Selasa, 31 Januari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

CAKAP RAKYAT
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kalimat di atas tak asing lagi bagi kita. Sedikit mengulas sejarah, mengutip buku berjudul Peranan Pemuda: Dari Sumpah Pemuda sampai Proklamasi (1989) karya Sagimun Mulus Dumadi, pernyataan pemuda di atas tercetus dalam Kongres Pemuda II yang diadakan selama dua hari tertanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia atau kini Jakarta. Tujuan digelar Kongres Pemuda II antara lain: melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda Indonesia, membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia; serta memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia. Kendati ada polemik sejarah bahwa rapat pemuda waktu itu hanya berupa “Poetoesan Congres” dan sejak awal tak pernah ada kata “sumpah” sebab para pemuda tidak melakukan sumpah, namun tidak menghalangi kita mengambil pelajaran berharga.

Sekadar informasi, polemik didasarkan hasil kajian Kepala Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-ilmu Sosial (Pussis) Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr. Phil Ichwan Azhari yang menyebut sejarah Sumpah Pemuda ternyata tanpa didukung dokumen dan bukti otentik. Sisi menariknya, berdasarkan catatan dan dokumen sejarah belakangan diketahui Sumpah Pemuda lebih kepada hasil rekontruksi pendahulu bangsa didorong kebutuhan situasi dan kondisi saat itu. "Poetoesan Congres" pun diubah jadi "Sumpah Pemuda". Momennya pada 28 Oktober 1954, saat Presiden Soekarno dan Muhammad Yamin (sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) membuka Kongres Bahasa Indonesia kedua di Medan. Soekarno dan M. Yamin ditantang membangun narasi pemersatu bangsa, yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda.

Terlepas dari kontroversi dan perbedaan pendapat, ijtihad para pendahulu bangsa sangat signifikan bagi perjuangan kemerdekaan. Ironi dengan keadaan sekarang, unsur dan simbol kebangsaan justru dipakai sebagai tameng guna melindungi kepentingan kelompok sendiri dan alat menyerang kelompok dianggap berseberangan atau tidak sependapat. Pancasila bukannya untuk memperkuat kesatuan, tapi diklaim seakan milik kelompok tertentu saja.

Mirisnya, yang paling kencang teriak paling Pancasilais dan paling NKRI justru sering gagal paham dan abai terhadap penegakan nilai-nilai Pancasila. Hal-hal semacam tadi menyebabkan bangsa kita beberapa tahun begitu rapuh secara sosial dan terancam perpecahan. Tuduhan intoleran dan radikal begitu mudah dilontarkan. Pihak yang berkata benar disudutkan, sementara yang pikiran dan perbuatannya terang-terangan bertentangan dengan falsafah bangsa malah dipuja dan dibela. Sungguh preseden sangat tidak baik. Bukan saja bagi demokrasi, tapi paling utama merongrong nilai-nilai dasar yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu. Berkaca kepada keadaan dan tantangan yang dihadapi, justru membuat peran pemuda dinanti. Layaknya pemuda dulu lahirkan narasi memperkuat dan menyelamatkan bangsa. Misi mengulangi sejarah tersebut hanya bisa tercapai manakala pemuda kembali ke khittahnya.

Manifestasi

Sumpah Pemuda merupakan manifestasi kesungguhan niat dan kebulatan tekad para pemuda dahulu terhadap tanah air. Narasi dan gagasan serupa dibutuhkan bangsa untuk menghadapi tantangan sekarang dan masa mendatang. Meski peristiwa Sumpah Pemuda tinggal sejarah, esensinya perlu dilestarikan sepanjang masa. Namun Sumpah Pemuda bukanlah kunci. Narasi menjadi tiada berarti tanpa manusianya. Sehebat apapun gagasan hanya akan berjaya apabila memenuhi azas utama: pertama, keyakinan kuat terhadap gagasan yang didukung.

Kedua, keikhlasan dalam mendukung dan menegakkannya. Ketiga, semangat yang senantiasa membara bersamanya, serta keempat, sedia berkorban dan berusaha untuk merealisasikannya. Dalam konteks agama sebagai sila pertama Pancasila, keempat hal disebut tadi sejalan dengan prinsip ajaran Islam yakni keimanan, keikhlasan, semangat dan amal. Dalam kisah sejarah yang termaktub mulai dari kitab suci dan literatur umum, empat hal itu pula karakter melekat ke diri pemuda. Itulah kenapa aktor utama yang dicatat tinta emas dalam berbagai peristiwa penting dalam sejarah dunia adalah pemuda. Karena sifat idealis, teguh, komit dan konsistensi, berbagai pergolakan dan perubahan dilakukan oleh mereka direntang usia tersebut.

