Jumat, 03 Desember 2021

Breaking News

  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19   ●   
  • Pansus Bisa Jadi Dasar Ketegasan Pemerintah Atasi Konflik Perusahaan Vs Masyarakat Riau   ●   
  • Pekanbaru Juara Kejurda U14, Bukti Pembinaan Sepakbola Berjenjang Kelompok Usia Berjalan Baik   ●   
  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen
Yamaha 1-3 Desember 2021

CAKAP RAKYAT
Warisan Berharga Para Pahlawan
Rabu, 10 November 2021 17:29 WIB
Warisan Berharga Para Pahlawan
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Kita sepakat bahwasanya seorang yang digelari pahlawan pastinya bukan sosok sembarangan. Menilik dari makna bahasa saja sudah menegaskan keistimewaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan pahlawan yakni orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. Sedangkan sifat kepahlawanan adalah keberanian, keperkasaan, kerelaan berkorban, dan kekesatriaan. Menengok bahasa asing pun sama. Dalam bahasa inggris mengutip kamus Oxford mengartikan hero yakni pahlawan sebagai a person, especially a man, who is admired by many people for doing something brave or good. Adapun dalam bahasa Arab dikenal Al-batholu dan dalam agama Islam dikenal istilah mujahidin, dengan pengertian dan kedudukan lebih istimewa lagi. Intinya dari berbagai bahasa, pahlawan punya titik persinggungan yang sama. Bahwa setidaknya berasosiasi kepada dua hal: perjuangan dan pengorbanan.

Dua kata di atas satu kesatuan. Setiap perjuangan pasti menuntut pengorbanan. Pengorbanan ada bila disertai keikhlasan. Jadi, pahlawan orang yang ikhlas mengorbankan ilmu, harta hingga jiwa raga demi meraih dan mewujudkan cita-cita perjuangan. Sementara itu, dalam konteks kebangsaan ada kriteria khusus: Pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain demi mencapai, merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa;  Tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan; Melakukan pengabdian dan perjuangan sepanjang hidupnya; Pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang menunjang pembangunan bangsa dan negara; Pernah menghasilkan karya besar bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa; Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi; Perjuangannya punya jangkauan luas dan berdampak nasional.

Hidup merdeka saat ini berkat pahlawan. Oleh karenanya kita patut memberi penghormatan dan penghargaan setinggi-tingginya. Paling sederhana dengan melantunkan do’a. Atau lebih syukur nikmat dengan menjaga warisan perjuangannya. Banyak cara bisa ditempuh. Dalam peringatan 10 November sering disuguhkan berbagai even dan seremoni. Termasuk mengusung tagline mencari sosok pahlawan di masa kini. Cara seperti ini sebenarnya punya maksud baik, agar kita punya perspektif dan jiwa yang sama dengan para pahlawan. Namun upaya tadi bisa menjadi tidak efektif bahkan kontraproduktif dengan momentum hari pahlawan, yang mana semestinya kita lebih banyak merefleksi perjuangan mereka. Karena kata pahlawan punya makna sakral. Maka biarkan tetap seperti itu. Ketika julukan pahlawan diobral, bukankah malah mereduksi makna dan keistimewaan? Sehingga hari pahlawan kehilangan makna. Ada kata bijak: sejarah adalah guru kebijaksanaan, tokoh sejarah bentuk keteladanannya.

Warisan

Hari pahlawan saat tepat mengevaluasi sejauhmana kepedulian kita terhadap warisan mereka. Baik berupa memorial atau kebendaan sebagai pengingat generasi ke generasi. Terkait ini, perlu pelestarian dan revitalisasi benda bersejarah sebagai elemen penting guna mempelajari perjuangan dan kehidupan pahlawan. Termasuk upaya digitalisasi agar dapat dikenal secara luas tanpa batas ruang dan waktu. Untuk Riau, banyak dalam kondisi memprihatinkan. Ada benda bagiannya sudah terpisah dimana satu bagian dimiliki kolektor satu lagi oleh ahli waris, ada yang dijual kiloan, ada situs bersejarah beralih jadi perumahan, serta tak sedikit dokumen, artifak dan sejenis telah dijual. Riau sebagai negeri Melayu pantas cemburu dengan negara tetangga seperti Singapura yang berhasrat menjadi episentrum Melayu. Saking antusiasnya dibangun Malay Heritage Center. Bedanya, inovasi dan kreativitas pengelolaan Pemerintah Daerah (Pemda) di Riau masih kalah jauh. Bahkan ada tempat bersejarah malah menonjolkan cerita mistis daripada edukasi dan studi. Sementara di Singapura mengandalkan multimedia interaktif dan kombinasi media kekinian. Karena episentrum, Malay Heritage Center juga diplot sebagai tempat studi.

