Sabtu, 23 Oktober 2021

Breaking News

  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19   ●   
  • Pansus Bisa Jadi Dasar Ketegasan Pemerintah Atasi Konflik Perusahaan Vs Masyarakat Riau   ●   
  • Pekanbaru Juara Kejurda U14, Bukti Pembinaan Sepakbola Berjenjang Kelompok Usia Berjalan Baik   ●   
  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen
Yamaha 23 Oktober 2021

CAKAP RAKYAT
Mencari Berkah Dalam Syariah
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC MM.

Rencana menkonversi Bank Riau Kepri (BRK) konvensional ke syariah semakin menguat. Progres pun terus digesa. Gubernur Riau dalam sejumlah kesempatan menyatakan harapan untuk mewujudkannya sesegera mungkin. Sinyalemennya pun dipertegas di tahun 2021. Pihak BRK tentu paling antusias menyusul dua BPD yang telah terlebih dahulu konversi ke syariah yakni Bank Aceh dan Bank NTB.

Keinginan mulia ini patut diapresiasi. Alasan paling mendasar tentu karena Riau dengan budaya Melayu kental dengan nilai keislaman, yang mencakup segala lini kehidupan termasuk ekonomi. Namun episentrum tentu tak semata sentimen keagamaan. Potensi ketika BRK dikonversi ke syariah juga menjanjikan. Dari data dan informasi, apabila dikonversi ke syariah akan memberikan kontribusi bagi peningkatan pangsa pasar perbankan syariah nasional. Dengan profil aset senilai Rp. 25,5 Triliun, membuat BRK berpeluang masuk jajaran 10 bank syariah terbesar di Indonesia, bahkan berpeluang masuk 5 besar. Sekarang bagaimana peluang dan optimisme tersebut diawali dengan mematangkan segala sesuatu “di atas kertas”.

Lembaga legislatif, khususnya Komisi III bidangnya meliputi BUMD mendukung sepenuhnya keinginan Pemprov Riau dan BRK. Baik itu demi capaian yang lebih baik untuk daerah terlebih lagi dalam bingkai spirit beragama. Akan tetapi karena BUMD unit penting bagi Pemda yang di dalam Pasal 8 ayat 1 Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Riau nomor 2 tahun 2016 tentang tata kelola BUMD sumber berupa penyertaan modalnya memakai APBD, wajar muncul permintaan perencanaan mendetail dan paripurna. Karena kita tidak ingin konversi ke syariah untuk menghindari ketatnya kompetisi dengan bank lain, dan memandang syariah sebagai “pelarian”.

Sudah rahasia umum BMD dicap lebih mengandalkan dana dan transaksi Pemda saja. Sementara untuk merebut Dana Pihak Ketiga (DPK), BPD kewalahan bersaing dengan bank lain. Citra ini perlu diperbaiki. Kita ingin ekonomi syariah dipilih atas keyakinan satu-satunya jalan terbaik memperkuat perekonomian dan sarana mewujudkan kesejahteraan umat dan masyarakat. Sejarah mencatat kontribusi ekonomi Islam peradaban dunia, baik secara teori hingga empirik. Di era modern ekonomi syariah bersinar. Dilansir dari e-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, dari penelitian periode 2007-2012 selama krisis subprime dan eurozone di 13 negara menunjukkan bahwa bank syariah lebih stabil dibandingkan dengan bank konvensional.

Syariah Pilihan Tepat

BRK telah berada di jalan lurus dengan memilih syariah. Tinggal bagaimana asas pengelolaan BUMD yang diatur dalam Perda tentang BUMD dapat dipenuhi. Mulai asas perencanaan berupa sinergitas ke depan dengan pembangunan daerah; Asas Pengorganisasian berupa evaluasi dan proyeksi profesionalitas pengelolaan dan manajemen; Asas pengendalian dan pengawasan agar menjaga pelaksanaan kegiatan BUMD sesuai dengan arah dan tujuan yang telah ditetapkan; Asas Pertanggungjawaban atas setiap bentuk pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan oleh pengurus; dan asas Kemanfaatan bagi masyarakat Riau dan umum. Mengingat upaya BRK masih di fase awal segala sesuatu perlu dimatangkan dengan mempedomani asas tadi. Seumpama niat berhijrah, tentu tidak cukup modal jargon saja. Karena berhijrah menuntut komitmen di awal. Harus ada kontemplasi dan pengakuan atas kesalahan di masa lalu serta merencanakan dan melakukan perbuatan baik guna menutupi kesalahan masa lalu. Tanpa amalan yang konsisten dan berkesinambungan maka hijrah bak tobat samba lado.

