Selasa, 28 Juni 2022

Breaking News

  • Turunkan Harga TBS Sepihak, PKS di Riau Bisa Disanksi Tegas   ●   
  • Kuala Lumpur Kembali Dilanda Banjir Bandang   ●   
  • Harga Sawit di Riau Rp3.919,87 Perkilogram, PKS Diminta Tidak sewenang-wenang Tetapkan Harga   ●   
  • PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei   ●   
  • Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang   ●   
  • ASN Pemko Pekanbaru Wajib Ingat! Bawa Mobil Dinas saat Lebaran Bakal Disanksi   ●   
  • Tol Pekanbaru Bangkinang Dibuka untuk Mudik, Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan   ●   
  • Pengamanan Nataru Riau Kerahkan 2.527 Personel Gabungan   ●   
  • Varian Omicron Belum Ditemukan di Riau   ●   
  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Yamaha 27-28 Juni 2022
Polling
Bagaimana menurut Anda kinerja Anggota DPRD Riau dalam menjalankan fungsi Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan sejak dilantik 6 September 2019?


CAKAP RAKYAT
Kolaborasi Tunaikan Tanggung Jawab
Sabtu, 22 Januari 2022 08:02 WIB
Kolaborasi Tunaikan Tanggung Jawab
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Belum lama ini Gubernur Riau Syamsuar menyoroti penyaluran dana Tanggung Jawab Sosial  Perusahaan (TJSP) atau akrab dikenal Corporate Social Responsibility (CSR) di Riau. Menurut orang nomor satu di Riau, selama ini komunikasi penyaluran dana CSR perusahaan belum berjalan sebagaimana mestinya. Pihak perusahaan lebih cenderung menjalin komunikasi dengan pemerintah desa atau kecamatan saja. Sementara koordinasi dengan pemerintah Kabupaten/Kota belum dilakukan secara intens.

Sorotan Gubri ada benarnya. Alasan paling ketara ketika perusahaan hanya menjalin komunikasi ke pihak desa atau unsur di wilayah objek program CSR semata, bisa membuat permintaan CSR lebih menonjolkan kuantitas daripada kualitas. Perusahaan pun kewalahan memenuhi tuntutan begitu banyak. Selain itu sasaran CSR jadi kurang efektif.

Melihat CSR dari sudut pandang terbatas tentu akan menyederhanakan potensinya. Skop pelaksanaan CSR memang lokal. Namun dampak sesungguhnya sangat masif bila dapat diarahkan secara akumulatif yakni membantu upaya mewujudkan agar sumber daya dari perusahaan-perusahaan dapat terdistribusi dengan baik guna mencapai tujuan umum. Terlebih dalam mengakselerasi ketertinggalan daerah dan mendistribusikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Inilah alasan kenapa pemerintah perlu berperan membantu memenuhi tujuan dan sasaran kebijakan CSR. Apalagi menurut konsep pembangunan modern, CSR titik temu antara pelaku bisnis dengan berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat. Dalam tema pembangunan kekinian, kolaborasi dan sinergitas adalah kunci mencapai tujuan pembangunan. Seperti yang terjabar dalam konsep penta helix yang makna menurut asal katanya yakni penta artinya lima dan helix artinya lingkaran. Secara istilah berarti lima aktor saling terkait dan berjalan beriringan, membuat percepatan laju pembangunan jadi sangat mungkin untuk ditempuh. Alhasil kualitas kehidupan meningkat. Adapun kalangan pebisnis/perusahaan adalah satu diantara pelaku dalam penta helix.

Disamping akademisi/perguruan tinggi, komunitas/organisasi masyarakat, Pemerintah dan Media. CSR merupakan komitmen perusahaan memenuhi etika keperilakuan dan berkontribusi terhadap lingkungan. Pelaku bisnis dan masyarakat butuh hubungan simbiosis mutualisme. Sehingga terbentuk harmonisasi sekaligus mendongkrak citra dan performa perusahaan. CSR juga salah satu cara meredam dan menghindari potensi konflik sosial yang berakar dari dampak operasional perusahaan atau kesenjangan struktural dan ekonomis yang timbul dari komponen perusahaan. Artinya, bukan bentuk kedermarmawan, tapi sesuatu yang sudah seharusnya ditunaikan. Seiring muncul trust dan persepsi positif masyarakat sudah barang tentu positif pula bagi perusahaan menjalankan aktivitas dan operasionalnya.

