Minggu, 04 Desember 2022

Breaking News

  • Kades di Meranti Berharap Perseteruan Bupati dan Gubri Tidak Berlanjut   ●   
  • Wamendes: Kemajuan Desa Mandiri di Riau Melejit   ●   
  • Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor 2022 sampai Akhir Desember   ●   
  • Kasus Covid-19 Menanjak, Gubri Perintahkan Gesa Vaksinasi Booster   ●   
  • Paling Lambat 3 Desember, Pemprov Riau Ingatkan 8 Daerah segera Usulkan Draf APBD 2023   ●   
  • Kapolda Pertama yang Turun Langsung ke Lokasi Gempa Cianjur, Irjen Iqbal Bawa 9 Truk Sembako   ●   
  • Sensus Terkini, Pertumbuhan Islam di Inggris Meroket   ●   
  • Oknum Staf KUA Diduga Lecehkan Siswi MTs di Siak Ditangkap   ●   
  • UMK 2023 Kepulauan Meranti Naik 8,03 Persen, Jadi Rp3,224 Juta   ●   
  • Satpol PP Pekanbaru Turunkan 100 Personel Amankan Tour de Siak
Yamaha 27-30 November 2022

CAKAP RAKYAT
Darurat Benahi Sepakbola Tanah Air
Rabu, 05 Oktober 2022 11:49 WIB
Darurat Benahi Sepakbola Tanah Air
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Pertandingan sepakbola Liga 1 pekan ke-11 2022-2023 di Stadion Kanjuruhan (1/10/2022) antara Arema FC vs Persebaya Surabaya menyisakan duka mendalam. Bagi bangsa, bagi sepakbola tanah air hingga internasional. Beberapa liga Eropa kayak Liga Spanyol mengheningkan cipta sebelum kick off. Mulanya laga derby berlangsung intens dengan jual-beli serangan. Sangat menarik ditonton. Namun setelah peluit akhir ditiup berakhir kemenangan untuk Persebaya Surabaya, situasi mencekam.

Ratusan korban jiwa berjatuhan. Dikutip dari media massa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dalam konferensi pers di Polresta Malang (2/10) berkata bahwa 127 orang meninggal, dua diantaranya anggota Polri. 34 orang meninggal dalam stadion, sedang 93 orang meninggal dunia di RS. Tragedi bermula turunnya beberapa orang suporter Arema ke lapangan paska pertandingan, mencari pemain dan official Arema. Motif mereka bertanya kenapa bisa kalah sembari mengkritik permainan. Saat itu, polisi berhasil mencegah supaya pemain dan official tim rival terhindar dari hal tak diinginkan serta mengawal masuk ke kamar ganti.

Namun di waktu bersamaan, upaya Polisi menghalau penonton yang turun ke lapangan tak sesuai harapan. Gas air mata ditembakan Polisi tak hanya menyasar lapangan tapi juga tribun. Alhasil penonton berhamburan cari jalan keluar, menumpuk ke satu titik dan berdesak-desakan. Di sinilah insiden terjadi. Banyak sesak napas dan kekurangan oksigen. Keterangan Kapolda Jatim sama persis dengan testimoni salah seorang Aremania yang selamat.

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan peristiwa bukan kerusuhan atau bentrok antara suporter, sebab pendukung Persebaya ada larangan datang ke stadion. Meski begitu, tragedi memilukan tak seharusnya terjadi. Kehilangan satu nyawa terlalu banyak, apalagi ratusan melayang begitu saja. Ini aib sejarah olahraga Indonesia. Angka tersebut melebihi jumlah korban Tragedi Heysel 29 Mei 1985 saat laga Liga Champions. Kala itu, tembok stadion runtuh dan menyebabkan 39 orang meninggal dunia.

Kembali ke dalam negeri, harus ada evaluasi total. Cukup ini terakhir. Ironisnya insiden Stadion Kanjuruhan bukan pertama di tahun 2022. Masih segar ingatan, dua orang suporter meninggal di Stadion GBLA Bandung (17/6/2022) saat pertandingan Persib Bandung versus Persebaya Surabaya pada penyisihan Grup C Piala Presiden 2022. Waktunya juga malam dan diduga jumlah penonton melebihi kapasitas. Membludaknya penonton di pintu masuk membuat dua korban jiwa sesak napas. Riau pun tak luput.

