Sabtu, 24 Juli 2021

Breaking News

  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!   ●   
  • Israel Tawarkan Vaksin yang Nyaris Kedaluwarsa ke Negara Lain   ●   
  • Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia Lolos ke Final   ●   
  • Sindikat Vaksin Covid Palsu Ditangkap setelah Suntikkan Air Garam ke 2.000 Warga
Yamaha 17 Juli 2021

CAKAP RAKYAT
Pajak Dari Rakyat Untuk Rakyat
Kamis, 17 Juni 2021 08:04 WIB
Pajak Dari Rakyat Untuk Rakyat
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Kata pajak belakangan menjadi trending topic nasional hingga lokal. Mewarnai jagad dunia nyata dan dunia maya. Skala nasional, heboh massal terjadi paska draf usulan pemerintah ke DPR soal Rencana revisi kelima Undang-Undang (UU) nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) bocor ke publik. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyayangkan hal itu terjadi sebelum Presiden menyampaikan secara langsung ke parlemen. Tapi tak apalah, toh nasi sudah jadi bubur dan publik menilai ada aroma kurang enak. Dalam beleid terungkap keinginan Pemerintah menggenjot penerimaan dari sektor pajak, khususnya Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Dari pemberitaan, beberapa jenis kegiatan jasa sampai kebutuhan pokok masyarakat menjadi sasaran pajak. Paling bikin heboh citizen dan netizen soal wacana pemerintah memungut PPN Sembako, jasa pendidikan bahkan jasa bersalin. Poin kebijakan itu tertuang dalam rencana perluasan objek PPN. Memang draf yang menjabarkan konsep perpajakan yang direncanakan belum dapat diakses secara luas. Meski begitu, dari informasi yang berseliweran bisa saja ada benarnya dan bisa juga ada yang keliru. Tapi sebagian isu diamini anggota DPR-RI. Terlepas seperti apa konsepnya, melihat objek rencana perluasan pajak wajar muncul rasa was-was di tengah masyarakat. Karena penambahan PPN bakal ditanggung masyarakat selaku konsumen. Dalam kondisi ekonomi sekarang, penambahan pajak ibarat sudah jatuh ketiban tangga pula.

Selain menjadi isu nasional, pajak juga jadi topik lokal meski tak seheboh pajak di atas. Dalam konteks kedaerahan sudah dibentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas perubahan Rancangan Perda Provinsi Riau tentang Perubahan Ketiga atas Perda nomor 8 tahun 2011 tentang Pajak Daerah. Namun latar belakang berbeda. Sebagaimana dipaparkan dalam naskah penjelas bahwa perubahan dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak daerah khususnya dari kendaraan non-BM yang belum menjadi objek pajak kendaraan bermotor Provinsi Riau dan juga menyasar potensi pemasukan dari Pajak Air Permukaan (PAP), sebagaiman telah disampaikan Gubri Syamsuar dalam pidato pengantar dalam rapat paripurna di gedung DPRD Provinsi Riau, Senin (7/6/2021).

Urgen

Dua poin dalam perubahan Perda pajak Provinsi Riau dipandang urgen. Mengenai pajak kendaraan bermotor adalah upaya intensifikasi sekaligus membenahi kekurangan. Begitujuga halnya PAP, mengingat di Riau banyak perusahaan yang menggunakan air permukaan namun selama ini belum ada kejelasan pengaturan mengenai tata cara perhitungan alternatif dan sanksi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Perubahan atas pajak motor dan PAP diharapkan membawa keuntungan bagi pendapatan daerah yang sumbangsih PAD baru sekitar 39%. Persentase tadi dinilai belum cukup bagus untuk menunjang komposisi dan struktur APBD Riau yang masih sangat tergantung dari dana perimbangan yang diperoleh dari Dana Bagi Hasil (DBH). Meski DBH hak daerah, namun berkaca dari tren beberapa tahun belakangan ketergantungan akut terhadap DBH terbukti sangat mengganggu belanja daerah. Terutama ketika produktivitas Migas mengalami penurunan atau harga minyak dunia anjlok.

