Rabu, 07 Desember 2022

Breaking News

  • Bapenda Riau Pastikan Tak Ada Pemutihan Denda Pajak Tahun Ini   ●   
  • Jelang Natal dan Tahun Baru, Muflihun Sebut Harga Sembako Masih Stabil   ●   
  • Masih Jauh dari Target, Retribusi Sampah di Pekanbaru Baru Rp 3,8 Miliar   ●   
  • Kades di Meranti Berharap Perseteruan Bupati dan Gubri Tidak Berlanjut   ●   
  • Wamendes: Kemajuan Desa Mandiri di Riau Melejit   ●   
  • Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor 2022 sampai Akhir Desember   ●   
  • Kasus Covid-19 Menanjak, Gubri Perintahkan Gesa Vaksinasi Booster   ●   
  • Paling Lambat 3 Desember, Pemprov Riau Ingatkan 8 Daerah segera Usulkan Draf APBD 2023   ●   
  • Kapolda Pertama yang Turun Langsung ke Lokasi Gempa Cianjur, Irjen Iqbal Bawa 9 Truk Sembako   ●   
  • Sensus Terkini, Pertumbuhan Islam di Inggris Meroket
Yamaha 27-30 November 2022

CAKAP RAKYAT
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
Minggu, 16 Oktober 2022 20:11 WIB
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Awal bulan ini (3/10/2022) Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menggelar rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka evaluasi dan percepatan pelaksanaan kegiatan APBD dan APBN Provinsi Riau Tahun Anggaran (TA) 2022. Dalam rapat digelar secara tertutup termasuk bagi awak media tersebut, Gubri mengakui masih didapati anggaran pusat belum terserap maksimal di beberapa OPD (sumber: www.cakaplah.com).

Orang nomor satu itupun minta agar dievaluasi dan realisasi lebih dimaksimalkan. "Kalau tak dipercepat, takutnya nanti akan dikurangi kedepannya," lanjut Gubri. Upaya evaluasi kinerja sangat bagus. Namun harapan kami selaku lembaga legislatif, menggesa kinerja bukan semata demi menyelamatkan transfer anggaran ke Riau tahun berikut.

Tapi ditempuh supaya membawa perbaikan dan kemajuan bagi daerah serta memenuhi hak masyarakat atas Pemerintah Daerah (Pemda). Karena cenderung jelang akhir tahun Pemda pada umumnya ngebut realisasi anggaran. Syukur-syukur kalau pelaksanaan on the track. Parahnya, banyak kegiatan digesa terkesan asal jalan dan buyar dari indikator yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan. Tradisi kejar akhir tahun memang akhirnya bikin birokrasi selamat, tapi kerap korbankan kualitas program pemenuhan hajat masyarakat.

Dari beberapa OPD, Gubri menyentil Dinas Kesehatan. "Masih kecil itu di Dinas Kesehatan, sudah dilaksanakan, tapi belum maksimal”, cakap orang nomor satu di Riau. Di sini mirisnya. Paling disorot Bantuan Operasional Kesehatan (BOK). Padahal sangat bermanfaat mencapai sasaran dan program kesehatan di daerah. Mengacu ke petunjuk teknis Peraturan Menteri Kesehatan, BOK adalah bantuan pusat ke daerah untuk percepatan capaian target program kesehatan prioritas nasional.

Biaya operasional dikhususkan membantu Puskesmas beserta unit khusus semisal Poskesdes/Polindes, Posyandu dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Perihal Puskesmas, ujung tombak pelayanan kesehatan bersifat promotif dan preventif, meliputi pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan primer.

BOK juga pernah dipakai Pemprov Riau untuk bayar insentif tenaga kesehatan menangani pasien Covid-19 yang sempat tertunda di tahun 2020 karena terkendala dana dari pemerintah pusat. Disamping itu, ada agenda lebih penting dibalik perlunya optimalisasi dana BOK yakni mengatasi stunting di Provinsi Riau.

Ancaman  

Stunting dulu dikenal “anak kerdil”. Pengertian kekinian: kondisi gagal tumbuh pada anak usia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai. Ini terjadi terutama dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yakni mulai janin hingga anak berusia dua tahun. Meski lama merdeka, masalah klasik khas negara dunia ketiga tadi masih PR besar Indonesia. Mengutip hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021, prevalensi stunting masih di angka 24,4% atau sekitar 5,33 juta balita.

