Minggu, 26 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 26 September 2021

CAKAP RAKYAT
Buruh Aset Bangsa
Minggu, 02 Mei 2021 11:11 WIB
Buruh Aset Bangsa
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Setiap tanggal 1 Mei yang diperingati sebagai May Day atau Hari Buruh selalu mengungkap dan membahas berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi kaum pekerja seluruh dunia termasuk di Indonesia. Namun dua tahun belakangan problematika yang dihadapi para buruh bereskalasi secara drastis. Kita semua paham betapa peliknya keadaan selama wabah Covid-19 melanda. Walau berdampak hampir ke semua kelompok dan golongan ekonomi, namun paling dirasakan masyarakat ekonomi menengah bawah yang didominasi para pekerja dan buruh. Menyikapi Hari Buruh, kita berharap ada pidato istimewa dan konstruktif dari Kepala Negara hingga pernyataan dari Kepala Daerah untuk memberi pesan dan energi positif bagi para pekerja dan buruh. Paling utama tentunya menjawab kegelisahan yang menghantui kehidupan mereka terkait komitmen pengusaha dan pemerintah terkait upah dan kesejahteraan serta langkah-langkah strategis yang bisa memberi mereka prospek lebih baik ke depan.

Buruh tergolong kelompok paling rentan selama pandemi, terlebih dengan sarana bertahan hidup tanpa sumber pendapatan alternatif. Beberapa bulan pertama pandemi, jumlah pengangguran melonjak seiring pekerja terkena PHK. Berdasarkan perhitungan Pemerintah, skenario berat bakal ada penambahan 2,9 juta orang menganggur di Indonesia. Skenario lebih berat, jumlah pengangguran melonjak hingga 5,2 juta orang. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase pekerja informal semakin meningkat. Sebaliknya, pekerja formal selama Covid-19 justru turun. Menggelumbungnya pekerja informal dari pekerja formal diduga turut disebabkan PHK pekerja dan buruh. Untuk skala Riau, BPS menyebutkan jumlah pengangguran per-Agustus 2020 naik 6,32% dibanding tahun sebelumnya. Di Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi, tingkat pengangguran terbuka diprediksi bisa capai 10 persen. Pemprov Riau dan Pemko mengaku pandemi Covid-19 sebagai pemicu.

Kesulitan memang dirasakan secara global, tapi Riau menghadapi komplikasi permasalahan dan memikul beban berkali-kali lipat. Apalagi status pekerjaan utama dominan di Bumi Lancang Kuning adalah buruh, karyawan dan pegawai yaitu sebesar 43,76 persen. Makin menyesakan kabar dari sektor Migas yang menyerap tenaga kerja cukup besar, mencapai ribuan orang. Di tengah turunnya harga minyak mentah di pasar global dan konsumsi BBM berkurang akibat pembatasan pergerakan manusia, bikin masalah makin kompleks. Sudahlah ancaman terhadap pekerja, sedikit banyak juga berpengaruh terhadap menurunnya pendapatan daerah. Alhasil belanja daerah pun ikut terdampak. Keresahan dirasakan kalangan perusahaan bergerak di sektor Migas. Meski upaya efisiensi terus dilakukan guna menghindari terjadinya PHK besar-besaran, namun perlu ada skenario lain dari Pemda ketika pengambilan keputusan terburuk sulit dielakkan, yakni perusahaan terpaksa mengevaluasi kontrak pekerjaan dengan vendor yang selama ini memiliki banyak pekerja. Permasalahan PHK sektor Migas berbeda mengingat tenaga kerja punya keahlian khusus dan tidak bisa langsung diserap perusahaan sektor lain. Rentetan lain dari terganggungnya sektor Migas adalah seretnya ekonomi warga dan wilayah yang menjadi operasional Migas. Kondisi tadi, termasuk juga yang dihadapi pekerja di sektor lain yang terdampak, tentu saja butuh solusi bersifat segera dan jangka pendek.

Negara Harus Hadir

Berangkat dari peta problematika, Pemda dituntut hadir melindungi hak tenaga kerja tanpa mengenyampingkan upaya menjaga keberlangsungan aktivitas pelaku usaha. Pandemi adalah masa sulit bagi pelaku usaha. Namun jangan sampai dijadikan dalih bagi pelaku usaha untuk menegasikan hak-hak pekerja. Jelang lebaran, perlu diapresiasi upaya Pemda membuka layanan pengaduan terkait hak THR pekerja. Namun hak tentu tidak hanya itu. Pemda punya tugas lain yang lebih dinantikan. Instrumen kebijakan dan diskresi merancang program guna mengelola ketenagakerjaan sebagai rumpun urusan wajib daerah merupakan bekal untuk menyiasati persoalan terkait ketenagakerjaan di daerah. Namun, sering peran Pemda muncul dan paling menonjol ketika memutuskan upah minimum saja. Padahal perannya tak sebatas itu. Ada beberapa hal klasik terkait pekerja yang dirasa perlu ditegaskan kembali.

