Senin, 08 Agustus 2022

Breaking News

  • Kendaraan Roda Dua di Riau sudah Pakai Plat Warna Putih   ●   
  • 8 Kabupaten di Riau sudah Terjangkit PMK   ●   
  • Kaca Mayang Fashion Street Bakal Digelar di Pekanbaru, Terinspirasi CFW   ●   
  • Vaksin Dosis Keempat di Riau Tunggu Arahan Pusat   ●   
  • Sri Indarti Terpilih Sebagai Rektor Unri Periode 2022-2026   ●   
  • Penduduk Miskin Riau Capai 485 Ribu Orang   ●   
  • Komnas HAM Surati Gubri Minta Selesaikan Persoalan 100 Honorer K2 Lulus CPNS 2014   ●   
  • Peresmian Tol Pekanbaru - Bangkinang Tunggu Persetujuan Presiden   ●   
  • Pembunuh Suami Istri di Rohil Terancam Hukuman Mati   ●   
  • Pakai Gelang 20 Emas Rp45 Juta saat Berkendara, Warga Pekanbaru Jadi Korban Jambret
Yamaha 8-10 Agustus 2022
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


CAKAP RAKYAT
Pembangunan yang Memajukan
Rabu, 03 Agustus 2022 09:37 WIB
Pembangunan yang Memajukan
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Tren Citayem Fashion Week (CFW) berhasil menyita perhatian nasional hingga internasional. Sebagaimana pemberitaan media, CFW muncul usai sejumlah remaja yang kebanyakan berasal dari wilayah suburban seperti Depok, Bojong Gede, Tangerang dan Citayam kerap menjadikan kawasan Dukuh Atas Jakarta sebagai tempat “adu outfit”. Ini lalu jadi fenomena baru di tengah masyarakat Jakarta khususnya dan merambah ke sejumlah daerah. Riau pun tak luput.

Baru-baru ini acara serupa digelar di Kota Bertuah. Bahkan Pemerintah Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu melalui salah satu pejabat terasnya sempat usulkan rencana kegiatan serupa dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI). Adapun kegiatan diberi nama Kaca Mayang Fashion Street. Sesuai namanya, acara dimaksud digelar di Kaca Mayang. Momentum sangat pas berhubung Pemko sudah mendapatkan arahan dari Sekretariat Negara (Setneg) RI agar HUT RI dimeriahkan oleh berbagai acara. Namun info terakhir, setelah dirapatkan, Pj Walikota minta rencana acara dibatalkan.

Terlepas pro dan kontra; setuju atau tidak dengan CFW terutama menyorot sisi negatifnya, ada sisi terang untuk dibahas. Kendati begitu, bukan latah mengulas konsep acara. Tapi melihat dari perspektif luas. Kami selaku lembaga yang diamanahi mengawasi jalan pembangunan, ada substansi dibalik ekspresi para generasi tadi. Bagaimanapun tak lepas dari keberhasilan agenda pembangunan. Tanpa bermaksud mengampanyekan sosok tertentu, harus diakui acara fenomenal itu tak akan terjadi kalau tak didukung fasilitas, utama sekali keberadaan spot yang ikonik. CFW produk para remaja yang nongkrong di kawasan pertemuan Stasiun Commuter Line Sudirman, Stasiun MRT Dukuh Atas, dan Stasiun Kereta Bandara BNI City, Jakarta.

Satu hal tak bisa luput, di area itu pembangunan fasilitas publik sangat terasa manfaatnya. Jika ditelusuri, fenomena CFW sebenarnya bukan barang baru. Tahun 1980-an hal sama pernah terjadi di jalan Melawai, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta. Saking popularnya jalan Melawai sampai dibikin lagu berjudul Lintas Melawai yang dinyanyikan rocker Hari Moekti. Seiring waktu, lokasi popular tadi redup dan ditinggal.
Beberapa tahun belakangan Pemda DKI giat berbenah dan merevitalisasi fasilitas publik. Menghadirkan ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati secara nyaman dan lapang dengan dukungan desain modern. Trotoar lebar memberi kenyamanan bagi pejalan kaki. Dari sinilah pelintas jalan sering bikin video dan berswafoto. Istilah kekiniannya banyak lokasi yang instragamable.

Jangan lupakan pula mobilitas sebagai faktor utama mendukung CFW. Para generasi muda dan masyarakat begitu mudahnya berkumpul di ruang terbuka disebabkan akses menuju ke sana mudah dan murah. Kalau kita berkesempatan jajal, terasa perbedaan ketika menggunakan moda transportasi di Jakarta.

Sistem transportasi terintegrasi memudahkan masyarakat. Mulai commuterline, MRT, Transjakarta hingga kereta bandara bisa menjangkau kawasan strategis. Transportasi efektif dan efisien aspek penting dalam agenda pembangunan. Selain membuat masyarakat lebih produktif, juga memberi ketentraman masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari berikut untuk refreshing atau healing. Terlebih ketika dihadapkan kepada tipikal masalah perkotaan semisal kemacetan yang bikin stres, moda transportasi efektif dan efisien merupakan solusi paling ampuh.

