Senin, 06 Juli 2020

Breaking News

  • KPK Tuntut Direktur PT Mitra Bungo Abadi 10 Tahun Penjara Dalam Kasus Korupsi Jalan Poros di Bengkalis   ●   
  • Bos Pertamina Gerah Diserang Gara-gara Harga BBM Tak Turun   ●   
  • 10 Staf DPR RI Dinyatakan Positif Covid-19   ●   
  • Pelantikan Pengurus DPD I Golkar Riau Ditunda karena Covid-19   ●   
  • DPD RI Tetap Tolak Pilkada Serentak 9 Desember 2020   ●   
  • Kejaksaan Agung akan Periksa Jaksa Penuntut 2 Polisi Penyiraman Novel Baswedan   ●   
  • Kecewa Putusan Bebas Tiga WNA, Mahasiswa Demo PN Bengkalis   ●   
  • Bulan Depan Pemko Pekanbaru 'Lelang' Jabatan Sekda dan Kepala OPD   ●   
  • Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP   ●   
  • Infeksi Virus Corona di Seluruh Dunia Tembus 10 Juta Kasus
Yamaha 1 Juli 2020

CAKAP RAKYAT
Pilkada dan Demokrasi Riau
Jum'at, 24 Januari 2020 14:26 WIB
Pilkada dan Demokrasi Riau
Yuhestia Rosalin

Geliat demokrasi belum usai. Setelah memeriahkan pesta demokrasi pada tahun 2019 dengan pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif (DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota) dan dewan perwakilan daerah (DPD), tahun 2020 Indonesia kembali menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, tepatnya pada tanggal 23 September 2020. Daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak yaitu 9 Provinsi dan 224 kabupaten dan 37 kota.

Provinsi yang akan melaksanakan pemilihan gubernur antara lain Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Untuk pemilihan bupati/walikota, dua provinsi yang tidak melaksanakan pemilihan pada tahun 2020 adalah provinsi Aceh dan DKI Jakarta.

Di provinsi Riau, Pilkada akan dilaksanakan di 9 kabupaten/kota, yaitu kota Dumai, kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Pelalawan, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti.

Indeks Demokrasi

Demokrasi berasal dari Bahasa Yunani yaitu demos (rakyat) dan kratos (kekuasaan/kekuatan) yang secara harfiah dapat diartikan sebagai kekuasaan rakyat. Dahl (1989) dalam bukunya Democracy and Its Critics menuliskan demokrasi yang ideal yaitu warga negara yang memilih pejabatnya sendiri melalui pemilihan umum yang bebas dan adil, dengan hak pilih inklusif, hak untuk mencalonkan diri untuk jabatan, dan kebebasan berekspresi.

Indeks demokrasi Indonesia (IDI) adalah alat ukur obyektif dan empirik terhadap kondisi demokrasi di Indonesia. Pengukuran IDI tidak hanya mengukur hasil kinerja pemerintahan juga birokrasi, tapi juga mempertimbangkan penerjemahan demokrasi dari aspek peran masyarakat, lembaga legislatif, peran DPRD, partai politik, dan lembaga peradilan dan hukum.

Dalam mengukur IDI, BPS menggunakan empat sumber data yaitu review surat kabar lokal, review dokumen seperti Peraturan Daerah dan Peraturan Gubernur, hasil Focus Group Discussion (FGD) dengan pihak terkait, serta wawancara mendalam. Tingkat capaian IDI diukur berdasarkan pelaksanaan dan perkembangan tiga aspek, sebelas variabel, dan 28 indikator.

Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2018 di Provinsi Riau mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya menjadi 77,59. Dari angka tersebut, capaian kinerja demokrasi di Riau masuk dalam level “Sedang”. Pergerakan IDI dipengaruhi oleh tiga aspek yaitu kebebasan sipil, hak-hak politik dan lembaga demokrasi.

Dari ketiga aspek tersebut, hanya aspek hak-hak politik yang mengalami penurunan. Sedangkan aspek kebebasan sipil dan lembaga demokrasi mengalami peningkatan. Indeks kebebasan sipil dihitung berdasarkan ukuran kebebasan dalam hal seperti berbicara, beragama, pilihan ekonomi, berserikat, berkumpul termasuk kebebasan dari diskriminasi.

