Rabu, 28 September 2022

Breaking News

  • Vaksinasi Merdeka Pemko Pekanbaru Akhirnya Digelar, 23.880 Dosis Disiapkan   ●   
  • Anggota DPR Tegaskan Rencana Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Gas Tidak Sederhana   ●   
  • Galian Pipa PDAM Membahayakan, DPRD Pekanbaru: harus Diperbaiki Seperti Semula   ●   
  • Diduga Bakar Lahan TNTN Seluas 20 Hektare, Dua Warga Ditahan Polisi   ●   
  • Kunjungan di Mall Vaksinasi Riau Menurun, Rata-rata Cuma 100 Orang Perhari   ●   
  • ASN Meninggal di Basement Kantor DPRD Riau, Polisi: Murni Gantung Diri   ●   
  • 1.353 Orang Terserang DBD di Riau Sepanjang Tahun 2022, Pekanbaru Tertinggi   ●   
  • Tarif Listrik Oktober-Desember 2022 Dipastikan Tidak Naik   ●   
  • Ada Lagi Kasus Meninggal Akibat Covid-19 di Riau, Tetap Waspada   ●   
  • Antisipasi Krisis Pangan, Sorgum Ternyata Cocok Dikembangkan di Riau
Yamaha 26-28 September 2022

CAKAP RAKYAT
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) Di Provinsi Riau telah disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Riau. Keinginan mendasari Ranperda yang diinisiasi Komisi 5 ini bukan sekedar basa-basi atas pentingnya jaminan kesetaraan, keadilan dan bebas dari perlakuan diskriminatif. Namun lebih dari itu demi mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender sebagai dasar pijakan dalam rangka memperkuat pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Berangkat dari paradigma tadi, maka perlu disusun strategi untuk mengintegrasikan PUG dalam proses pembangunan daerah. Apalagi secara aturan sudah ada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Di Daerah yang telah diubah beberapa kali, yang mengatur kewajiban Pemerintah Daerah (Pemda) menyusun kebijakan, program, dan sub kegiatan pembangunan responsif gender yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Rencana Strategis Perangkat Daerah dan Rencana Kerja Perangkat Daerah.

Sedikit mengulas ke belakang, saat rapat kerja perumusan masalah kesenjangan gender, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Riau bersama sejumlah perangkat Pemda terkait menemukan fenomena di berbagai sektor seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi (khususnya partisipasi angkatan kerja). Ternyata banyak ditemui persoalan menghambat pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Provinsi Riau.

Mengutip Badan Pusat Statistik (BPS), IPG adalah sejumlah indikator yang melihat usia dan kesehatan berupa Angka Harapan Hidup, Lama Sekolah dan kehidupan yang layak dari segi pendapatan baik itu laki-laki dan perempuan. Meski angka IPG nasional di atas 90, namun masih ada gap antara IPM perempuan dengan laki-laki. Contoh dalam pendidikan, untuk angka lama sekolah menunjukkan bahwa rata-rata perempuan sampai kelas 8 atau setara SMP kelas 2, sementara laki-laki hingga kelas 9.

Serupa di Riau, kesenjangan IPM laki-laki dan perempuan 10 tahun terakhir mengundang kekhawatiran. Begitujuga IPG Riau menurut data BPS Provinsi Riau tahun 2021 untuk perempuan 68.46 sedangkan laki-laki 77.46. Di seluruh kabupaten/kota Riau, angka IPG perempuan terpaut signifikan dari laki-laki. Kesenjangan jelas tak bisa dianggap sepele. Terlebih jumlah penduduk Riau berdasarkan BPS 2019, perempuan sebanyak 3.396.803 jiwa dan laki-laki 3.574.942 jiwa. Jumlah yang besar dan sangat berpengaruh bagi jalan pembangunan daerah. Sangat disayangkan kalau peran perempuan tidak optimal.

Tantangan Riau atasi kesenjangan agak berat sebab perspektif gender belum sepenuhnya terintegrasi dengan kebijakan daerah. Kendati sudah ada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 18 tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Provinsi Riau, namun Gender Analysis Pathway (GAP) dan Budget Statement (GBS) belum paripurna diterapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Imbasnya tidak terimplementasi dalam proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pemantauan serta evaluasi program dan kegiatan pembangunan di Riau.