Kaum muda identik dengan jiwa bersemangat dan energik serta kekuatan raga. Di fase ini banyak potensi melakukan perubahan dan perbaikan. Masa muda merepresentasikan sesuatu yang baru, menantang adrenalin, kreatif dan inovatif serta berpikir kritis. Maka sangat disayangkan kalau lengah dan malas menempa diri. Selain berpikir kritis, aspek lain dianggap perlu yaitu integritas. Karena di masa inilah manusia menghasilkan konsensus dari pergulatan kehidupan: benar atau salah; baik atau buruk.

Ketika seseorang di masa muda terbiasa lakukan hal baik, baik pula di masa tuanya, begitu sebaliknya. Wajar kenapa Umar bin Khattab RA pernah berucap: “Barangsiapa ingin menggenggam nasib suatu bangsa, maka genggamlah para pemudanya.” Ungkapan amat sederhana tetapi punya substansi luar biasa. Kalau mau merusak bangsa, rusaklah pemudanya. Kalau bangsa ingin baik maka pemudanya harus baik pula. Dalam hadist juga dinyatakan lima hal paling lama “diaudit” di hari kiamat adalah tentang masa muda untuk apa dihabiskan. Pemuda baik dan taat juga masuk 7 golongan manusia yang dijaga Allah SWT kelak (HR. al-Bukhari). Ketaatan dimaksud bukan saja berupa ritual ibadah. Menegakan kebenaran, memerangi kezaliman dan kebathilan, ber-amar ma’ruf nahi mungkar, aktif dalam agenda perbaikan serta berkontribusi bagi kepentingan bangsa, juga bentuk ibadah tertinggi.

Inilah wujud kesalehan sosial. Seseorang yang baik agamanya akan memunculkan sikap peduli dan peka terhadap lingkungan. Bukan abai dan cuek menyaksikan kezaliman, kesewenangan, ketidakadilan dan penyimpangan. Adapun tingkatan menyikapinya, paling tertinggi dengan aksi nyata lalu level lebih bawah mengingatkan secara lisan hingga paling lemah berazam untuk tidak ikut-ikutan atau membenarkan perbuatan keliru. Kembali ke peristiwa Sumpah Pemuda, para pemuda dahulu mengambil level tertinggi: berupa tindakan dan memerangi penjajahan dan kezaliman. Walaupun tantangan masa perjuangan tak sama dengan dihadapi sekarang dan masa mendatang, secara substantif terkandung makna sama.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Jum'at, 13 Januari 2023 08:59 WIB
Sensus Pertanian di Tengah Ancaman Krisis
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Sabtu, 10 Desember 2022 08:59 WIB
HAM Dan Masa Depan Bangsa
Rabu, 04 Januari 2023 08:02 WIB
Ketika Tongkat Membawa Rebah
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 14 Desember 2022 13:18 WIB
Keselamatan Pekerja Prioritas Utama!
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Sabtu, 17 Desember 2022 15:49 WIB
Menanti Kehadiran Negara
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Kamis, 10 November 2022 13:13 WIB
Hari Pahlawan Dan Pentingnya Pendidikan Karakter
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Muswil Resmi Dibuka, Aspedi Riau Diharapkan Bangkit dan Berkembang Pasca Pandemi
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar dan Saleh Djasit Komitmen Bangun Pendidikan di Riau
Selasa, 31 Januari 2023
Silahturrahmi dengan Gubernur Syamsuar, IKBR Dukung Program Pemprov Riau
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar Didaulat Jadi Ketua Dewan Pertimbangan Universitas Riau

Serantau lainnya ...
Senin, 30 Januari 2023
Berdesain Unik, Pojok Baca RSUD Tengku Rafian Siak Juara 1 Lomba Perpustakaan
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023
Jumat, 20 Januari 2023
Masakan Dapur Lapas Pekanbaru Resmi Bersertifikasi Halal dari MUI
Rabu, 18 Januari 2023
Royal Century Purwodadi Menjawab Hunian Impian Setiap Orang

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023
Senin, 02 Januari 2023
Pemkab Meranti Kini Miliki Command Center yang Himpun Semua Data

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 30 Januari 2023
Prevalensi Stunting di Siak Naik 3 Persen, Wabup: Perlu Perhatian Serius
Senin, 30 Januari 2023
Sederhanakan Birokrasi, BKKBN Riau Terbitkan Surat Tugas Tim Kerja
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan
Minggu, 01 Januari 2023
Gubri Ajak Orang Tua Awasi Anak dari Bahaya Narkoba

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak
Rabu, 18 Januari 2023
Syamsuar, Ganjar hingga Risma Hadiri Pelantikan Rektor IPB
Selasa, 17 Januari 2023
Mahasiswa IPB Goes to School ke 80 Sekolah di Riau
Sabtu, 14 Januari 2023
Sekolah Pascasarjana Unilak Gelar Seminar Nasional, Angkat Tema Hukum, Manajemen dan Lingkungan

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
BUMD 2023
Foto
PCR 2023
Khas Hotel November 2022
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan

Selebriti lainnya ...
Nataru 2022 April.RAPP
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www