Meskipun dinamakan kebebasan namun dalam demokrasi bisa meningkatkan dan juga mengurangi kebebasan. Sebaiknya kebebasan ini dibarengi oleh adab dan kecerdasan dalam berekspresi agar tidak menjadi kebablasan sehingga dapat menimbulkan persoalan di masa yang akan datang dan bisa menghambat kebebasan itu sendiri.

Aspek lembaga demokrasi terkait dengan kinerja lembaga DPRD dan birokrasi pemerintah serta partai politik. Peningkatan indeks ini masih dapat dimaksimalkan dengan cara menjalankan semua fungsinya secara optimal dan efektif. Peran partai politik peserta Pemilu yang sudah bekerja keras sepanjang tahun 2018 hingga menjelang Pemilu pada April 2019 melakukan kaderisasi dalam menjaring calon legislatif di DPR/DPRD dinilai cukup intensif selama kampanye berlangsung hingga Pilkada tahun 2020.

Meningkatnya partisipasi pemilih dengan kualitas Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan persentase penduduk yang menggunakan hak pilihnya yang menunjukkan kesadaran masyarakat Riau dalam menggunakan hak pilihnya. Namun hal ini belum sepenuhnya tercermin pada indeks hak-hak politik.

Tantangan

Hajatan akbar pada bulan April 2019 meninggalkan catatan kelam Pemilu 2019 yang memakan korban petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) meninggal. Berdasarkan data yang dihimpun Kemenkes, tercatat lebih dari 500 jiwa yang meninggal dan lebih dari 11.000 orang sakit. Data tersebut tersebar di 28 provinsi. Selain faktor kelelahan atas beban pekerjaan yang menuntut diselesaikan dengan cepat dan tepat, juga disebabkan oleh penyakit bawaan yang diderita korban seperti gagal jantung, stroke, kegagalan multi organ dan lainnya.

Hal ini dapat menjadi pelajaran berharga bagi penyelenggaraan pemilu berikutnya agar lebih memperhatikan beban kerja dan waktu yang dibutuhkan untuk menghitung hasil Pemilu legislatif dengan pemilihan presiden secara bersamaan.

Jika dilihat dari capaian IDI Riau selama ini mengalami fluktuasi. Sejak tahun 2009 hingga tahun 2015, Angka IDI di Riau terus menurun walaupun masih tergolong sedang dengan kisaran indeks 60-80, tetapi sejak tahun 2016 angka IDI terus menunjukkan perbaikan hingga puncaknya mencapai angka 77,59 pada tahun 2018.

Meskipun angka IDI pada tahun 2018 merupakan angka tertinggi sejak 2009, namun hal ini jangan membuat kita terlena terhadap pencapaian tersebut. Masih banyak pekerjaan rumah bagi semua pihak terutama pada aspek yang mengalami penurunan seperti hak-hak politik. Salah satu indikasi penurunan kinerja ini disebabkan oleh meningkatnya ancaman kekerasan atau mengarah pada tindak kekerasan terhadap masyarakat.

Pendidikan politik menjadi perlu di kalangan masyarakat untuk mengatasi ancaman kekerasan di masyarakat, termasuk juga kebebasan dalam berkeyakinan, berkumpul dan bermasyarakat, khususnya gender agar lebih mengutamakan sikap sopan santun dalam berekspresi. Lembaga demokrasi diharapkan dapat menyelenggarakan Pilkada yang bersih dari kecurangan dan politik uang, mencegah pelanggaran dan mendorong terwujudnya transparansi dalam proses Pilkada pada bulan September mendatang.

Partisipasi partai politik dalam memilih calon kepala daerah dan wakilnya agar lebih bijaksana dengan melihat komitmen, keberanian dan ketegasan dalam memenuhi janji politik dan bukan kepentingan kekuasaan semata. Sayang sekali kader yang memiliki idealisme dan integritas menjadi rusak karena kecurangan dalam pemilu dan kerakusan sejumlah oknum partai politik dengan bebagai manuver politik kotor seperti politik uang dan black campaign yang masih berjalan.