Dari segi alokasi dan komposisi belanja urusan sektoral PUG di APBD Provinsi Riau pun kecil. Kasarnya, prasyarat PUG belum terpenuhi di berbagai lini mulai lingkup Pemda, swasta hingga masyarakat. Keadaan ini membuat pengaturan, jangkauan, sasaran dan arah PUG tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebenarnya Pergub sudah memberi ruang. Diantaranya mengamanatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Riau koordinator PUG. Namun capaian masih jauh dari ideal. Itulah kenapa perlu Perda.

Bermodal regulasi di tingkat daerah, ke depan seluruh OPD diminta menyiapkan dokumen menyertakan komitmen kebijakan kelembagaan, SDM, dana, data, alat analisis dan sebagainya. Semua tertuang dalam rencana kerja dan rencana aksi daerah guna mempromosikan dan memfasilitasi pengarusutamaan gender di masing-masing OPD serta melaksanakan sosialisasi dan advokasi kepada kelurahan dan desa serta memperkuat partisipasi masyarakat.

Solusi

Seperti telah disinggung sebelumnya, kehendak atas Raperda ini bukan sekedar teori. Paling esensial dapat mengurai dan menjawab berbagai problematika berkembang di tengah masyarakat dengan solusi sistematis dan terintegrasi. Strategi mencapai kesetaraan dan keadilan gender juga jangan latah copas pandangan budaya luar. Perda PUG mesti sejalan dengan kearifan lokal dan mencermati variabel yang mempengaruhi. Teristimewa Riau patut membanggakan kultur Melayu dan nilai historisnya. Tertulis dalam tinta emas permaisuri Sultan Syarif Kasim II, Syarifah Latifah merupakan salah satu tokoh perempuan sangat menginspirasi dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa. Beliau mendirikan sekolah khusus untuk perempuan pertama di Riau, diberi nama Latifah School yang diresmikan pada 1926.

Begitu juga ditarik ke ajaran Islam basis budaya Melayu juga sudah lebih dulu memperkenalkan penguatan peran perempuan. Saat peradaban barat masih dalam kegelapan dan membatasi peran perempuan dalam politik dan publik, para perempuan justru memainkan peran begitu sentral dalam sejarah Islam. Kisah fenomenal tersaji mulai Khadijah istri Nabi Muhammad SAW yang mana sosok pengusaha disegani hingga pendiri universitas pertama di dunia di Maroko, Al Qarawiyyin yakni seorang putri saudagar kaya bernama Fatima al-Fihri.

Disamping nilai kultur, pembahasan Raperda juga menuntut kajian komprehensif. Misal, bagaimana arah Raperda bisa memperkuat ketahanan rumah tangga atau keluarga sebagai pondasi utama mewujudkan ketahanan nasional. Sebab isu barusan sangat sentral dan berkaitkelindan dengan PUG. Terkhusus Riau makin urgen sehubungan data BPS mencatat di tahun 2021 Provinsi Riau menduduki peringkat sembilan nasional tingkat perceraian tertinggi di Indonesia, sebanyak 12.722 kasus.

Menariknya, penyebab kasus perceraian mayoritas diajukan istri atau cerai gugat. Penyebab perselisihan didominasi faktor ekonomi. Adapun faktor hukum atau kekerasan berada di bawahnya. Berkaca ke kondisi, strategi PUG tak bisa jalan sendiri tanpa upaya peningkatan kesejahteraan keluarga yang kerap memicu permasalahan perceraian, stunting dan kekerasan anak. Kebijakan dan program PUG mesti jadi sarana menggalang pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki.

Kemudian digodok dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas seluruh kebijakan dan program. Pelaksanaannya juga perlu direfleksikan dalam proses penyusunan kebijakan, yang nantinya menjadi acuan atau pedoman perencanaan dan penganggaran program dan kegiatan sebagai syarat utama menghasilkan anggaran responsif gender.

Demikian sedikit penyampaian perihal Raperda Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah. Kami sangat berharap semoga Raperda ini dapat memberi manfaat bagi kehidupan lebih baik ke depan. Mengingat kesetaraan modal berharga membangun daerah dan bangsa. Tujuan dimaksud tentu tidak akan pernah tercapai tanpa keterlibatan berbagai pihak dan pemangku kepentingan khususnya kalangan masyarakat. Dan ini dimulai sejak proses menghasilkan pedoman aturan berkualitas dan mampu menjawab permasalahan.

