dengan perspektif yang berbeda yaitu membangun aliansi strategis di kawasan Asia Pasifik.

Aliansi yang dibangun Rusia dengan China tentu sebagai upaya menjaga stabilitas regional kawasan Asia Pasifik. Vradimir Putin dalam beberapa kesempatan menyebut bahwa aliansi militer yang dibangun dengan China salah satunya adalah untuk mengantisipasi dan mengimbangi strategi Amerika Serikat yang sudah berniat menambah kekuatan maritimnya kawasan di Asia Pasifik pada tahun 2020. Namun sebaliknya pula Vradimir Putin juga menginginkan adanya kemitraan bersama-sama dengan negara lainnya yang secara bersama-sama menjaga dan memperkuat keamanan di kawasan Asia Pasifik. Oleh karena itulah Rusia dan China ingin mempertahankan hubungan militer dengan melakukan latihan militer secara bersama-sama. Rusia mendukung pembentukan arsitektur keamanan dan kerjasama yang terbuka dan sejajar di kawasan Asia Pasifik berdasarkan Hukum Internasional.

Penulis : Hasrul Sani Siregar, S.IP, MA Alumni Ekonomi-Politik Internasional, IKMAS UKM, Malaysia
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Internasional, Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Kamis, 14 September 2023 08:02 WIB
Riau Yang Menginspirasi
Minggu, 22 Oktober 2023 15:42 WIB
Santri Berdaya Negeri Berjaya
Senin, 25 September 2023 11:52 WIB
Darurat Regenerasi Petani
Sabtu, 28 Oktober 2023 11:39 WIB
Pemuda Dan Ancaman Pembusukan
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Jum'at, 03 November 2023 08:31 WIB
Pentingnya Mendidik Mentalitas
Jum'at, 19 Mei 2023 08:04 WIB
Modal Sosial Kebangkitan Nasional
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Minggu, 01 Oktober 2023 09:31 WIB
Masih Saktikah Pancasila?
Selasa, 07 November 2023 12:13 WIB
Membangun Manusia Desa
Kamis, 01 Juni 2023 09:30 WIB
Tameng Itu Bernama Pancasila
Sabtu, 08 Juli 2023 08:53 WIB
PPDB: Momen Membangun Mentalitas
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Minggu, 17 September 2023 12:06 WIB
Keselamatan Pasien Prioritas Utama
Kamis, 21 September 2023 13:50 WIB
Riau Terhubung Tanda Beruntung
Rabu, 25 Oktober 2023 17:54 WIB
Estafet Perjuangan Kesehatan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Jum'at, 04 Agustus 2023 11:05 WIB
Ketersediaan Beras Dukung Pertumbuhan Ekonomi
Kamis, 05 Oktober 2023 09:47 WIB
Memutus Rantai Kerusakan Lingkungan
Kamis, 28 September 2023 08:57 WIB
Maulid Nabi Dan Nilai Kepemimpinan
Jum'at, 10 November 2023 15:27 WIB
Regenerasi Jiwa Kepahlawanan
Kamis, 19 Oktober 2023 11:18 WIB
Cawe-Cawe Ala Feodalisme
Kamis, 28 September 2023 18:25 WIB
Pusat Studi Kawasan Asia Tenggara
Jum'at, 10 November 2023 10:12 WIB
Wajah Kota Masa Depan
Senin, 11 September 2023 07:05 WIB
Judi Bikin Merugi
Sabtu, 07 Oktober 2023 15:15 WIB
Pasang Surut Hubungan Indonesia-Malaysia
Kamis, 12 Oktober 2023 08:03 WIB
Dilema Pendidik Zaman Now
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 19 April 2024
Rahmansyah Bacawako Pekanbaru Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat dan Tokoh
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www