Jangan sampai konversi meninggalkan masalah di BRK “lama” lalu beralih ke BRK “baru” dengan memunculkan masalah baru. Apalagi ada embel syariat yang dibawa punya pertanggungjawaban lebih berat. Setakat ini pihak BRK sendiri sudah menyampaikan kajian dan tahapan menuju syariah ke DPRD Riau, meski dari segi detail perencanaan masih perlu pengayaan. Ke depan komunikasi pihak BRK ke pihak legislatif sebagai mitra kerja Pemprov Riau perlu ditingkatkan agar terjalin komunikasi dua arah dan satu persepsi. Begitujuga kepada para nasabah BRK yang berhak atas informasi. Hal pokok yang perlu diyakinkan adalah rencana penguatan kapasitas dan kapabilitas keorganisasian dan manajemen untuk menopang jalannya prinsip ekonomi syariah. Sehingga manfaatnya dirasakan bagi pembangunan daerah dan khususnya masyarakat Riau. Karena ekonomi Islam egaliter dan tidak mengenal sekat bagi pemeluk agama manapun, sebagai wujud ajaran Islam rahmatan lil alamin.

Sebagai informasi, selama ini peran BUMD terhadap penambahan pendapatan daerah belum optimal. Maka ketika konversi ke syariah besar harapan BRK mampu melakukan terobosan. Untuk dapat merealisasikan kontribusi dan perannya, perbankan syariah butuh dukungan infrastruktur memadai seperti di antaranya regulasi, kesiapan teknologi, hingga investasi sumber daya. Dan ini dapat dipahami sepenuhnya oleh lembaga legislatif. Terkait Sumber Daya Manusia (SDM) ada catatan khusus. Karena dalam menentukan gagasan dan produk apa nantinya yang ditawarkan BRK untuk mencapai misi tentu butuh improvisasi dan inovasi. Hanya SDM yang mumpuni dari segi pengetahuan syariat dan konsep operasional BUMD mampu melakukannya, dimulai dari pucuk pimpinan. Mengingat konsep dipakai syariat Islam, sangat ditekankan profesionalisme dan kualifikasi SDM dari BRK. Sebagaimana sabda Nabi: “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancurannya” (HR. Al Bukhari). Makna “kehancuran” di sini sangat keras dan fatal, kehancuran bagi organisasi dan pelanggarnya.

Misi Mulia

Dari pemaparan dapat disimpulkan bahwa misi BRK menuju syariah teramat istimewa. Mengejar keberkahan dalam bingkai syariah membutuhkan itikad kuat. Kita sebagai entitas Riau sangat bersyukur atas pilihan itu. Namun perlu diulangi lagi, tujuan ekonomi Islam tak sekedar mengakumulasi sentimen agama. Syariat yang diturunkan kepada manusia demi kebaikan manusia. Allah SWT maha kaya tak butuh apapun dari kita, kitalah yang membutuhkannya. Artinya pilihan ekonomi syariah demi kebaikan kita. Nilai kebaikan tersebut tampak dari tiga prinsip derivatif yang menjadi karakter sistem ekonomi Islami yaitu: multitype ownership dimana Islam mengakui kepemilikan pribadi, negara dan campuran namun semua hanya titipan dari Allah SWT; freedom to act yang memberi kebebasan manusia untuk berusaha; dan social justice yang menghendaki kepedulian dan mencegah terjadinya ketimpangan di tengah masyarakat.

Prinsip-prinsip ekonomi Islam di atas merupakan buku manual bagi sektor yang menjalankan syariah, yang jika dijalankan dengan seksama dampaknya akan sangat luar biasa. Prinsip tersebut selaras dengan tujuan BUMD sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan. Disamping menambah pundi pendapatan bagi Pemda juga tugas dan kewajiban untuk membantu bergeraknya perekonomian daerah dan tugas memberi kemanfaatan umum bagi masyarakat Riau. Sekarang tinggal bagaimana pihak BRK mempersiapkan diri secara totalitas dalam rangka memenuhi prinsip syariah untuk mencapai keberkahannya. Mengharapkan kebaikan harus dibarengi dengan rencana untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk, bukan kemungkinan terbaik saja. Keyakinan kita tetap konversi ke syariah niscaya akan membawa perubahan lebih baik bagi keuangan syariah dan pengembangan ekonomi sekaligus salah satu motor penggerak perekonomian daerah. Ikhtiar BRK akan tercatat sebagai salah satu fragmen krusial dalam perkembangan ekonomi Islam di Indonesia. Ke depan layanan keuangan syariah boleh jadi tidak hanya menjadi pilihan alternatif saja, namun seperti layanan mainstream layaknya bank konvensional. 

