Rabu, 07 Desember 2022

Breaking News

  • Bapenda Riau Pastikan Tak Ada Pemutihan Denda Pajak Tahun Ini   ●   
  • Jelang Natal dan Tahun Baru, Muflihun Sebut Harga Sembako Masih Stabil   ●   
  • Masih Jauh dari Target, Retribusi Sampah di Pekanbaru Baru Rp 3,8 Miliar   ●   
  • Kades di Meranti Berharap Perseteruan Bupati dan Gubri Tidak Berlanjut   ●   
  • Wamendes: Kemajuan Desa Mandiri di Riau Melejit   ●   
  • Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor 2022 sampai Akhir Desember   ●   
  • Kasus Covid-19 Menanjak, Gubri Perintahkan Gesa Vaksinasi Booster   ●   
  • Paling Lambat 3 Desember, Pemprov Riau Ingatkan 8 Daerah segera Usulkan Draf APBD 2023   ●   
  • Kapolda Pertama yang Turun Langsung ke Lokasi Gempa Cianjur, Irjen Iqbal Bawa 9 Truk Sembako   ●   
  • Sensus Terkini, Pertumbuhan Islam di Inggris Meroket
Yamaha 27-30 November 2022

CAKAP RAKYAT
BBM Naik Rakyat Tercekik
Minggu, 04 September 2022 17:36 WIB
BBM Naik Rakyat Tercekik

(CAKAPLAH) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan untuk menaikan harga BBM. Harga baru resmi berlaku pada pukul 14.30 WIB. Dalam pengumuman yang disampaikan secara langsung oleh Presiden Jokowi didampingi beberapa menteri diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Menteri ESDM Arifin Tasrif di Istana Negara Jakarta (3/9/2022). Namun kenaikan BBM kali ini agak berbeda.

Di lapangan terselip banyak cerita, keluh kesah serta kekesalan warga. Boleh dibilang kali ini Pemerintah berhasil nge-prank rakyat se-nusantara. Setelah sempat tertipu isu kenaikan harga BBM pada Kamis (1/9/2022) yang membuat warga di berbagai daerah antri di SPBU sejak 31 Agustus hingga tengah malam, Sabtu siang warga kecolongan tak tahu bakal ada kenaikan harga BBM. Alhasil menyesal tak sempat isi BBM sebelum harga baru berlaku.

Jari-jemari netizen pun bergerak aktif menulis beragam komentar di media sosial. Banyak yang bilang prank tadi benar-benar cara “wong licik”. Terkait kenaikan BBM kita sama tahu bukan hal baru dalam periode pemerintahan Jokowi. Setidaknya sudah 7 kali diubah sejak beliau menjabat tahun 2014 silam. Melengkapi catatan Pemerintahan Jokowi paling banyak menaikkan harga BBM.

Sebenarnya sinyalemen kenaikan sudah terdeteksi kala Presiden Jokowi bagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai bantalan sosial mengantisipasi kenaikan BBM. Menyinggung bantuan, lagi-lagi tersaji cerita kurang mengenakan. Paska pembagian amplop bertuliskan “Bantuan Kemasyarakatan Presiden Jokowi” ke pedagang di salah satu pasar di Kota Bandung, ternyata setelah dibuka tak ada isinya. Akhirnya setelah jadi bahan pemberitaan media, oleh bagian kesekretariatan Presiden diganti. Kembali ke topik, saat konferensi pers di Istana (3/9/2022), Presiden berkata bahwa Pemerintah sudah berupaya sekuat tenaga agar BBM tetap terjangkau. “Saya sebetulnya ingin harga BBM dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN," kata Jokowi. Namun, lanjutnya, anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 meningkat tiga kali lipat dari Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502 triliun. Namun data Presiden barusan dipertanyakan banyak pihak. Salah satunya oleh kalangan Presiden sendiri yakni anggota DPR-RI Rieke Diah Pitaloka lewat postingan Instagram. Menurutnya, nomenklatur kompensasi BBM yang dimaksud tak tercantum dalam Perpres Nomor 98/2022 tentang rincian APBN TA 2022. Yang ada hanya nomenklatur subsidi BBM sebesar Rp14,5 triliun. "Lalu darimana angka subsidi + kompensasi sebesar Rp502,4 triliun yang disebut-sebut oleh Menteri Keuangan? Padahal angka kompensasi BBM itu sendiri tidak ada dalam Perpres No. 98/2022!," (@riekediahp, 30/8). Kalau begitu lantas apa landasan menaikan BBM?