Berangkat dari potensi dan dampak sosial CSR terhadap lingkungan dan masyarakat teristimewa yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan cukup signifikan, maka peran pemerintah sangat penting untuk menjamin keterlibatan sektor swasta dalam proses pembangunan yang berkesinambungan. Itulah alasan mengapa CSR harus diatur dalam peraturan perundang-undangan. Mulai UU 25/2007 tentang Penanaman Modal dalam Pasal 15 (b) yang mewajibkan setiap penanam modal melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan, UU 40/2007 tentang Perseroan Terbatas yang mewajibkan perseroan yang bidang usahanya di bidang atau terkait dengan bidang sumberdaya alam untuk melaksanakan pelaporan tanggung jawab sosial dan lingkungan, berikut di tingkat daerah ada Perda 6/2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Provinsi Riau dan sudah ditindaklanjuti dengan peraturan lebih teknis yakni Pergub 142/2015 tentang Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Provinsi Riau. Terkait Pergub, pelaporan merupakan cerminan dari perlunya akuntabilitas perseroan atas pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Dengan begitu para pemangku kepentingan dan elemen masyarakat dapat menilai pelaksanaan kegiatan. Selaras dengan penerapan prinsip Good Corporate Governance.

Belum Optimal

Berangkat dari pernyataan Gubri di awal tulisan, sejauh ini CSR boleh dibilang belum optimal. Padahal kontribusinya bisa mendukung prioritas pembangunan daerah. Sekali lagi, pembangunan baik itu fisik atau non fisik tidak bisa hanya mengandalkan Pemerintah beserta keuangan daerah saja. Setiap elemen punya andil sesuai kapasitas dan kemampuan masing-masing. Mengacu ke paradigma tadi, permintaan Gubri kepada pihak perusahaan dan pelaku usaha agar dapat menyesuaikan program CSR sesuai dengan skala prioritas dan rencana pembangunan daerah patut di dukung. Meski di setiap kecamatan dan desa telah mempunyai rencana prioritas pembangunan dan juga telah diselaraskan dengan perencanaan daerah, namun koordinasi intens dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu dilakukan, sebagaimana diatur dalam Perda. Untuk tingkat provinsi, bentuk koordinasi dimaksud lewat Forum Tanggung Jawab Sosial atau Forum TJSP. Sebagai forum yang dibentuk Gubri untuk mengkoordinasi dan mensinergikan program Pemda dengan perusahaan. Sayangnya setakad ini tak banyak diketahui gebrakan dan perkembangan dari forum gabungan unsur dari Pemda, DPRD, Akademisi dan Asosiasi Pengusaha itu. Kabar upaya merekap data CSR perusahaan di Riau juga masih kabur. Padahal Perda sudah mengatur kewajiban bagi perusahaan memberi laporan program CSR kepada Kepala Daerah melalui Forum TJSP Provinsi dan/atau Kabupaten/Kota setempat.

Persoalannya ketidaksinkronan dan kurangnya koordinasi harus segera diatasi. Karena jelas sebuah kerugian besar bagi daerah. Mustahil memajukan Riau tanpa berkolaborasi dan bersinergi. Harus diakui hambatan terbesar terkait CSR memang ada perbedaan sekaligus kepentingan. Antara pemerintah dan perusahaan punya cara pandang tersendiri. Dari sisi Pemda menganggap CSR perlu diselaraskan dengan prioritas pembangunan. Pandangan ini ada benarnya. Sedang di sisi perusahaan barangkali tak ingin CSR semata menggugurkan kewajiban tapi juga membawa efek balik berupa keuntungan bagi perusahaan. Ya, bak pepatah sekali mendayung dua pulau terlampaui. Pandangan pragmatis dari perspektif manajemen perusahaan masuk akal. Adapun kami sendiri memandang implementasi CSR harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dari sudut pandang pribadi juga kurang sepakat jika penyaluran atau penggunaan dana CSR untuk wilayah yang menjadi objek perusahaan harus difasilitasi oleh Pemda. Mengacu ke regulasi sebenarnya menegaskan peran Pemerintah hanya dalam tataran regulator dan fungsi koordinasi. Sebab ketika dikelola oleh Pemda khawatirnya malah menghambat efektivitas bantuan CSR.