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC MM, (Anggota Komisi III DPRD Riau)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Minggu, 19 September 2021 19:24 WIB
Menata Bahasa demi Alam Semesta
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Kamis, 16 September 2021 21:10 WIB
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
Kamis, 23 September 2021 20:46 WIB
Misi Penyelamatan UMKM
Selasa, 28 September 2021 08:08 WIB
Sejahterakan Petani Demi Keberlangsungan Negeri
Rabu, 06 Oktober 2021 08:02 WIB
RTRW Dan Arah Pembangunan Riau
Minggu, 10 Oktober 2021 07:01 WIB
Mengawal Spirit Otonomi Daerah
Jum'at, 27 Agustus 2021 08:16 WIB
Mengurai “Benang Kusut” Aset Daerah
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Jum'at, 24 September 2021 19:03 WIB
Baba dan Nyonya di Malaka
Sabtu, 06 Februari 2021 16:44 WIB
Runtuhnya Demokrasi di Myanmar?
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Kamis, 28 Mei 2020 13:27 WIB
Setengah New Normal
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Kamis, 18 Juni 2020 19:18 WIB
Indonesia Darurat Implementasi Pancasila
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Rabu, 13 Oktober 2021
Semua Orang Sama Dimuka Hukum, Junimart : Penegak Hukum Mosok Dibiarkan Melanggar Hukum
Rabu, 06 Oktober 2021
Banyak Permasalahan di DKI Jakarta, Alasan Baleg DPR Dukung Pemindahan Ibukota Baru
Senin, 04 Oktober 2021
Ketua MPR: PPHN Keniscayaan Diamanatkan Oleh Konstitusi
Selasa, 28 September 2021
Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono Sebut Indonesia Negara Maritim yang Kekuatan Lautnya Lemah

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 23 Oktober 2021
Konferkab PWI Bengkalis Digelar, Ini Harapan Bupati Kasmarni
Sabtu, 23 Oktober 2021
Polsek Pangkalan Kuras Kerahkan Personel untuk Pantau Vaksinasi di Desa Sido Mukti
Sabtu, 23 Oktober 2021
Dukung Kebijakan Pemerintah, Polsek Ukui Gelar Vaksinasi di Desa Ukui Dua
Sabtu, 23 Oktober 2021
Personel Polsek Pangkalan Lesung Kembali Gelar Patroli Karhutla

Serantau lainnya ...
Kamis, 14 Oktober 2021
Kini Semakin Mudah Miliki Rumah di D'Village Regency 3, Ada Promo Bunga Hanya 2,3% Fixed 3 Tahun
Senin, 04 Oktober 2021
Memukau, Model AMS Sukses Peragakan Rancangan Busana Siswa SMKN 3 Pekanbaru
Senin, 04 Oktober 2021
Dea Gita Ningsih, Penulis Asal Pekanbaru yang Merangkum Senja dalam Sebuah Buku
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Kamis, 21 Oktober 2021
Ubah Citra, Facebook akan Ganti Nama Perusahaan?
Senin, 04 Oktober 2021
Trump Minta Hakim Paksa Twitter Kembalikan Akunnya
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui

Tekno dan Sains lainnya ...
Sabtu, 23 Oktober 2021
Kisah Penyintas Covid-19, Berpikiran Positif dan Bermental Baja hingga Sembuh
Senin, 04 Oktober 2021
Gaya Hidup Tak Sehat Biang Banyak Anak Muda Derita Penyakit Jantung
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 22 Oktober 2021
Fakultas Pertanian Unri Jalin Kerjasama Kewirausahaan dengan Kadin Riau
Jumat, 22 Oktober 2021
Sempat Tertunda, BEM Institut Master Sukses Gelar Lomba Pildacil Virtual 2021
Rabu, 20 Oktober 2021
UIR Kuasai Dua Nomor di Kompetisi Entrepreunership Award V LLDIKTI X
Selasa, 19 Oktober 2021
Fekonsos UIN Suska Riau Teken MoA dengan FAI UIR

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

April HUT 3 Kabupaten 12 Oktober 2021
Terpopuler
DPRD Riau - Maulid Nabi Muhammad SAW
Foto
DPRD Riau - Sekwan - Maulid Nabi Muhammad SAW
DPRD Riau
Kamis, 21 Oktober 2021
Penampilan Terbaru Ivan Gunawan Ramai Disebut Mirip Nikita Mirzani
Senin, 04 Oktober 2021
Pernah Dimiliki Aktor Terkenal, Ini Penampakan Jam Tangan Termahal di Dunia yang Dihargai Rp243 Miliar
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama

Selebriti lainnya ...
HUT SIAK - 12 Oktober 2021 - Kabag
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
DPRD Riau
Senin, 04 Oktober 2021
Kepengurusan Amphuri Riau-Kepri Resmi Dilantik, Berkhidmat untuk Umat
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos

Religi lainnya ...
DPRD Riau
Indeks Berita
DPRD Riau Ucapan Duka 1DPRD Riau Ucapan Duka 2Pelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakBhayangkara 2021 CAKAPLAHHUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www