Kritikan dan saran perlu disampaikan secara langsung atau tidak langsung; resmi atau tidak resmi supaya materi Raperda dapat memenuhi asa bersama. Kami selaku Komisi 5 selaku inisiator dan Bapemperda juga berharap pihak Panitia Khusus yang akan dibentuk nantinya dapat membuka seluas-luasnya partisipasi dari masyarakat yang mewakili suara dan aspirasi kalangan perempuan dan pemangku kepentingan lainnya.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V Dan BAPEMPERDA DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Selasa, 30 Agustus 2022 11:48 WIB
Pendidikan Ruh Pembangunan
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Kamis, 22 September 2022 08:16 WIB
Meneroka RUU Sisdiknas
Minggu, 18 September 2022 08:16 WIB
Karena Satu Nyawa Begitu Berharga
Rabu, 03 Agustus 2022 09:37 WIB
Pembangunan yang Memajukan
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Jum'at, 09 September 2022 11:23 WIB
Ada Apa Menjelang Pilihan Raya Umum ke-15 Malaysia?
Sabtu, 30 Juli 2022 08:04 WIB
Kekuatan Di Balik Hijrah
Minggu, 04 September 2022 17:36 WIB
BBM Naik Rakyat Tercekik
Kamis, 25 Agustus 2022 10:07 WIB
BRK Syariah: Lembar Baru, Semangat Baru
Senin, 22 Agustus 2022 10:01 WIB
Ketika Pendidikan Hilang Arah
Sabtu, 09 Juli 2022 19:29 WIB
Idul Adha: Ketakwaan Berbuah Kepedulian
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Selasa, 05 Juli 2022 20:03 WIB
Berkolaborasi Penuhi Hajat Publik
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Sabtu, 25 Juni 2022 20:44 WIB
Pendidikan Yang Berkeadilan
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Selasa, 09 Agustus 2022 07:02 WIB
Bersama Kita Unggul
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 28 September 2022
Kejari Rohil Musnahkan BB Dari 142 Perkara Tindak Pidana Umum
Selasa, 27 September 2022
Seluruh Fraksi di DPRD Pelalawan Apresiasi Naiknya PAD
Selasa, 27 September 2022
Pemkab Berikan Diskon 50 Persen Bayar PBB di Stand Helat Pelalawan
Selasa, 27 September 2022
Bangun Sinergitas, Bank BJB Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Serantau lainnya ...
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022
Senin, 19 September 2022
Wakili Riau, Naomy Angelica Dari AsmaraNur Modeling School Raih 4th Runner Up Miss Indonesia 2022
Kamis, 15 September 2022
Hadirkan Artis Nicky Tirta, MamaSuka dan LOTTE Grosir Ungkap Rahasia Bisnis Cuan Horeka di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Senin, 19 September 2022
Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Camat
Jumat, 16 September 2022
Peneliti Sadar ternyata Simpanse Pukul Akar Pohon untuk Kirim Pesan Jarak Jauh
Jumat, 19 Agustus 2022
Kesiapan Isuzu Menyambut Era Elektrifikasi Kendaraan Bermotor di Indonesia
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 26 September 2022
Yayasan SIKLUS Melayani Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 28 September 2022
Unilak Masih Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru hingga 1 Oktober 2022
Selasa, 27 September 2022
Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UMRI Kampung Rantau Panjang 2022 Tanam 100 Bibit Pohon Buah
Senin, 26 September 2022
Kolaborasi dengan DAAD Jerman, UIR Laksanakan Pengabdian Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal di Kampar
Jumat, 23 September 2022
Wakil Bupati Bengkalis Apresiasi Pengabdian Masyarakat Himadata FH UIR

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

LAMR Rohul
Terpopuler

05

Ketua Bawaslu Riau
Foto
Pertamina
Khas 1 September 2022
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang
Selasa, 13 September 2022
Ribut-ribut Wudu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!

Selebriti lainnya ...
Diskes Rohul Agustus 2022
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis

Religi lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Indeks Berita
www www