Meski terus menurun, angka tadi masih belum aman. Lagipula bisa saja itu baru yang terdata. Indonesia masih lebih tinggi dibanding Vietnam (23%), Malaysia (17%), Thailand (16%) lebih lagi dari Singapura. Agenda besar ini butuh fokus. Problem stunting multidimensi. Walau menyangkut aspek kesehatan kayak kekurangan gizi kronis, infeksi berulang dan seterusnya, akan tetapi penyebab tak berhenti disitu. Sulitnya akses pelayanan kesehatan, buruknya sanitasi, anggaran tak memadai, ketidakpedulian sosial dan komitmen pemerintah juga sangat berkontribusi.

Bicara ancaman stunting sangat nyata. Dampak mulai gangguan kesehatan fisik dan pertumbuhan, juga buat lemah sistem kekebalan tubuh bahkan kesehatan jiwa dan perkembangan otak. Sehingga tingkat kecerdasan anak berpotensidi bawah rata-rata. Ujungnya, tingkat produktivitas Sumber Daya Manusia (SDM) menurun. Apabila tidak diturunkan, cepat atau lambat akan menghambat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kemiskinan dan memperlebar ketimpangan sosial serta memperburuk kualitas politik dan demokrasi. Tanpa SDM sehat jiwa dan raga, proyeksi bonus demografi Indonesia 2030–2035 tinggal angan. Jadi, baik sebab dan akibat stunting sama-sama multimensi.

Pemerintah sendiri sudah antisipasi. Mulai memperkuat program pangan dan gizi dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005–2025 dan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) 72/2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Perpres diadopsi dari Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) selaku pelaksana percepatan penurunan stunting telah menetapkan Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting (RAN-PASTI) 2021–2024 (Peraturan BKKBN 12/2021).

Teruntuk Riau, prevalensi Balita alami stunting 23,3%. Riau cukup berhasil turunkan angka stunting dan masuk indikator kinerja Kepala Daerah di RPJMD Provinsi Riau 2019-2024. Komitmen Kepala Daerah pun patut dihargai, dengan terbitnya Keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts.233/III/2022 tentang Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Riau. Kami mengapresiasi penghargaan diterima Pemprov Riau atas kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting wilayah Regional I dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kendati begitu, jalan masih terjal. Ada 6 kabupaten/kota di Riau prevalensi di atas rata-rata provinsi. Tertinggi Rokan Hilir yaitu 29,7%, diikuti Indragiri Hilir 28,4%, Rokan Hulu 25,8%, Kampar 25,7%, Indragiri Hulu 23,6% dan Kepulauan Meranti 23,3%. Sesuai arahan Presiden, angka stunting ditargetkan turun ke 14 persen di tahun 2024.

Berangkat dari tuntutan, tergambar urgensi dukungan anggaran. Kembali menyoal rendahnya serapan BOK Riau, tentu sangat disayangkan. Padahal, mengacu ke Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Penurunan Stunting tahun 2021, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyinggung bahwa selain DAK, BOK menentukan langkah seperti penyusunan regulasi di tingkat daerah terkait stunting, pemetaan dan analisis situasi program stunting, Pelaksanaan rembuk stunting, pembinaan kader pembangunan manusia 1000 HPK, pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita, sosialisasi dan publikasi stunting, pencatatan dan pelaporan, review kinerja tahunan aksi integrasi stunting dan lain-lain.

Sinergi  

Maafkan kedua orangtuamu kalau tak mampu beli susu, Bbm naik tinggi susu tak terbeli, orang pintar tarik subsidi mungkin bayi kurang gizi. Sepenggal lirik lagu berjudul “Galang Rambu Anarki” karya Iwan Fals masih relevan. Mengungkap keprihatian dan ancaman meningkatnya stunting paska kenaikan BBM. Logika sederhananya, kalau sebelum BBM naik angka stunting Indonesia 24,4 persen (di atas toleransi WHO) apatah lagi paska kenaikan BBM yang bikin harga-harga tambah mahal? Bahan pangan bergizi sebagai kunci mencegah stunting jelas makin sulit dijangkau kebanyakan masyarakat.