Disamping kebendaan, warisan berikutnya keteladanan. Pahlawan dikenal karena kegigihan membela dan mempertahankan kebenaran, menegakan yang benar (haq) dan memerangi batil. Agama jadi kredo bagi perjuangan. Hidup mulia atau mati syahid jadi prinsip, berangkat dari firman Allah SWT: “Perangilah mereka sehingga tidak ada lagi penindasan, dan yang ada hanya keadilan dan keimanan kepada Allah (QS, 2:193).

Kekuatan tersebut menakutkan penjajah. Riau pun turut ambil bagian penting melahirkan sederetan para pahlawan yang kesohor sampai ke luar negeri. Sebut saja Sultan Mahmud Riayat Syah, Raja Haji Fisabilillah, Raja Ali Haji, Sultan Syarif Kasim II dan istrinya Syarifah Latifah serta Tuanku Tambusai. Kisah mereka warisan berharga. Sultan Mahmud Riayat, disamping perjuangan fisik juga membangun pusat-pusat ekonomi dan mempererat hubungan dengan banyak kerajaan lain di nusantara dan luar nusantara. Riau pun punya posisi terpandang di asia tenggara. Adapula Sultan Syarif Kasim II selain menyumbang harta 13 juta gulden kepada Pemerintah RI, juga turut berkontribusi membeli pesawat Seulawah cikal bakal Garuda yang ironisnya sekarang diujung tanduk akibat negara salah kelola. Sang istri Sultan Syarif Kasim II, Syarifah Latifah berperan dirikan Madrasah Taufiqiyah al Hasyimiah menyaingi sekolah kolonial di Riau Hollandsche Inlandsche School (HIS) yang diperuntukkan bagi anak bangsa Eropa, keturunan Tionghoa dan bangsawan pribumi.

Oleh karena itu, hari pahlawan idealnya waktu tepat untuk menginisiasi berbagai upaya menggali kisah dan memperkaya sejarah kepahlawanan. Khususnya bersifat kedaerahan. Jangan sampai para pahlawan Riau terlupakan dan hilang dari ingatan generasi daerah. Mempelajari sejarah bukan hapal nama pahlawan dan peristiwa sejarah saja. Tapi bagaimana mengambil itibar atau pelajaran dari mereka. Keuntungan belajar sejarah pun akan kembali ke orang yang berhasil mengambil pesan. Bukan bagi pelaku sejarah, toh mereka sudah tiada. Berdasarkan itu, perlu penguatan sejarah sebagai pengetahuan. Sangat disayangkan heboh tahun lalu isu pelajaran sejarah bakal digeser dari mata pelajaran wajib SMA lewat kebijakan penyederhanaan kurikulum digodok Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Padahal sejarah modal. Orang bijak pernah berkata: “bangsa yang melupakan masa lalu (sejarah), tidak akan memiliki masa depan”.

Berbekal sejarah kita bisa tahu mana langkah keliru dan mana langkah benar. Sehingga lebih efisien tanpa perlu berulang kali mencoba. Alhasil mempercepat proses menuju kesuksesan dan menghindari penyebab kegagalan. Ini berlaku bagi individu dan semua unsur termasuk pihak penyelenggara pemerintahan. Terakhir, pelajaran dari kisah perwayangan tentang seorang raja bernama Kurawa yang rezim kekuasaannya collapse karena hanya peduli dengan ambisi dan jabatan, berkuasa suka-suka dan zalim bersama kelompoknya. Sang raja abai terhadap warisan nilai pendahulunya dan tak mencontoh sejarah leluhurnya memerintah dengan adil dan bijaksana. Meski rezim Kurawa tergolong makmur dan banyak membangun namun tak menjamin selamat.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau dan Tokoh Masyarakat)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 02 November 2021 19:30 WIB
Myanmar ‘Duri’ dalam ASEAN
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Selasa, 16 November 2021 20:56 WIB
Penguatan Otonomi Daerah di Kabupaten/Kota
Minggu, 31 Oktober 2021 19:28 WIB
Berani Berinovasi Itu Hebat!
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Kamis, 16 September 2021 21:10 WIB
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
Minggu, 19 September 2021 19:24 WIB
Menata Bahasa demi Alam Semesta
Minggu, 21 November 2021 19:57 WIB
Membangunkan Lahan Yang Tertidur
Kamis, 23 September 2021 20:46 WIB
Misi Penyelamatan UMKM
Selasa, 28 September 2021 08:08 WIB
Sejahterakan Petani Demi Keberlangsungan Negeri
Jum'at, 27 Agustus 2021 08:16 WIB
Mengurai “Benang Kusut” Aset Daerah
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Rabu, 06 Oktober 2021 08:02 WIB
RTRW Dan Arah Pembangunan Riau
Selasa, 16 November 2021 08:05 WIB
Mengembalikan Kejayaan Sungai Riau
Minggu, 10 Oktober 2021 07:01 WIB
Mengawal Spirit Otonomi Daerah
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Selasa, 02 November 2021 11:14 WIB
Keampuhan Teknologi Digital vs Promosi Wisata
Sabtu, 06 Februari 2021 16:44 WIB
Runtuhnya Demokrasi di Myanmar?
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Jum'at, 24 September 2021 19:03 WIB
Baba dan Nyonya di Malaka
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA
Minggu, 31 Oktober 2021
Komisi III Segera Bahas RUU Jabatan Hakim
Sabtu, 30 Oktober 2021
Rachmat Gobel Kritik APBN Dialokasikan untuk Proyek Kereta Cepat
Jumat, 29 Oktober 2021
BKSAP Tekankan Pentingnya Pendidikan Berkualitas Capai SDGs