Perubahan Perda Pajak Provinsi Riau juga punya sisi urgensi lain sehubungan dengan kondisi yang dihadapi masyarakat sebagai objek pajak. Di tengah aktivitas ekonomi belum sepenuhnya pulih, Pemda dituntut dapat “membumi”. Inilah salah satu yang mendasari keinginan Pemprov Riau melakukan perubahan seperti termuat dalam draf Rancangan Perda di bagian Menimbang, bahwa menghadapi keadaan dan situasi yang mempengaruhi kondisi ekonomi dan sosial maka Kepala Daerah dapat mengatur ketentuan pemberian pengurangan, keringanan dan pembebasan dalam hal-hal tertentu atas pokok pajak dan/atau sanksinya. Narasi tadi sudah tepat. Namun harus jelas konsep implementasinya ke depan agar adil dan menyasar kelompok masyarakat paling terdampak. Sanksi/denda masih diperlukan untuk menertibkan wajib pajak. Diantaranya sebagaimana rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai perlunya mengatur sanksi/denda administrasi penyetoran Pendapatan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dalam Perda Pajak.

Sebagai informasi, laporan BPK menyatakan bahwa Pemprov Riau belum menerapkan denda keterlambatan penyetoran PBBKB khususnya bagi sektor industri di Riau. Hal tadi jelas sebuah kerugian. Sayangnya kami tidak mendapati rekomendasi BPK dimaksud dalam draf usulan perubahan. Disamping sanksi/denda, rencana eksekusi yang mumpuni juga dibutuhkan. Tentang pajak bermotor, persoalan database kendaraan bermotor harus dibenahi. Mengenai PAP, walau sekarang masih tahap penyusunan Perda, setidaknya langkah-langkah ke depan dapat tergambar. Sebab tantangan cukup berat. Belajar dari daerah lain yang sudah lama mengatur PAP dalam Perda Pajak, kendala utama terletak pada koordinasi lintas sektor, baik itu antar OPD berikut dengan Pemerintah Pusat. Apalagi ada dugaan kuat banyak perusahaan belum mengantongi Surat Izin Penggunaan Air Permukaan (SIPAP) dari kementerian terkait. Bahkan pengurusan izinnya pun tak sedikit masih berlarut-larut. Ketiadaan SIPAP bisa menjadi penghambat utama implementasi PAP. Kemudian perlu juga monitoring agar tidak terjadi kecurangan dalam penerapan instrumen alat ukur termasuk tindakan kalibrasi.

Demikianlah sedikit pemikiran yang dapat disampaikan terkait perubahan Perda tentang pajak daerah Provinsi Riau. Kembali ke dasar pertimbangan dalam draf, kami mendukung narasi Pemprov Riau meringankan beban masyarakat dalam kondisi tertentu melalui perubahan kebijakan baik berupa pengurangan, keringanan dan pembebasan. Terakhir, sebagai khazanah, filosofi pajak ala Ibnu Khaldun pantas jadi rujukan. Bahwa pengenaan tarif pajak harus dibuat penuh kehati-hatian agar ekonomi dapat bergerak bagus dan geosospol tetap stabil. Pajak terlalu tinggi dapat membebani sehingga berbahaya bagi produktivitas. Ujungnya bukan memulihkan ekonomi malah sebaliknya. Perekonomian tumbuh ketika kebijakan pemerintah mendukung tumbuh-kembang kegiatan ekonomi. Ketika pemerintah harus memungut pajak orientasinya harus dalam rangka memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat. Dan dapat dibuktikan secara kasat mata. Bukan janji-janji dulu baru bukti. Karena pajak pada dasarnya dari rakyat dan manfaatnya harus kembali ke rakyat.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Wakil Ketua Pansus Perubahan Perda Tentang Pajak Daerah DPRD Provinsi Riau)
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Rabu, 07 Juli 2021 11:24 WIB
UMKM Kuat Ekonomi Hebat
Selasa, 13 Juli 2021 11:04 WIB
Koperasi Dan Pemulihan Ekonomi
Rabu, 09 Juni 2021 09:00 WIB
Agar Peluang tak Hilang
Jum'at, 23 April 2021 08:02 WIB
Sumber Daya Alam Dan Kesenjangan Ekonomi
Selasa, 18 Mei 2021 09:14 WIB
Pembangunan Berkeadilan Bagi Riau
Senin, 19 Juli 2021 19:28 WIB
Idul Adha Dan Momentum Kepahlawanan Sosial
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Kamis, 13 Mei 2021 06:00 WIB
Fitrah, Berbagi dan Kekuatan Sosial
Minggu, 02 Mei 2021 11:11 WIB
Buruh Aset Bangsa
Minggu, 28 Maret 2021 20:33 WIB
Sumber Daya Alam Terjaga, Riau Berjaya
Minggu, 21 Maret 2021 21:20 WIB
Menjaga Optimisme Melalui Kebijakan
Jum'at, 02 April 2021 20:54 WIB
Asa Keberkahan di HUT BRK
Kamis, 01 Juli 2021 07:07 WIB
Riau dan Mimpi Asia Tenggara
Rabu, 23 Juni 2021 08:22 WIB
Pekanbaru dan Mindset "Ban Depan"
Senin, 05 Juli 2021 16:35 WIB
Manajemen Kolaboratif
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Selasa, 01 Juni 2021 22:25 WIB
Pancasila Butuh Bukti
Senin, 15 Maret 2021 07:19 WIB
Pangan Aman, Ekonomi Mapan
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Minggu, 11 April 2021 21:00 WIB
Modal Sosial Adalah Aset Berharga
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Kamis, 22 Juli 2021
MPR Desak Vaksin Dosis Ketiga untuk Nakes Dilakukan Secepatnya
Rabu, 14 Juli 2021
Darurat Covid-19, Pemerintah Telah Tetapkan PPKM Darurat MPR Minta Semua Harus Berdoa
Senin, 12 Juli 2021
MPR: Koperasi Sebagai Panglima Menjaga Ketahanan Ekonomi Nasional
Jumat, 09 Juli 2021
MPR: Penting untuk Hadirkan Kolaborasi dalam Hadapi Covid-19