Menghadapi Pilkada di depan mata, masyarakat diharapkan lebih waspada dan tidak mudah terpancing dengan berita-berita bohong yang tidak bertanggung jawab seperti politisasi agama, provokasi dengan ujaran kebencian dan sentimen isu sara, hingga ancaman dengan kekerasan yang dapat membuat suasana pilkada cukup panas.

Masyarakat jangan mudah tergiur dengan politik uang dalam arti pemberian keuntungan material yang tak hanya uang tapi juga berupa barang-barang atribut kampanye seperti kaos, kalender dan juga termasuk sejumlah acara-acara terselubung pada acara sosial kemasyarakatan misalnya acara keagaaman, perlombaan olahraga, pentas musik dan lainnya.

Semoga semua pihak baik penyelenggara dan peserta pilkada dapat menciptakan suasana yang aman, damai, kondusif dan harmonis serta masyarakat dapat memilih sesuai dengan hati nurani. Demokrasi merupakan tanggung jawab kita bersama dengan harapan kita menjadi bangsa yang bersatu dalam membangun Indonesia.

Penulis : Yuhestia Rosalin (Statistisi Ahli BPS Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Minggu, 05 Juli 2020 21:02 WIB
Berdayakan Ormas untuk Kepentingan Bangsa
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Kamis, 28 Mei 2020 13:27 WIB
Setengah New Normal
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Sabtu, 02 Mei 2020 10:27 WIB
Refleksi Milad ke-88 Pemuda Muhammadiyah
Sabtu, 30 Mei 2020 19:04 WIB
New Normal Jangan Ngasal
Selasa, 07 April 2020 12:00 WIB
Ayolah, Jangan Gamang
Sabtu, 11 April 2020 08:24 WIB
Kampanye #JanganMudik
Kamis, 20 Februari 2020 19:04 WIB
3 And 1
Rabu, 01 Januari 2020 09:00 WIB
2020, Tahun Para Milenial
Selasa, 31 Desember 2019 17:01 WIB
2020, Tahun Para Milenial
Senin, 16 September 2019 15:00 WIB
Darurat Asap dan KPK
Jum'at, 17 April 2020 21:05 WIB
Membaca PSBB Pekanbaru
Senin, 05 Agustus 2019 14:48 WIB
Waspada Musim Rawan Korupsi
Senin, 30 Maret 2020 09:34 WIB
Saatnya Politisi Unjuk Gigi
Minggu, 20 Oktober 2019 10:00 WIB
Menanti Kejutan PERPPU
Jum'at, 06 September 2019 14:32 WIB
Menakar Panggung Politik Riau
Selasa, 03 Juli 2018 19:36 WIB
Kesatria Politik
Kamis, 26 Maret 2020 08:36 WIB
Planning Under Pressure Akibat Covid-19
Komentar
Berita Pilihan
Minggu, 28 Juni 2020
Video Jokowi Marah 18 Juni, Kenapa Baru Dirilis Sekarang?
Minggu, 28 Juni 2020
Keroyok 5 Polisi, 11 WNA Nigeria Ditangkap Polda Metro
Minggu, 28 Juni 2020
Ratusan Warga Uji Swab dan Rapid Test di Pasar Agus Salim, Ini Hasilnya
Minggu, 28 Juni 2020
Ini Penyebab PPDB Jalur Zonasi di Riau Banyak Diprotes
Sabtu, 27 Juni 2020
Unilever, Coca Cola Dkk Setop Iklan di Facebook, IG & Twitter
Sabtu, 27 Juni 2020
Putusan Sudah Inkrah, 1.300 Hektare Lahan Gondai Diminta Segera Dieksekusi
Kamis, 04 Juni 2020
Terungkap! Miliaran Rupiah Duit Korupsi Jiwasraya untuk Main Judi Kasino
Rabu, 03 Juni 2020
Chef Peterseli Kitchen Pekanbaru Wakili Indonesia di Kompetisi Chef International
Rabu, 03 Juni 2020
Curi Tiga Tandan Sawit untuk Beli Beras, Ibu Tiga Anak di Rohul Dihukum Percobaan
Selasa, 02 Juni 2020
PPDB SMA/SMK di Riau Dimulai 17 Juni
Selasa, 02 Juni 2020
Pasien Positif Sembuh dan Tidak Ada Tambahan, Pekanbaru Sudah Masuk Zona Kuning
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 06 Juli 2020
Disiplinkan Masyarakat, Babinsa Koramil 07/Kampar Sosialisasi Protokol Kesehatan Cegah Covid-19
Senin, 06 Juli 2020
Sambut HUT RI Ke-75, Koramil 02 Rambah Pasang Umbul-umbul
Minggu, 05 Juli 2020
Peduli Desa Binaan, Babinsa Koramil 11/Tambusai Ajak Warga Perbaiki Lapangan Sepak Bola
Minggu, 05 Juli 2020
Babinsa Koramil 01/Bkn Gelar Komsos dengan Tokoh Masyarakat