Pertama, menjamin terlaksananya hak hidup layak dengan memelihara segitiga hubungan industrial pemerintah-pengusaha-pekerja maupun segitiga keterkaitan upah-produktivitas-kesejahteraan. Di masa pandemi ini pengawasan harus lebih ekstra. Dalam konteks pandemi, Pemprov Riau dituntut fokus menangani permasalahan sosial yang dihadapi para buruh dan pekerja terutama menjaga agar tidak ada hak pekerja dilalaikan. Banyak pelaku usaha dan perusahaan berjuang menunaikan hak pekerjanya, namun ada juga perusahaan memanfaatkan momentum wabah mencurangi hak pekerja. Baik itu hak atas upah dan lain-lain termasuk hak perlindungan kesehatan. Banyak kasus buruh dipaksa bekerja dengan fasilitas perlindungan yang minim. Para pekerja pun dihadapkan dua ancaman sekaligus, yaitu ancaman PHK sekaligus ancaman terpapar virus corona.

Dalam menjalankan fungsi, program Pemda diharapkan tepat sasaran dan efektif. Jujur saja program seperti program Kartu Prakerja dinilai mubazir dan tidak tepat guna bagi para buruh dan pekerja. Tidak ada negara lain menggelar pelatihan kepada tenaga kerja secara online. Kalaupun ada pelatihan atau kursus online, hal tersebut sifatnya otodidak. Akan lebih bermanfaat apabila dialokasikan untuk penanganan wabah dan perlindungan kesehatan terhadap pekerja serta jaring pengaman sosial atau bantuan langsung kepada keluarga pekerja yang terdampak.

Kedua, Upaya penciptaan lapangan kerja. Implementasi mandat ini tak lantas Pemda secara langsung menyediakan lapangan pekerjaan, meski juga terbuka peluang melalui pelaksanaan proyek padat karya dan pelibatan sektor usaha dalam kegiatan belanja Pemerintah seperti dilakukan Pemprov Riau yang menjalin kerjasama dengan Mbizmarket di tahun 2021 untuk pengadaan barang dan jasa. Namun paling penting bagaimana memfasilitasi terciptanya ruang yang memungkinkan pelaku usaha menciptakan lapangan kerja. Di luar itu, Pemda juga punya tanggung jawab membina kapasitas pekerja agar produktif dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada.

Demikianlah beberapa ikhtiar yang bisa ditempuh. Upaya dipaparkan mungkin belum mengakomodir semua, tapi intinya melalui upaya sungguh-sungguh dapat memberikan secercah harapan bagi para pekerja di tengah masa sulit ini. Pelibatan buruh dan pekerja lebih intens dalam bahasa kebijakan dinilai lebih konkrit sebagai cara menyampaikan pesan ke para buruh dan pekerja bahwa mereka adalah aset penting bagi bangsa daripada sekedar jargon. Bukankah sudah terbukti selama pandemi, betapa sulitnya sektor usaha tanpa buruh dan pekerja. Bahkan sedikit hiperbolis, tanpa produktivitas mereka perekonomian bangsa kehilangan separuh nyawa. Seharusnya ini menjadi pelajaran berharga.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Minggu, 19 September 2021 19:24 WIB
Menata Bahasa demi Alam Semesta
Kamis, 23 September 2021 20:46 WIB
Misi Penyelamatan UMKM
Kamis, 16 September 2021 21:10 WIB
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Jum'at, 24 September 2021 19:03 WIB
Baba dan Nyonya di Malaka
Jum'at, 27 Agustus 2021 08:16 WIB
Mengurai “Benang Kusut” Aset Daerah
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Sabtu, 16 Januari 2021 13:27 WIB
Reses Yang Dianak-tirikan
Selasa, 10 November 2020 08:01 WIB
Melestarikan Warisan Pahlawan
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Kamis, 28 Mei 2020 13:27 WIB
Setengah New Normal
Kamis, 18 Juni 2020 19:18 WIB
Indonesia Darurat Implementasi Pancasila
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 20 September 2021
Wakil Ketua MPR Ingatkan Publik Tak Mengklaim Diri sebagai Kelompok Pancasilais
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria
Selasa, 17 Agustus 2021
Ajak Rakyat Merdeka Dari Pandemi, Aboebakar: Selalu Ada yang Berkhianat Seperti Korupsi Bansos

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 26 September 2021
Ini Hasil Rapimwil PPP Riau, Salahsatunya Memulai Kerja Elektoral
Minggu, 26 September 2021
FPKB Berikan Bantuan Kasur, Pakaian Hingga Sembako ke Panti Asuhan Ar Rahman
Minggu, 26 September 2021
Polsek Pangkalan Lesung Kembali Tingkatkan Program Kampung Tangguh di Era Pandemi Covid-19
Minggu, 26 September 2021
Polsek Kuala Kampar Tingkatkan Penanganan Covid-19 di Masa PPKM Berbasis Mikro

Serantau lainnya ...
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Minggu, 26 September 2021
SEF Sukses Gelar Webinar Riset Komunikasi Jilid 2
Jumat, 24 September 2021
Direktur Pascasarjana UIR Yudisium 150 Calon Wisudawan
Kamis, 23 September 2021
Dosen FT UIR Dr Evizal Penelitian Bersama di Harvard University Amerika
Senin, 20 September 2021
Dosen Unri Beri Pelatihan Warga Desa Sungai Masjid Membuat Kain Motif Ecoprint dari Tumbuhan dan Gulma

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

01

HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www