Laga PSPS Riau versus PSMS Medan di Stadion Utama Riau (22/9/2022) kisruh. Ulah segelintir suporter PSPS tak terima kekalahan lalu bakar kembang api, mencopot dan bakar kursi tribun. Kami di Komisi V DPRD Provinsi Riau yang membidangi urusan kepemudaan dan olahraga memandang, kelakuan anarkis oknum mengaku suporter tadi merugikan nama PSPS dan Riau mengingat stadion dibangun dari APBD. Komite Disiplin PSSI sudah beri sanksi. Sudahlah bayar denda PSSI, Dispora Provinsi Riau juga meminta pertanggungjawaban ke pihak manajemen PSPS Riau. Sekarang PSPS terasing ke luar Riau.

Sistem

Sebenarnya sepakbola Indonesia sangat potensial. Menjamurnya talenta berbakat seantero nusantara ditambah tingginya antusiasme warga menonton. Fenomena tampak kasatmata sampai liga antar kampung. Boleh dibilang level fanatik suporter Indonesia tak berbeda dibanding pendukung sepakbola di luar negeri terutama Inggris. Perpaduan talenta dan minat penonton modal sangat berharga guna memajukan sepakbola nasional dan mendulang sukses di berbagai kancah dan kompetisi. Cuman belum serius membenahi cela. Peristiwa Stadion Kanjuruhan tuntutan darurat pengelolaan olahraga lebih baik dan profesional. Dimulai pengungkapan atas peristiwa. Namun bukan samata mencari “kambing hitam” dan menghukum pihak bertanggung jawab sesuai hukum berlaku. Lebih dari itu, jadikan itu presenden sekaligus momentum membangun optimisme kebangkitan olahraga tanah air. Apalagi beberapa waktu belakangan timnas sepakbola Indonesia tampil menjanjikan, ditambah persiapan sebagai tuan rumah piala dunia U-20 dan berbagai even internasional yang akan berlangsung di Indonesia. Kita berharap FIFA tak jatuhkan sanksi. Kalau terjadi, paling dirugikan regenerasi hingga ke daerah.

Insiden mengajarkan olahraga sangat ditentukan manajemen. Manajemen baik lahirkan even kompetitif dan dapat memicu atensi penonton. Kalau dikelola profesional, keuntungan materi ikut positif. Tentu bukan cuan tujuan utama. Itu bonus ketika ikhtiar sempurna. Jalan ke sana juga tak mudah. Penuh tantangan dan butuh kesabaran. Bukan mustahil kita meniru keberhasilan pengelolaan sepakbola Eropa.

Jangan hiraukan pandangan sinis dan skeptis bilang kita tak akan mampu. Semua bisa asal komitmen. Toh manajemen liga Eropa bagus tak ujub-ujub satu malam. Kalau tingkah suporter tanah air dituduh sebagai faktor penghambat, fans sepakbola daratan Inggris kurang ganas apa? Kita kenal istilah Hooligan dan nama lain yang beringas dan suka rusuh juga. Tapi tata kelola dan ketatnya sistem di sana buat ketar-ketir yang tak disiplin dan tak sportif.

Tidak adil hanya berharap kedewasaan suporter sementara mengenyampingkan aspek lain seperti pihak penyelenggara, aparat dan pihak terkait. Contoh soal tiket menonton di stadion. Masih didapati orang beli tiket tanpa sertakan kartu identitas. Artinya, tiket dijual tanpa nama. Bagi oknum yang nonton di stadion bukan lihat laga tapi demi motif lain atau bikin rusuh, jelas merasa aman identitasnya tak tercatat. Anonimitas sangat berbahaya. Karena dalam anonimitas orang bisa berbuat sesuka hati.

Di sini saja sudah fatal. Begitu juga Riau, pembenahan penyelenggaraan stadion kategori utama mesti ditempuh. Manajemen stadion profesional tuntutan kekinian agar penonton aman dan nyaman. Ingat, kerusuhan tak libatkan semua suporter. Jumlah perusuh sebenarnya kecil dan dapat dikendalikan.

Berbeda di liga negara maju, pengawasan berlaku sejak membeli tiket. Jumlah penonton dan tiket diatur. Plus, CCTV dipasang di penjuru stadion berikut jumlah petugas keamanan proporsional dengan jumlah penonton. Balik ke insiden Stadion Kanjuruhan, menimbang laga panas, sebelum pertandingan aparat mengaku telah minta pertandingan dilaksanakan sore bukan malam dan jumlah penonton disesuaikan kapasitas stadion.