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 23 Juli 2021
Ikut Berperan Aktif Penanganan Covid-19, Kapolres Pelalawan Beri Penghargaan Kepada FPK
Jumat, 23 Juli 2021
Kapolres Pelalawan Sosialisasi dan Imbau Warga Patuhi Prokes Sembari Salurkan Sembako
Jumat, 23 Juli 2021
Bupati Siak dan Bunda PAUD Buka Peringatan Hari Anak Nasional
Jumat, 23 Juli 2021
Serahkan Satu Unit Ambulan, Waka DPRD Pelalawan Apresiasi PT SLS

Serantau lainnya ...
Rabu, 21 Juli 2021
Anak Didik AMS Juarai Pemilihan Bujang Dara Pekanbaru 2021
Selasa, 13 Juli 2021
Famys Hijab, Pilihan Tepat untuk Tampil Cantik Saat Idul Adha
Jumat, 09 Juli 2021
Berkembang Pesat, Irvan Asmara Sukses Dirikan AMS Modelling School
Kamis, 08 Juli 2021
DRV Beauty Store Jadi Ikon Kosmetik di Sungai Penuh, Produknya Lengkap dan Original

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas

Advertorial lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?
Jumat, 02 Juli 2021
Heboh Bill Gates dan Istrinya Sebenarnya sudah Meninggal Tahun 2013 Lalu
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 23 Juli 2021
Gelar FGD, Unilak Hadirkan Pakar dari Berbagai Disiplin Ilmu
Jumat, 23 Juli 2021
Dorong Terbentuk Presedium IKA UIN Kabupaten/kota, Abdul Wahid Roadshow ke Daerah
Sabtu, 17 Juli 2021
36 Lulusan STIA-I Diwisuda
Sabtu, 17 Juli 2021
Digembleng Selama Enam Bulan, Shifthink Ingin Ciptakan Para Programer Handal

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

PCR 15 Juli 2021
Terpopuler

02

Kamis, 22 Juli 2021 16:08 WIB
Ditahan Jaksa, Donna Fitria Menangis
Permata
Foto
Unilak 1 Juni 2021
Pelantikan Bupati Siak - Pemkab Siak
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah
Kamis, 01 Juli 2021
Peramal Mbak You Meninggal Dunia
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit

Selebriti lainnya ...
Bhayangkara 2021 CAKAPLAH
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
UIR 2021
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban
Jumat, 02 Juli 2021
Meninggal Dunia Akibat Covid-19 Seperti Apa yang Bisa Disebut Syahid?
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman
Selasa, 18 Mei 2021
Hukum Menggabung Puasa Qada Ramadan dan Syawal

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Indeks Berita
Idul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www