Minggu, 14 Agustus 2022

Breaking News

  • Realisasi APBD Riau: Keuangan Baru Rp3,7 Triliun   ●   
  • Riau Belum Berlakukan Penghapusan STNK Mati Pajak 2 Tahun   ●   
  • Kenaikan Tarif Ojol Berpotensi Buat Inflasi Indonesia Makin Tinggi   ●   
  • Penambahan Kuota Belum Disetujui, Stok Pertalite di Riau Bakal Habis Oktober 2022   ●   
  • Pertama di Indonesia, Riau Buka Mall Vaksinasi dan Imunisasi   ●   
  • MA Vonis Bebas Dekan FISIP Unri Nonaktif Syafri Harto   ●   
  • Bermain di Sungai, Bocah 7 Tahun di Kuansing Tewas Tenggelam   ●   
  • Peresmian Tol Pekanbaru-Bangkinang Tunggu Jadwal Presiden   ●   
  • Kasus Covid-19 di Sekolah Naik, Diskes Riau Minta Sekolah Tidak Full Day   ●   
  • BPBD Riau Water Boombing Karhutla 25 Hektare di Rohul
Yamaha 14-25 Agustus 2022
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


CAKAP RAKYAT
Impor dan Kemandirian Bangsa
Selasa, 05 April 2022 16:22 WIB
Impor dan Kemandirian Bangsa

(CAKAPLAH) - Beberapa waktu yang lalu publik dikejutkan dengan pernyataan Jokowi soal impor pada saat memberikan pengarahan tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia (25/03). Kegiatan yang berlangsung di Nusa Dua, Provinsi Bali tersebut diikuti oleh setidaknya jajaran menteri kabinet Indonesia Maju, para gubernur, bupati dan walikota, serta tidak ketinggalan para direktur utama BUMN. Kegiatan berkelas nasional tersebut sebenarnya bertujuan untuk penegasan atau peneguhan terhadap perlunya kita bangga menggunakan produk buatan bangsa sendiri. Namun, Pidato Jokowi pada kegiatan aksi afirmasi yang seharusnya persuasif tersebut, beralih menjadi sarana kritik dengan gaya komunikasi yang sedikit cenderung ofensif.

Menyimak pidato Presiden RI ketujuh tersebut, memang ada kesan yang agak berbeda, terutama bagaimana Jokowi memberikan penekanan dan pemilihan diksi ketika ia menyampaikan pidatonya. Gaya khas Jokowi yang biasanya tampil kalem dan sesekali diiringi dengan guyonan tidak nampak kali ini. Jokowi lebih banyak serius dan terlihat jengkel ketika memberikan pengarahannya. Bahkan beberapa kali Jokowi terlihat dengan mimik tegas melarang hadirin bertepuk tangan di sela-sela pidatonya. Bila kita menangkap situasi yang terjadi, jelas ini ada persoalan yang dinilai sangat serius oleh Jokowi yang seharusnya perlu menjadi perhatian yang sungguh-sungguh dari semua pihak yang hadir.

Sebenarnya apa yang dikeluhkan oleh Jokowi?

Agar tidak terjadi kesalahan pengutipan, saya sengaja mengambil rilis pidato Jokowi yang resmi diterbitkan oleh Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, melalui website https://setkab.go.id. Berdasarkan isi pidato tersebut, Jokowi menyatakan kekecewaannya soal pembelian barang-barang impor oleh beberapa kementerian dan lembaga negara. Menurut Jokowi barang-barang tersebut tidak perlu diimpor, tetapi justru membeli barang-barang dari produksi dalam negeri sendiri. Jokowi menyebutkan “…tidak usah cari investor. Kita diam saja. Tapi kita konsisten membeli barang yang diproduksi oleh pabrik-pabrik kita, industri-industri kita, UKM-UKM kita. Kok enggak kita lakukan? Bodoh sekali kita kalau enggak melakukan ini, malah beli barang-barang impor.”

Jokowi mencontohkan pembelian barang-barang impor seperti CCTV, seragam dan sepatu tentara dan polisi, alkes seperti tempat tidur untuk rumah sakit, alsintan seperti traktor yang dinilainya bukan hi-tech sehingga tidak seharusnya dibeli melalui impor. Lebih lanjut Jokowi juga menyinggung pembelian pensil, kertas, bolpoin, buku tulis, bangku, hingga laptop yang tidak semestinya dibeli dari luar, karena semuanya sudah bisa diproduksi sendiri.

Kekecewaan Jokowi ini tentu membuat kita semua kaget. Bagaimana mungkin barang-barang dengan kualifikasi sederhana itu, dan yang selama ini familiar kita gunakan ternyata masih diperoleh melalui impor. Selepas penyataan Jokowi tersebut beberapa pihak yang terkait kemudian memberikan klarifikasinya. Ada yang memberikan penyangkalan dan ada pula yang menindaklanjuti arahan presiden tersebut dengan melaksanakan pembatasan terhadap pembelian barang-barang impor.