Tak hanya sampai di situ, keberhasilan pembangunan sistem transportasi efektif dan efisien turut membuat roda perekonomian dari kawasan yang dilalui atau yang terhubung tumbuh lebih menjanjikan. Menilik dampak sosial, CFW juga menjadi sarana efektif bagi aspirasi warga. Di balik kehebohan, terungkap sisi lain. Para remaja yang datang ternyata banyak berasal dari kalangan kurang mampu.

Banyak diantara mereka putus sekolah, direndahkan dan dihina karena penampilan mereka yang modal ekonomis bahkan tak punya media sosial untuk publikasi penampilan mereka ke publik. CFW tak hanya mengungkap kegetiran hidup, tapi juga turut memberi solusi. Seperti sejumlah remaja putus sekolah, diberi tawaran beasiswa untuk kembali mengeyam pendidikan.

Fasilitator

Berangkat dari pemaparan dapat disimpulkan betapa agenda pembangunan dapat men-trigger munculnya pertumbuhan, kemajuan dan “budaya baru” di tengah masyarakat. Jadi bukan acara CFW yang mesti ditiru, apalagi sampai Pemda turun tangan bikin acara. Semestinya ide dan gagasan pembangunan perlu direplikasi. Bukankah dalam konsep pembangunan Pemerintah hanya berperan sebagai fasilitator. Tugasnya menghadirkan pembangunan yang dapat dirasa manfaatnya bagi masyarakat.

Ketika pembangunan berhasil, berbagai bentuk ekspresi akan lahir dengan sendirinya lewat inisiatif warga. Tulisan ini tak bermaksud memukul rata semua pembangunan khususnya di Riau tak sesuai kebutuhan. Namun ada catatan penting melihat realita di lapangan. Boleh dibilang, agenda pembangunan daerah belum sepenuhnya dibekali perencanaan matang dan terintegrasi. Orientasi proyek masih setengah hati. Untuk moda transportasi contohnya, penerapan baru sebatas penuhi kadar minimal. Padahal manfaat luar biasa. Begitujuga fasilitas publik lain. Jangankan memenuhi standar kenyamanan warga, untuk Standar Pelayanan Minimal (SPM) sektor utama pendidikan, kesehatan dan infrastruktur dasar masih kewalahan.

Hal ini kerap jadi sorotan intens DPRD Riau terutama kami di Komisi V. Paling mengemuka tak sedikit fasilitas di beberapa daerah di Provinsi Riau pembangunannya terbengkalai. Sementara duit APBD sudah terpakai. Oleh karena itu untuk tahun 2023, kami meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memprioritaskan ini ketimbang ajukan program baru. Semisal di Kabupaten Siak pembangunan Puskemas mangkrak. Ada Puskesmas dibangun tahun 2013 dengan APBD Provinsi Riau.

Mirisnya pembangunan terkendala perkara penatakelolaan aset. Disamping itu, masih di Siak, ada juga puskesmas dibangun Pemprov Riau tahun 2016 lalu yang pengerjaannya setengah jalan. Malah kabarnya Pemkab Siak yang melanjutkan pembangunan Puskesmas terbengkalai memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten. Keberadaan sejumlah sarana yang sudah dibangun tapi tak kunjung dimanfaatkan juga jadi perhatian. Banyak fasilitas dibangun jauh dari pemukiman warga. Ada pula dibangun tapi tak jelas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolanya.

Mengacu ke masalah barusan, pembangunan bukan ujub-ujub soal fisik semata. Pembangunan harus melibatkan sisi manusianya. Disamping membangun fisik juga harus dipikirkan bagaimana pembangunan mentalitas manusianya. Dengan begitu sarana yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Kenapa agenda pembangunan di daerah lain seperti DKI bisa efektif? Jawabannya simpel, karena agenda pembangunan menjawab permasalahan.

Artinya berangkat dari kebutuhan dan tuntutan, bukan proyek mercusuar dan jor-joran. Riau sangat mungkin mereplikasi setiap kemajuan daerah lain. Tinggal sekarang bagaimana caranya agar setiap program dapat direncanakan dengan baik. Tidak hanya melihat pencapaian kuantitas atau jumlah pembangunan, tapi efektivitas.

Karena, mengutip perkataan Ibnu Khaldun dalam karyanya Mukaddimah, bahwa ketika indikator suksesnya sebuah pembangunan oleh negara dapat dilihat dari dampak terhadap kemajuan warga. Kalau pembangunan marak tapi ekonomi bangsa justru tertekan, itu tanda oritentasi pembangunan bukan untuk menjawab kebutuhan tapi demi kepentingan tertentu.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?