Serantau lainnya ...
Sabtu, 04 Juli 2020
Lebih dari 5 Juta Orang Berebut Dapatkan Air Jordan 1 x Dior
Rabu, 18 Maret 2020
7 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan
Kamis, 05 Maret 2020
Cegah Virus Corona, Ini Dia Tips Dari Dompet Dhuafa
Minggu, 23 Februari 2020
Nikmati Perjalanan Wisatamu Dengan Bus Tiara Mas

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 29 Juni 2020
DPRD Riau Gelar Paripurna LHP BPK RI Atas Laporan Keuangan Pemprov Riau Tahun 2019
Senin, 08 Juni 2020
Warga Rumbio Sumringah Didatangi Bupati Kampar dan Terima BLT
Selasa, 14 April 2020
Bantu Penanganan Covid-19, Pertamina dan Hiswana Migas Serahkan APD ke Pemprov Riau
Kamis, 27 Februari 2020
PGN Rutin Lakukan Pemeliharaan Transmisi dan Jalur Distribusi

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 04 Juli 2020
Sony Bakal Berubah Nama?
Selasa, 30 Juli 2019
Telkomsel Bundling Smartphone 4G dengan Cashback hingga Rp2 Juta
Minggu, 21 Juli 2019
5 Keunggulan ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Rp130 Jutaan
Jumat, 19 Juli 2019
Dell Rilis Laptop Gaming G7 Seharga Rp27 Jutaan

Tekno dan Sains lainnya ...
Sabtu, 04 Juli 2020
Minta Disetop, Pakar Sebut Rapid Test Sangat Tak Akurat, Publik Rugi
Selasa, 12 Mei 2020
Cegah Penularan Wabah, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2020 Bentuk Tim Relawan Covid-19
Kamis, 09 April 2020
Wangi Jahe Merah dan Kopi Petani Hutan Saat Pandemi Covid-19
Jumat, 20 Maret 2020
Golongan Darah 'O' Lebih Kebal Terhadap Corona, Benarkah?

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 03 Juli 2020
Prodi Ilmu Komunikasi Univrab Gelar Penyuluhan Covid-19 di Pekanbaru
Senin, 29 Juni 2020
Tim PKM Dosen Fekon Unilak Bantu Manajemen Bank Sampah di Rumpes
Senin, 29 Juni 2020
Tanggap Covid-19, Tim Kukerta Unri Semprot Disinfektan dan Bagi-bagi Hand Sanitiser Di Sungai Beringin
Jumat, 26 Juni 2020
Layanan PMB Unilak Sesuai Proktokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Kampus lainnya ...

PCR Juni 2020
Terpopuler

05

Polres Rohul 27 Juni 2020
Foto
Pemkab Siak New Normal 17 Juni 2020 Ok
Unilak Juli 2020
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
AMPI Riau
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia
Rabu, 11 Maret 2020
Besok, Didi Kempot akan Goyang Ribuan Sobat Ambyar Pekanbaru
Selasa, 18 Februari 2020
Ashraf Sinclair Suami BCL Meninggal Dunia

Selebriti lainnya ...
Pesonna Hotel Pekanbaru - April 2020
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
APRIL RAPP - Waisak 7 Mei 2020
Sabtu, 04 Juli 2020
Batas Usia Daftar Haji Diminta Lebih Muda
Jumat, 12 Juni 2020
Ini Tiga Golongan yang Diberikan Ujian oleh Allah SWT
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran
Sabtu, 04 Mei 2019
Ketika Nabi Muhammad Diolok-olok

Religi lainnya ...
APRIL HUT KAMPAR
Indeks Berita
Imlek 2019 RAPP
www www