Terlepas dari semua itu, tentunya ini menjadi catatan tersendiri buat kita. Sebagai negara yang besar dengan kekayaan alam yang melimpah, wajar jika kita merasa turut kecewa. Jika benar barang-barang impor yang disebutkan Jokowi tersebut, jelas bukan karena ketidakmampuan untuk memproduksi alasannya, tetapi pasti ada motif lain yang menyertainya. Hal inilah semestinya yang perlu ditindaklanjuti.

Selain soal impor yang disebutkan Jokowi, kita juga saat ini mengalami fase kehidupan ekonomi yang aneh menurut saya. Sebut saja seperti adanya kelangkaan dan harga minyak goreng yang tiba-tiba meroket di pasaran. Sampai saat ini tidak ada penjelasan yang rasional yang bisa kita pahami mengapa itu bisa terjadi. Padahal kondisi ini sudah berlangsung lama dan jelas akan memicu peningkatan angka inflasi. Keheranan kita semakin membuncah ketika kita tahu bahwa bangsa ini adalah salah satu penghasil CPO terbesar di dunia.

Belum lagi bila kita membahas soal kelangkaan solar yang menyebabkan antrian panjang dimana-mana. Menurut pihak Pertamina sebagai pihak yang berwenang, kelangkaan solar disebabkan penggunaannya yang melebihi kuota, dan meminta masyarakat beralih menggunakan solar non subsidi seperti Dexlite dan Pertamina Dex. Lagi-lagi alasan ini membuat masyarakat bingung dan terkesan memang sengaja untuk “memaksa” masyarakat menggunakan solar non subsidi.

Kemandirian bangsa

Berbagai fenomena tersebut sudah cukup menjadi warning bagi kita, dimana posisi bangsa kita saat ini sebenarnya. Soal impor dan kelangkaan produk yang nota bene bersumber dari potensi kekayaan alam kita sendiri, tidak seharusnya terjadi. Sebagai negara yang berdaulat mestinya kita memiliki kemandirian, terlebih soal yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat dan kaitannya dengan potensi bangsa yang kita miliki.

Kemandirian disini bukan berarti kita mencukupi semua kebutuhan sendiri, dan tidak membutuhkan negara lain. Karena memang tidak ada satu pun negara di dunia ini yang tidak membutuhkan negara lainnya. Kemandirian bangsa yang dimaksudkan adalah kemampuan dalam bertindak dan mengambil keputusan terhadap nasib bangsa sendiri, termasuk di dalamnya kebebasan memilih dengan siapa kita melakukan kerjasama. Kemandirian bangsa sebagai salah satu nilai kebangsaan, harus menjadi perhatian kita bersama. Seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta persaingan global, mengharuskan setiap bangsa di dunia untuk memiliki daya saing yang tinggi sebagai syarat utama kemandirian sebuah bangsa.

Kunci kemandirian bangsa kita terletak dari semangat nasionalisme dan penguatan kerjasama antardaerah yang saling melengkapi. Sebagai bangsa yang besar, kita memiliki beragam potensi kekayaan alam dan keunggulan dari masing-masing daerah. Semua itu bila dikelola dengan baik, tentu akan menghasilkan kekuatan yang dapat menopang kemandirian bangsa. Hal lainnya yang tidak dapat ditinggalkan adalah perlunya inovasi dalam mewujudkan kemandirian bangsa. Melalui penguatan riset-riset terapan yang berkualitas dan pengembangan sumber daya manusia, diharapkan dapat melahirkan inovasi yang unggul. Upaya ini tentu memerlukan keseriusan dan keberpihakan pemerintah yang diwujudkan dengan mengeluarkan kebijakan yang tepat sasaran, dan alokasi dana riset yang mencukupi.

Berikutnya adalah pengembangan kualitas generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet pembangunan bangsa. Di tangan merekalah nanti bangsa ini dititipkan. Kemandirian bangsa kelak akan menjadi kemunduran bila generasi muda tidak kita persiapkan sedini mungkin dan dengan sebaik mungkin. Terakhir, kemandirian bangsa dapat dimulai dari kita sendiri. Pilih dan gunakanlah produk dalam negeri dan banggalah menjadi bagian dari kemandirian bangsa.***

Penulis : Dr. Biryanto, ASN Pemerintah Provinsi Riau
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?