Berita Terkait
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Sabtu, 30 Juli 2022 08:04 WIB
Kekuatan Di Balik Hijrah
Sabtu, 09 Juli 2022 19:29 WIB
Idul Adha: Ketakwaan Berbuah Kepedulian
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Selasa, 05 Juli 2022 20:03 WIB
Berkolaborasi Penuhi Hajat Publik
Sabtu, 25 Juni 2022 20:44 WIB
Pendidikan Yang Berkeadilan
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Jum'at, 10 Juni 2022 10:21 WIB
Mengatasi Kesenjangan Dunia Pendidikan
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Rabu, 01 Juni 2022 17:46 WIB
Revitalisasi Nilai Pancasila
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Selasa, 05 April 2022 16:22 WIB
Impor dan Kemandirian Bangsa
Sabtu, 23 April 2022 06:18 WIB
Pentingnya Iqro’
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Senin, 09 Mei 2022 20:46 WIB
G20 dan Politik Luar Negeri Indonesia
Selasa, 12 April 2022 16:00 WIB
Komitmen Setengah Hati Urus BUMD
Rabu, 10 November 2021 17:29 WIB
Warisan Berharga Para Pahlawan
Kamis, 07 April 2022 08:27 WIB
Misi Jadikan Melayu Bahasa Pemersatu
Minggu, 17 April 2022 14:52 WIB
Ekonomi Hijau Demi Riau Berkilau
Kamis, 17 Februari 2022 12:30 WIB
Maksimalkan Perlindungan Pekerja
Senin, 27 Desember 2021 08:02 WIB
Revitalisasi Desa Sebagai Pilar Bangsa
Senin, 23 Mei 2022 07:40 WIB
Berdamai dengan Perubahan
Minggu, 01 Mei 2022 23:16 WIB
Fitrah Dan Kekuatan Untuk Merubah
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 08 Agustus 2022
Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Puan: Terima Kasih Pahlawan Olahraga
Senin, 08 Agustus 2022
Sempat Misterius, Akhirnya Manajemen PT TUM Menunjukkan Diri
Senin, 08 Agustus 2022
Bertemu Investor Jepang, Bupati Rohil Sebut Tahun 2023 Internasional Fish Market akan Dibangun di Bagansiapiapi
Senin, 08 Agustus 2022
Hingga Juli 2022, Serapan APBD Pelalawan Rp 668 Miliar dari Total Rp1,5 Triliun

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Agustus 2022
Nasabah Unit Imambonjol Dapat Honda Brio pada Pengundian PHS BRI
Minggu, 31 Juli 2022
Hadir di Pekanbaru, HijabChic Sambut Antusiasme Fashion Kaum Hawa dengan Tema Romantis
Sabtu, 30 Juli 2022
Ingin Make Over Gaya Rambut Ala Korea atau Jepang? Yuk.. Ke Haoon Hair Dressing
Kamis, 21 Juli 2022
Armada Band akan Meriahkan Hiburan Rakyat Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 26 Juli 2022
Hari Mangrove Sedunia, Gubri Tanam 200.000 Bibit Mangrove di Bengkalis
Senin, 25 Juli 2022
GALERI FOTO: Buka MTQ XL Provinsi Riau di Rohil, Gubri: Mari Syiarkan Alquran di Bumi Melayu
Jumat, 10 Juni 2022
Tutorial Mengubah Alamat Warga di Kecamatan Pemekaran, Disdukcapil Pekanbaru Beri Kemudahan
Kamis, 09 Juni 2022
Disdukcapil Pekanbaru Gencar Sosialisasikan Perubahan Adminduk

Advertorial lainnya ...
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch
Kamis, 04 Agustus 2022
Sukses Dihelat di Pekanbaru, STEAM Cup Sumatera Direncanakan Digelar Setiap Tahun
Selasa, 19 Juli 2022
Bengkalis Creative Network MoU dengan Meet Up Co-Working dan Founders Live
Senin, 27 Juni 2022
Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi Lagi 28 Juni 2022!

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 07 Juli 2022
Permudah Pasien, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Buka Layanan Poliklinik Sore
Rabu, 06 Juli 2022
Pemko Pekanbaru Kejar Target Angka Stunting 6 Persen di 2024, Optimis Tercapai
Minggu, 03 Juli 2022
Penyebab Keputihan Darah yang Perlu Anda Ketahui
Selasa, 28 Juni 2022
Sosialisasi Layanan Kaki Palsu RS Awal Bros, Gubri Serahkan Kaki Palsu ke Pasien

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 08 Agustus 2022
Mahasiswa KKN Integrasi Unri Bumikan Eco-Enzyme di Kelurahan Air Putih
Minggu, 07 Agustus 2022
Gandeng RRI Pekanbaru, HIMA Humas UMRI Gelar Pelatihan Penyiaran
Sabtu, 06 Agustus 2022
Mahasiwa Kukerta Unri Edukasi Warga Pekanbaru Tentang Stunting
Rabu, 03 Agustus 2022
Paska Kunjungan KKN, Bupati Pelalawan Ingin Kerjasama dengan IPB University

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


PCR 2022
Terpopuler
Khas Agustus 2022
Foto
HUT Riau 2022 - PT SPR
Diskes Rohul Agustus 2022
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www