Alasan dibalik penyelarasan CSR dengan program pemerintah logis. Namun diulangi kembali, Pemda hanya sebatas memandu dengan memberikan panduan tentang kebutuhan dan priotas pembangunan di daerah. Dasarnya dokumen perencanaan daerah. Supaya terukur dan tidak bias dengan kepentingan lain. Tapi jangan pula memaksakan dana CSR harus berupa kegiatan ini dan itu.  Berkaca dari perhelatan dan ekspos rencana program penanggulangan kemiskinan di gedung Daerah Balai Serindit Pekanbaru jelang akhir tahun 2021, dalam kesempatan tersebut Bupati Meranti Muhammad Adil membeberkan bahwa, mengacu pada data diterima dari Bappeda saat itu PT RAPP belum menyalurkan program CSR kepada masyarakat di wilayahnya. Padahal wilayah konsesi perusahaan dan mitranya cukup luas di wilayah yang ia pimpin. Sang Bupati pun meminta supaya CSR dapat membantu mendukung sektor usaha kecil masyarakat dan sektor pertanian dan peternakan dalam rangka mencapai target daerah swasembada komoditas pangan. Cara begini dapat diterima. Selebihnya berikan keleluasan ke pihak perusahaan menentukan bentuk teknis kegiatan di lapangan apakah berupa pemberdayaan masyarakat dan bentuk kegiatan lain.

Terakhir, perlu juga melihat penerapan CSR secara luas. Maksudnya bukan sekedar menagih anggaran CSR melainkan juga kajian mendalam. CSR memang kewajiban perusahaan tapi perlu dilihat lingkup penerapan. Sehingga kondisi “kesehatan” perusahaan jadi perhatian lebih dulu.  Jangan sampai menagih CSR perusahaan tapi lalai mengkaji urusan wajib seperti kondisi perusahaan “hidup segan mati tak mau” atau gaji buruh masih dibawah UMK dan lain-lain. Masalah-masalah tersebut hanya bisa diurai ketika terbentuk kesepahaman dan koordinasi yang baik.  

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Bagaimana menurut Anda kinerja Anggota DPRD Riau dalam menjalankan fungsi Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan sejak dilantik 6 September 2019?

Berita Terkait
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Sabtu, 25 Juni 2022 20:44 WIB
Pendidikan Yang Berkeadilan
Jum'at, 10 Juni 2022 10:21 WIB
Mengatasi Kesenjangan Dunia Pendidikan
Rabu, 01 Juni 2022 17:46 WIB
Revitalisasi Nilai Pancasila
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Sabtu, 23 April 2022 06:18 WIB
Pentingnya Iqro’
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Selasa, 05 April 2022 16:22 WIB
Impor dan Kemandirian Bangsa
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Senin, 09 Mei 2022 20:46 WIB
G20 dan Politik Luar Negeri Indonesia
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Minggu, 01 Mei 2022 23:16 WIB
Fitrah Dan Kekuatan Untuk Merubah
Kamis, 17 Februari 2022 12:30 WIB
Maksimalkan Perlindungan Pekerja
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Kamis, 16 Juni 2022 08:15 WIB
Kebijakan Teror Honorer
Senin, 23 Mei 2022 07:40 WIB
Berdamai dengan Perubahan
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Selasa, 12 April 2022 16:00 WIB
Komitmen Setengah Hati Urus BUMD
Kamis, 07 April 2022 08:27 WIB
Misi Jadikan Melayu Bahasa Pemersatu
Minggu, 17 April 2022 14:52 WIB
Ekonomi Hijau Demi Riau Berkilau
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Rabu, 10 November 2021 17:29 WIB
Warisan Berharga Para Pahlawan
Senin, 27 Desember 2021 08:02 WIB
Revitalisasi Desa Sebagai Pilar Bangsa
Kamis, 09 Desember 2021 21:00 WIB
Memaknai Hari Antikorupsi Sedunia
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 27 Juni 2022
Dinkes Bengkalis Rapat Penyusunan Perbup PPK-BLUD
Senin, 27 Juni 2022
Bupati Launching Si BOS dan Konseling Keliling LK3 Sahabat Keluarga
Senin, 27 Juni 2022
Pemkab Bengkalis MoU dengan BPS dan Kemenkumham Riau
Senin, 27 Juni 2022
Kasmarni Lantik Pengurus Bengkalis Creative Network