Tapi menurut Panpel Arema FC sempat ajukan perubahan jam tanding dimajukan sore hari. Tapi oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) ditolak. Dari gambaran kelihatan koordinasi tak maksimal. Aparat juga tak luput dari sorotan. Penggunaan gas air mata dinilai pemicu timbul korban jiwa. Banyak yang bertanya, kenapa SOP pengamanan pertandingan tak sesuai dengan FIFA Stadium Saferty and Security Regulations, yang tidak memperkenankan petugas keamanan memakai gas air mata di dalam stadion.

Terkait ini, perlu diapresiasi langkah Propam Polri memeriksa anggota yang bertindak di luar SOP. Salut juga ke Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang menindak aksi viral seorang prajurit menendang suporter di Stadion Kanjuruhan dan menyebut bentuk tindak pidana yang tak boleh dilakukan prajurit TNI.

Berangkat dari pemaparan, saatnya semua pihak mulai Pemerintah, federasi dan perhimpunan serta pihak aparat keamanan dan pihak terkait lain duduk satu meja. Perlu evaluasi sarana, prasarana, maupun regulasi dan tata kelola demi penyelenggaraan olahraga lebih baik. Ini tentang peradaban dan kepentingan bangsa. Kami yakin pengelolaan olahraga teristimewa sepakbola tanah air bisa setara negara maju.

Asal pihak pengelolanya benar-benar paham dan punya passion terhadap dunia olahraga. Jangan jadikan federasi, asosiasi dan komite tempat berhimpun insan olahraga sebagai arena berpolitik praktis. Tempatkan mereka yang profesional, punya lisensi dan sudah diakui wawasan dan keahlian untuk memanajemen. Sehingga olahraga tanah air bangkit dan terhindar dari keterpurukan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Kamis, 01 Desember 2022 08:16 WIB
Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Keuangan Desa
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Kamis, 10 November 2022 13:13 WIB
Hari Pahlawan Dan Pentingnya Pendidikan Karakter
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Kamis, 10 November 2022 18:00 WIB
Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Jum'at, 18 November 2022 08:22 WIB
G20 Dalam Angka, Riau Dimana?
Sabtu, 08 Oktober 2022 20:34 WIB
Menjaga Warisan Nabi
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Kamis, 20 Oktober 2022 09:59 WIB
Regsosek dan Semangat Sumpah Pemuda
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Minggu, 16 Oktober 2022 20:11 WIB
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
Jum'at, 28 Oktober 2022 08:20 WIB
Pemuda, Tetaplah Optimis
Selasa, 30 Agustus 2022 11:48 WIB
Pendidikan Ruh Pembangunan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 04 Desember 2022
Ratusan Masyarakat Antusias Ikut Donor Darah yang Digelar PSMTI Riau
Minggu, 04 Desember 2022
Besok, Anies akan Lantik Relawan Perubahan Riau
Minggu, 04 Desember 2022
Polres Bengkalis Beri Bantuan Kepada Lansia yang Tengah Sakit
Minggu, 04 Desember 2022
KDC Food Park Gelar Lomba Mewarnai TK se-Kota Dumai

Serantau lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Resep Martabak Telur Roti Tawar, Simpel dan Enak ala Chef Devina Hermawan
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024
Rabu, 23 November 2022
Kenali PHA: Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Kamis, 01 Desember 2022
Kuau Raja, Si Burung Bermata Seratus dari Sumbar yang Terancam Punah
Rabu, 30 November 2022
Mengenal Ubur-ubur Kotak, Makhluk Laut Paling Berbisa di Dunia
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang
Senin, 21 November 2022
Kemenkominfo Gelar Literasi Digital, "Tips Digital: WhatsApp For Business"

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali setelah Lulus, Kamu Bagaimana?
Kamis, 01 Desember 2022
Penggunaan Gedung SMK Revolusi 4.0 SMK Abdurrab Pekanbaru Diresmikan
Kamis, 01 Desember 2022
5 Kampus Paling Diminati di Indonesia
Senin, 28 November 2022
Hendriko Dikukuhkan sebagai Guru Besar Pertama di Politeknik Caltex Riau

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Pegadaian Oktober 2022
Terpopuler
Khas Hotel November 2022
Foto
DPRD Riau 2022 1
Diskes Rohul Agustus 2022
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung
Sabtu, 19 November 2022
Nia Ramadhani Ungkap Terjerat Narkoba Bukan Akhir Dunia

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 2022 2
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Indeks Berita
DPRD Riau HUT BRIMOB 2022DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www