Berangkat dari tingkat kegawatan, Pemda diminta meningkatkan level kewaspadaan sembari genjot kinerja. Diawali evaluasi dan menyiasati permasalahan percepatan penurunan stunting, diantaranya: konvergensi program di tingkat daerah yang setakad ini belum optimal; penerjemahan kebijakan penurunan stunting dalam perencanaan dan penganggaran di daerah; penguatan pendampingan di tingkat kabupaten/kota dan keluarga; integrasi sistem pemantauan dan evaluasi; dan belum adanya “satu data” pendekatan penurunan stunting menyasar rumah tangga 1.000 HPK.

Tantangan semakin berat mengacu ke target penurunan prevalensi stunting 14% di tahun 2024. Guna mencapai target, setiap tahunnya harus ada penurunan 2,7% dalam waktu 5 tahun. Namun, upaya ditempuh jangan pula berorientasi sekedar turunkan angka di atas kertas.

Pendekatan Pemerintah terutama Pemda mesti dirasakan langsung manfaat dan perubahan oleh masyarakat. Sebenarnya banyak cara tersaji dan bisa ditempuh. Pastinya, sekali lagi, ini tak akan tuntas bila Pemda kerja sendiri. Harus ada kolaborasi dan sinergi libatkan banyak pihak dan lintas sektoral. Ambil contoh inovasi sinergitas program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), dimana Pertamina Hulu Rokan (PHR) berkontribusi dalam penurunan dan pencegahan stunting melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Pemda di Riau juga bisa meniru program Pemda di Jawa Timur, yang membuat program subsidi ikan menyasar warga yang memiliki atau membawa Balita saat berada di pasar.

Terkait pengawasan, disiagakan petugas Dinas Perdagangan setempat. Hasil dan progres ternyata positif. Buktinya, jumlah Balita gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis di daerah setempat di Jatim berhasil dikurangi. Di sini lain, Pemda dapat bersinergi sekaligus memperkuat perekonomian para nelayan lokal. Sekarang tinggal kesungguhan dan kepedulian demi masa depan generasi.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Kamis, 01 Desember 2022 08:16 WIB
Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Keuangan Desa
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Kamis, 10 November 2022 18:00 WIB
Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Jum'at, 18 November 2022 08:22 WIB
G20 Dalam Angka, Riau Dimana?
Sabtu, 08 Oktober 2022 20:34 WIB
Menjaga Warisan Nabi
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Kamis, 20 Oktober 2022 09:59 WIB
Regsosek dan Semangat Sumpah Pemuda
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Jum'at, 28 Oktober 2022 08:20 WIB
Pemuda, Tetaplah Optimis
Selasa, 30 Agustus 2022 11:48 WIB
Pendidikan Ruh Pembangunan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Cerita Petugas Padat Karya di Pelalawan Berhenti Bekerja Lantaran Temukan Sarang Ular
Selasa, 06 Desember 2022
Bupati Rohil Pimpin Rakor Forkopimda tentang Antisipasi Banjir dan Persiapan Nataru
Selasa, 06 Desember 2022
Jajaran Polres Bengkalis dan TNI Bersinergi Bantu Masyarakat Kurang Mampu
Selasa, 06 Desember 2022
Sambut Hari HAM se-Dunia, Imigrasi Siak Buka Pekan Layanan Ramah Hak Asasi Manusia

Serantau lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru
Rabu, 30 November 2022
Resep Martabak Telur Roti Tawar, Simpel dan Enak ala Chef Devina Hermawan
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Siak sudah Mulai Transformasi Keuangan ke Sistem Digital
Kamis, 01 Desember 2022
Kuau Raja, Si Burung Bermata Seratus dari Sumbar yang Terancam Punah
Rabu, 30 November 2022
Mengenal Ubur-ubur Kotak, Makhluk Laut Paling Berbisa di Dunia
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Rektor Unri Resmikan Stasiun Meteorologi Pertanian Khusus Fakultas Pertanian
Senin, 05 Desember 2022
Pererat Silaturahmi Antar Mahasiswa Kampar di Yogyakarta, IPRY-KK Gelar Malam Keakraban
Jumat, 02 Desember 2022
5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali setelah Lulus, Kamu Bagaimana?
Kamis, 01 Desember 2022
Penggunaan Gedung SMK Revolusi 4.0 SMK Abdurrab Pekanbaru Diresmikan

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Pegadaian Oktober 2022
Terpopuler

04

Khas Hotel November 2022
Foto
DPRD Riau 2022 1
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 2022 2
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Indeks Berita
DPRD Riau HUT BRIMOB 2022DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www