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 02 November 2021
Gajah Seberat 2 Ton Ditemukan Mati di Bukit Apolo Pelalawan
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 03 Desember 2021
Polsek Kuala Kampar Gelar KRYD untuk Jaga Kamtibmas
Jumat, 03 Desember 2021
Kapolsek Kerumutan Pimpin Operasi Kamtibmas di Wilayah Hukumnya
Jumat, 03 Desember 2021
Dikunjungi Bupati dan Wabup, Puluhan Warga Korban Kebakaran Merasa Terharu
Jumat, 03 Desember 2021
Tak Kenal Lelah, Polsek Pangkalan Lesung Terus Lakukan Upaya Pencegahan Penularan Covid-19

Serantau lainnya ...
Selasa, 30 November 2021
Kisah Sukses Famys Hijab, Pelopor dan Produsen Gamis Malaysia Terbesar
Minggu, 28 November 2021
Kunjungi Butik Sakinah, Menteri Koperasi dan UKM Dorong Industri Fashion Angkat Kearifan Lokal
Senin, 22 November 2021
Dukung Pebalap di Mandalika World Superbike 2021, Komunitas Honda CBR Nobar hingga Meet & Greet
Minggu, 21 November 2021
Dihadiri Bupati dan Wabup Rohil, Forci Riau Pesisir Serahkan 100 Paket Sembako kepada Masyarakat

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Senin, 29 November 2021
WHO Akui Belum Ada Bukti Varian Omicron Covid-19 Lebih Menular
Kamis, 21 Oktober 2021
Ubah Citra, Facebook akan Ganti Nama Perusahaan?
Senin, 04 Oktober 2021
Trump Minta Hakim Paksa Twitter Kembalikan Akunnya
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 30 November 2021
Wanita Malaysia Punya Golongan Darah Emas, Cuma 43 Orang di Bumi
Rabu, 27 Oktober 2021
Dikira Kena Covid-19, Gadis Ini Ternyata Sakit Parah Akibat Isap Vape
Sabtu, 23 Oktober 2021
Kisah Penyintas Covid-19, Berpikiran Positif dan Bermental Baja hingga Sembuh
Senin, 04 Oktober 2021
Gaya Hidup Tak Sehat Biang Banyak Anak Muda Derita Penyakit Jantung

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 29 November 2021
Kembangkan Potensi Daerah, UIR Teken Kerjasama dengan Pemkab Pelalawan
Sabtu, 27 November 2021
Mahasiswa Prodi Perminyakan UIR Raih Juara pada Northern Sumatera Forum SKK Migas
Kamis, 25 November 2021
Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab Ikuti Leadership Camp
Rabu, 24 November 2021
HKI STAIN Gelar Seminar Peran dan Tantangan Hukum Keluarga di Era Revolusi Industri 4.0

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

Permata
Terpopuler
DPRD Riau 1 Panglima
Foto
PT PER 2021
Senin, 22 November 2021
Bikin Mewek, Gala Ingin Telepon Vanessa Angel & Bibi karena Rindu
Kamis, 04 November 2021
Vanessa Angel dan Suami Tewas Kecelakaan di Tol Jombang
Rabu, 27 Oktober 2021
Lucinta Luna Blak-blakan Soal Muhammad Fattah, Ungkap Settingan Bikin Tertekan dan Prank
Kamis, 21 Oktober 2021
Penampilan Terbaru Ivan Gunawan Ramai Disebut Mirip Nikita Mirzani

Selebriti lainnya ...
Diskes Riau November 2021 Ok
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
DPRD Riau 1
Rabu, 24 November 2021
Rangkaian HUT ke-23, BKMT Riau Gelar 'Musabaqah Menterjemah Alquran'
Kamis, 04 November 2021
Persembahkan Karya Tenas Effendy, LAMR dan Tafaqquh Taja Kajian Tunjuk Ajar Melayu Dalam Perspektif Alquran dan Hadis
Senin, 04 Oktober 2021
Kepengurusan Amphuri Riau-Kepri Resmi Dilantik, Berkhidmat untuk Umat
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah

Religi lainnya ...
DPRD Riau 2
Indeks Berita
DPRD Riau Hari Guru 2Pelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakDPRD Riau 5Bhayangkara 2021 CAKAPLAHDPRD Riau 3DPRD Riau 6Diskes Rohul 2021DPRD Riau Hari GuruDPRD Riau 2 Panglima
www www