Menyengsarakan?

Daerah sangat pantas bersuara. Terlepas kebijakan sudah menjadi keputusan, bukan berarti diam dan mengenyampingkan aspirasi akar rumput. Terlebih Riau dengan status bumi penghasil Migas tapi selalu merana. Tak ada istimewanya di atas minyak di bawah minyak. Bahkan masyarakat Riau pernah kesal saat kenaikan BBM di tahun 2018, lantaran harga BBM tertentu di Riau lebih mahal ketimbang Papua. Khusus bagi kami anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau yang membidangi kesejahteraan rakyat menilai kenaikan BBM kali ini bisa mendorong masyarakat ke jurang kesengsaraan. Apalagi harga komoditas termasuk kebutuhan pokok sudah lebih dulu merangkak naik. Kegelisahan ini terwakili dalam surat terbuka yang disampaikan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kepada Presiden Jokowi. Kembali menyoal Riau patut waspada mengingat belum lama berselang mencatat inflasi tinggi. Kala itu Presiden Jokowi sampai menyentil dan mengingatkan lima provinsi yang inflasi terlalu tinggi yaitu Jambi, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Riau dan Aceh. Mirisnya, sudah tahu kondisi tak memungkinkan lagi menanggung beban, diperparah dengan opsi menaikkan BBM. Perhatian paling besar jelas tercurah ke kelompok masyarakat ekonomi ke bawah dan kelompok tenaga kerja semisal buruh dan informal yang paling mendominasi. Mereka paling merasakan dampak inflasi dan kenaikan harga BBM. Sementara mereka bukan konsumen terbesar BBM. Melansir hasil riset Mandiri Institute April 2022, diperoleh kesimpulan bahwa kenaikan harga BBM bersubsidi paling dirasakan kelompok pengeluaran terendah. Walau dari segi konsumsi BBM paling besar oleh kelompok teratas. Kenaikan harga BBM seperti Pertamax dan Pertalite meningkatkan persentase pengeluaran penduduk ekonomi ke bawah dari 4% menjadi 6,8%. Sementara, porsi pengeluaran BBM kelompok terkaya diperkirakan hanya meningkat 5,2%.

Kenaikan BBM dapat meningkatkan tingkat inflasi Indonesia yang sudah mencapai 4,94% per Juli 2022. Inflasi bisa naik 6-7% secara tahunan jika Pertalite dikerek ke Rp. 10.000 per liter. Konsekuensi logis paska kenaikan BBM biasanya diiringi naiknya harga komoditas lain. Rentetannya seakan tak bertepi. Kalau harga berbagai bahan dan kebutuhan pokok perlahan ikut naik, maka maksud Pemerintah menaikan BBM agar alokasi subsidi tepat sasaran dan mengurangi beban anggaran, ujungnya justru bertolakbelakang dengan upaya meningkatkan kesejahteraan. Anggaran pemulihan yang telah dibelanjakan dalam jumlah besar guna menekan kemiskinan dan pengangguran, sampai Pemda dikejar-kejar refocussing APBD hingga mengorbankan pembangunan daerah, semua terasa percuma. Timing menaikkan BBM dalam waktu terburuk. Memang, sebagai antisipasi, Pemerintah telah siapkan Bantuan Sosial (Bansos) atau BLT yang dulu pernah ditentang Jokowi saat menjabat Walikota Solo karena dianggap tak mendidik masyarakat. Namun BLT tak bisa dirasakan semua kalangan terkena dampak kenaikan BBM. Belum lagi rapor merah pengelolaan Bansos Pemerintah selama ini. Alasan mengurangi subsidi juga tak konsisten dengan sikap Pemerintah yang ngotot lanjutkan proyek kurang prioritas dan memakan anggaran besar kayak IKN, Kereta Cepat dan lain-lain. Begitujuga kementerian dan lembaga negara makin gemuk dan menyita anggaran. Dari sini wajar muncul sentimen, bukannya Pemerintah berkorban untuk rakyat malah sebaliknya. Rakyat dituntut berkorban lebih banyak.