Berita Terkait
Rabu, 03 Agustus 2022 09:37 WIB
Pembangunan yang Memajukan
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Sabtu, 30 Juli 2022 08:04 WIB
Kekuatan Di Balik Hijrah
Selasa, 09 Agustus 2022 07:02 WIB
Bersama Kita Unggul
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Sabtu, 09 Juli 2022 19:29 WIB
Idul Adha: Ketakwaan Berbuah Kepedulian
Selasa, 05 Juli 2022 20:03 WIB
Berkolaborasi Penuhi Hajat Publik
Sabtu, 25 Juni 2022 20:44 WIB
Pendidikan Yang Berkeadilan
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Jum'at, 10 Juni 2022 10:21 WIB
Mengatasi Kesenjangan Dunia Pendidikan
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Rabu, 01 Juni 2022 17:46 WIB
Revitalisasi Nilai Pancasila
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Sabtu, 23 April 2022 06:18 WIB
Pentingnya Iqro’
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Selasa, 12 April 2022 16:00 WIB
Komitmen Setengah Hati Urus BUMD
Rabu, 10 November 2021 17:29 WIB
Warisan Berharga Para Pahlawan
Kamis, 07 April 2022 08:27 WIB
Misi Jadikan Melayu Bahasa Pemersatu
Minggu, 17 April 2022 14:52 WIB
Ekonomi Hijau Demi Riau Berkilau
Senin, 09 Mei 2022 20:46 WIB
G20 dan Politik Luar Negeri Indonesia
Kamis, 17 Februari 2022 12:30 WIB
Maksimalkan Perlindungan Pekerja
Senin, 27 Desember 2021 08:02 WIB
Revitalisasi Desa Sebagai Pilar Bangsa
Kamis, 09 Desember 2021 21:00 WIB
Memaknai Hari Antikorupsi Sedunia
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 14 Agustus 2022
Semarakkan HUT RI ke 77, Warga Kampung Baru Gelar Lomba Sepeda Hias
Minggu, 14 Agustus 2022
BKNDI Bengkalis Apresiasi Semarak Kampung Simpang Ayam, Terobosan Geliatkan Ekonomi
Minggu, 14 Agustus 2022
Sebelum Minta Penambahan, Stok Vaksin PMK di Riau Harus Dimaksimalkan Lebih Dulu
Sabtu, 13 Agustus 2022
Meriahkan HUT 65 Riau, Misnarni Syamsuar Berbagi Resep Masakan Bersama Masyarakat

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Agustus 2022
Nasabah Unit Imambonjol Dapat Honda Brio pada Pengundian PHS BRI
Minggu, 31 Juli 2022
Hadir di Pekanbaru, HijabChic Sambut Antusiasme Fashion Kaum Hawa dengan Tema Romantis
Sabtu, 30 Juli 2022
Ingin Make Over Gaya Rambut Ala Korea atau Jepang? Yuk.. Ke Haoon Hair Dressing
Kamis, 21 Juli 2022
Armada Band akan Meriahkan Hiburan Rakyat Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau

Gaya Hidup lainnya ...
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan
Rabu, 10 Agustus 2022
Peringatan HUT ke-65 Riau, Momentum Perkuat Sinergi Bersatu Bangun Riau
Selasa, 26 Juli 2022
Hari Mangrove Sedunia, Gubri Tanam 200.000 Bibit Mangrove di Bengkalis
Senin, 25 Juli 2022
GALERI FOTO: Buka MTQ XL Provinsi Riau di Rohil, Gubri: Mari Syiarkan Alquran di Bumi Melayu

Advertorial lainnya ...
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch
Kamis, 04 Agustus 2022
Sukses Dihelat di Pekanbaru, STEAM Cup Sumatera Direncanakan Digelar Setiap Tahun
Selasa, 19 Juli 2022
Bengkalis Creative Network MoU dengan Meet Up Co-Working dan Founders Live
Senin, 27 Juni 2022
Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi Lagi 28 Juni 2022!

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 12 Agustus 2022
52 Nakes di Pulau Terluar Rupat Dilatih Tangani Kasus Darurat Ibu Hamil dan Bayi
Kamis, 07 Juli 2022
Permudah Pasien, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Buka Layanan Poliklinik Sore
Rabu, 06 Juli 2022
Pemko Pekanbaru Kejar Target Angka Stunting 6 Persen di 2024, Optimis Tercapai
Minggu, 03 Juli 2022
Penyebab Keputihan Darah yang Perlu Anda Ketahui

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 12 Agustus 2022
CAKAPLAH.COM Menerima Kunjungan Silaturahmi dari Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI
Jumat, 12 Agustus 2022
Gubernur Usulkan Pendirian LLDikti XVII di Riau ke Menko PMK
Kamis, 11 Agustus 2022
Kukerta BK UNRI Buat Plang Nama dan Petunjuk Arah Wisata Alam Air Terjun Lubuok Nginio
Rabu, 10 Agustus 2022
Mahasiswa Kukerta Unri Serahkan Peta Desa untuk Merempan Hulu

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


HUT Riau 2022 - April RAPP
Terpopuler
PCR 2022
Foto
Khas Agustus 2022
Diskes Rohul Agustus 2022
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www