Serantau lainnya ...
Selasa, 21 Juni 2022
Begini 5 Cara Agar UMKM Go Online dan Sukses Besar
Selasa, 14 Juni 2022
7 Daftar Pekerjaan Untuk Lulusan SMA yang Gajinya Besar
Kamis, 02 Juni 2022
6 Olahraga Mudah Paling Pas untuk Turunkan Berat Badan
Selasa, 31 Mei 2022
Meniti Mimpi, Wujudkan Rumah Impian untuk Calon Istri

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 10 Juni 2022
Tutorial Mengubah Alamat Warga di Kecamatan Pemekaran, Disdukcapil Pekanbaru Beri Kemudahan
Kamis, 09 Juni 2022
Disdukcapil Pekanbaru Gencar Sosialisasikan Perubahan Adminduk
Selasa, 07 Juni 2022
Komitmen Jaga Kebersihan, Pemko Pekanbaru Ubah Sampah Jadi Bahan Baku PLTU
Selasa, 31 Mei 2022
Turun ke Sungai Sail, Pj Walikota Komit Selesaikan Persoalan Banjir

Advertorial lainnya ...
Senin, 27 Juni 2022
Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi Lagi 28 Juni 2022!
Jumat, 03 Juni 2022
UMKM Lokal jadi Target Pemasaran, Warungpay sudah Tersebar di Berbagai Wilayah Riau
Kamis, 02 Juni 2022
Elon Musk Wajibkan Karyawan Tesla WFO, Menolak Disuruh Mundur
Selasa, 31 Mei 2022
Samsung Galaxy A03 Hadir, Harga hanya Sejutaan

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 26 Juni 2022
Pencanangan GERMAS, Sekda Pekanbaru Imbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat
Rabu, 22 Juni 2022
Pernah Raih Rekor MURI, RSI Ibnu Sina Pekanbaru Komit Tingkatkan Layanan Bagi Pasien Bibir Sumbing
Rabu, 22 Juni 2022
Wabup Nasarudin Hadiri Baksos Sunatan Massal PT RAPP dan APR
Selasa, 14 Juni 2022
Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 27 Juni 2022
Menteri Siti Nurbaya Bakar Dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan di Universitas Brawijaya
Minggu, 26 Juni 2022
Pengurus IKA USU Riau Dilantik, Diajak Berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah
Jumat, 24 Juni 2022
Fakultas Psikologi UIR Raih Hibah Penelitian Pengembangan Kurikulum dari Kemendikbukristek
Selasa, 21 Juni 2022
Dewan Pembina-nya Syamsuar, Zul Anshari Terpilih Jadi Ketua IKA FISIP USU Wilayah Riau

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Bagaimana menurut Anda kinerja Anggota DPRD Riau dalam menjalankan fungsi Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan sejak dilantik 6 September 2019?


Demokrat 2022
Terpopuler
Pemko - KONI Pekanbaru
Foto
Khas Hotel 13 Juni 2022
HUT PEKANBARU 238 - CAKAPLAH
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
HUT PEKANABRU 23 Juni 2022 - BSP
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Dewan DPRD Riau 1
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi
Selasa, 26 April 2022
ACT Riau Tebar Sajian Iftar terbaik untuk Yatim, Penghapal Quran, dan Warga Prasejahtera

Religi lainnya ...
Waisak 16 Mei 2022 - APRIL
Indeks Berita
Dewan DPRD Riau 3Dewan DPRD Riau 4Dewan DPRD Riau 5
www www