Terakhir, kami mengharapkan peran Pemda sebagai ujung tombak di daerah menjaga dampak kenaikan BBM. Kerja keras Pemprov terutama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Riau sangat dinanti. Mengantisipasi inflasi dengan menjaga harga barang-barang dan komoditas tetap terkendali dan tak naik sesukanya. Berikut peran perlindungan tenaga kerja selaku pihak paling rentan merasakan implikasi kenaikan BBM. Kami juga mengapresiasi inisiasi Pemprov Riau yang membentuk tim pemantauan penyaluran BBM bersubsidi, sebagai tindak lanjut arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang meminta Pemda mengawasi pengusaha memainkan BBM bersubsidi. Karena sekatad ini penyelewengan BBM jauh lebih banyak yang belum terungkap daripada yang terungkap. Sebagaimana tersaji dalam laporan hasil kunjungan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ke sejumlah wilayah termasuk di Sumatera dalam rangka mengawasi jaringan BBM. Dalam laporan dipaparkan bahwa penyelewenangan bisa diidentifikasi bahkan ada dibekingi oknum aparat yang kemudian menjual ke penambang dan industri. Hal-hal seperti inilah bikin subsidi BBM tidak tepat sasaran. Jadi jangan hanya latah menyalahkan pemilik kendaraan pribadi saja. Bicara subsidi semestinya malu dengan negara jiran kayak Malaysia. Pemerintahnya malah mensubsidi BBM jenis RON 95 dan diesel. Subsidi pun terbilang tinggi, mencapai 54% dari harga pasaran bahan bakar saat ini. Pemerintah Malaysia menanggung setara Rp 8.353 setiap liter bensin RON 95 yang dibeli masyarakat. Total sudah setara Rp 94,6 triliun subsidi digelontorkan Pemerintah Malaysia di tahun 2022. Naik tajam dari tahun 2021 yakni setara Rp 37,19 triliun. Namun Pemerintah di sana tak ada koar-koar merasa paling berjasa dan banyak berkorban. Karena mereka sadar toh subsidi BBM menggerakkan perekonomian negara dan mengerek pendapatan warga sebagai elemen penting kesejahteraan, khususnya di fase pemulihan.***

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab Lc MM, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Nasional, Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Kamis, 01 Desember 2022 08:16 WIB
Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Keuangan Desa
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Kamis, 10 November 2022 18:00 WIB
Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Jum'at, 18 November 2022 08:22 WIB
G20 Dalam Angka, Riau Dimana?
Sabtu, 08 Oktober 2022 20:34 WIB
Menjaga Warisan Nabi
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Kamis, 20 Oktober 2022 09:59 WIB
Regsosek dan Semangat Sumpah Pemuda
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Minggu, 16 Oktober 2022 20:11 WIB
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
Jum'at, 28 Oktober 2022 08:20 WIB
Pemuda, Tetaplah Optimis
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Cerita Petugas Padat Karya di Pelalawan Berhenti Bekerja Lantaran Temukan Sarang Ular
Selasa, 06 Desember 2022
Bupati Rohil Pimpin Rakor Forkopimda tentang Antisipasi Banjir dan Persiapan Nataru
Selasa, 06 Desember 2022
Jajaran Polres Bengkalis dan TNI Bersinergi Bantu Masyarakat Kurang Mampu
Selasa, 06 Desember 2022
Sambut Hari HAM se-Dunia, Imigrasi Siak Buka Pekan Layanan Ramah Hak Asasi Manusia

Serantau lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru
Rabu, 30 November 2022
Resep Martabak Telur Roti Tawar, Simpel dan Enak ala Chef Devina Hermawan
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Siak sudah Mulai Transformasi Keuangan ke Sistem Digital
Kamis, 01 Desember 2022
Kuau Raja, Si Burung Bermata Seratus dari Sumbar yang Terancam Punah
Rabu, 30 November 2022
Mengenal Ubur-ubur Kotak, Makhluk Laut Paling Berbisa di Dunia
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Rektor Unri Resmikan Stasiun Meteorologi Pertanian Khusus Fakultas Pertanian
Senin, 05 Desember 2022
Pererat Silaturahmi Antar Mahasiswa Kampar di Yogyakarta, IPRY-KK Gelar Malam Keakraban
Jumat, 02 Desember 2022
5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali setelah Lulus, Kamu Bagaimana?
Kamis, 01 Desember 2022
Penggunaan Gedung SMK Revolusi 4.0 SMK Abdurrab Pekanbaru Diresmikan

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Pegadaian Oktober 2022
Terpopuler

04

Khas Hotel November 2022
Foto
DPRD Riau 2022 1
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 2022 2
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Indeks Berita
DPRD Riau HUT BRIMOB 2022DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www