Kamis, 08 Desember 2022

Breaking News

  • Penetapan UMK Tiga Daerah di Riau Sempat Dikoreksi sebelum Diteken Gubri   ●   
  • Polresta Pekanbaru Raih Predikat Pertama Terbaik se-Indonesia   ●   
  • Bapenda Riau Pastikan Tak Ada Pemutihan Denda Pajak Tahun Ini   ●   
  • Jelang Natal dan Tahun Baru, Muflihun Sebut Harga Sembako Masih Stabil   ●   
  • Masih Jauh dari Target, Retribusi Sampah di Pekanbaru Baru Rp 3,8 Miliar   ●   
  • Kades di Meranti Berharap Perseteruan Bupati dan Gubri Tidak Berlanjut   ●   
  • Wamendes: Kemajuan Desa Mandiri di Riau Melejit   ●   
  • Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor 2022 sampai Akhir Desember   ●   
  • Kasus Covid-19 Menanjak, Gubri Perintahkan Gesa Vaksinasi Booster   ●   
  • Paling Lambat 3 Desember, Pemprov Riau Ingatkan 8 Daerah segera Usulkan Draf APBD 2023
Yamaha 7-12 Desember 2022

CAKAP RAKYAT
Gotong Royong Memajukan Peradaban Bangsa
Senin, 31 Oktober 2022 08:18 WIB
Gotong Royong Memajukan Peradaban Bangsa
Dr. Biryanto

Peradaban suatu bangsa dapat dilihat dari kemajuan perkembangan nilai moral, etika, ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, dan tatanan hidup masyarakatnya.  Bangsa yang maju peradabannya tidak hanya dilihat dari seberapa pesat pembangunan fisiknya, namun juga seberapa tangguh masyarakatnya dalam menerapkan nilai-nilai kebaikan budi pekerti.

Memajukan peradaban bangsa tentu tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja, betapapun kuat dan hebatnya suatu pemerintahan, tetap memerlukan dukungan semua elemen bangsa.  Sebagai warga negara, kita adalah salah satu elemen bangsa yang terhimpun dalam kelompok masyarakat yang memiliki tanggung jawab untuk memajukan peradaban bangsa.   

Mengingat arti pentingnya kemajuan peradaban bagi suatu bangsa, maka diperlukan upaya, kesungguhan, dan konsistensi untuk mewujudkannya.  Bagi bangsa Indonesia, sebenarnya terdapat nilai luhur yang dapat diandalkan untuk mewujudkan hal tersebut, yaitu melalui gotong royong. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gotong royong didefinisikan sebagai aktivitas bekerja bersama-sama; tolong menolong; dan bantu membantu. 

Definisi tersebut menunjukkan bahwa gotong royong merupakan aktivitas kolektif dari berbagai pihak  untuk mencapai tujuan tertentu.  Nilai gotong royong ini juga mengindikasikan bahwa manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri dan mencukupi semua kebutuhannya seorang diri, sehingga memerlukan bantuan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.  

Gotong royong sebagai salah satu nilai kebangsaan yang bersumber dari Sesanti Bhinneka Tunggal Ika, sebenarnya merupakan warisan peradaban yang berakar dari nilai-nilai luhur budaya bangsa.  Semangat gotong royong ini begitu identik dengan bangsa Indonesia dan menjadi salah satu kekhasan bangsa kita yang perlu dijaga dan terus dilestarikan. 

Namun demikian, harus kita akui bahwa semangat gotong royong saat ini mulai memudar dalam kehidupan bermasyarakat.  Terlebih dengan keberadaan kita menuju era Society 5.0 yang mengedepankan konsep masyarakat cerdas dengan pemanfaatan inovasi, kecanggihan teknologi, dan kecerdasan buatan dalam kehidupannya sehari-hari.  Hal ini bila tidak dikelola dengan baik akan mendorong seseorang menjadi pribadi penyendiri dan berkarakter individualis.  Penyebab dari kondisi tersebut karena sebagian besar kebutuhan hidupnya dapat dipenuhi dengan bantuan teknologi dan tidak lagi mengharuskannya berhubungan dengan banyak orang.

Keadaan yang telah dikemukakan tadi menjadi perhatian bagi kita semua, agar dapat mengantisipasi semakin pudarnya nilai gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, terlebih dalam upaya memajukan peradaban bangsa.  Merawat semangat gotong royong dalam bingkai kebhinnekaan tentu menjadi prioritas bagi kita semua sebagai anak bangsa.  Gotong royong tidak saja memperkuat rasa kebersamaan dan persatuan, tetapi juga menjadi sarana dalam akselerasi pencapaian tujuan bersama. 

Berikut ini beberapa unsur yang menentukan efektivitas gotong royong.  Pertama, gotong royong memiliki tujuan yang disepakati dan memberikan manfaat bagi semua yang terlibat.  Kesadaran untuk melaksanakan gotong royong tidak bisa serta merta muncul tanpa adanya tujuan yang jelas.  Oleh karena itu, setiap aktivitas gotong royong perlu disertai dengan tujuan, baik yang bersifat jangka pendek atau instan, bisa juga untuk jangka menengah, dan mungkin juga untuk panjang.

Pada skala mikro di lingkup antar tetangga dan masyarakat, kegiatan gotong royong akan menjadi kurang efektif bila masyarakat tidak mengetahui tujuan dan manfaatnya bagi mereka.  Namun kondisinya tentu saja berbeda, bila masyarakat sadar dan paham betul betapa pentingnya gotong royong tersebut dan besarnya manfaat yang akan mereka terima.  Walaupun sedikit terdengar transaksional, namun prinsip take and give tersebut adalah realitas yang wajar saja seiring dengan perubahan zaman. 

Pada skala makro seperti dalam lingkup kehidupan berbangsa dan bernegara, gotong royong untuk melaksanakan pembangunan di semua sektor memerlukan partisipasi dari semua pihak.  Bila semua pihak yang terlibat memahami tujuan dan manfaat dari gotong royong tersebut, maka tingkat partisipasi mereka tentu akan meningkat.  Untuk itu diperlukan sosialisasi dengan menggunakan tokoh masyarakat sebagai komunikator, dan memanfaatkan media komunikasi digital secara bijak dan optimal. 

Kedua, gotong royong memerlukan pemimpin.  Sebagai suatu aktivitas yang melibatkan banyak orang, gotong royong ini akan menjadi tidak efektif bila tidak ada orang yang menjadi leader untuk mengarahkan dan menggerakkan orang-orang tersebut.  Kepemimpinan dalam aktivitas gotong royong mutlak diperlukan untuk memastikan bahwa semua orang yang terlibat memiliki arah yang sama untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. 

Karakter kepemimpinan yang demokratis dan persuasif cocok pada konteks ini, karena memberikan ruang yang luas bagi setiap orang untuk berkontribusi sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.  Di sisi lain kepemimpinan persuasif akan mampu mengajak dan mendorong orang lain untuk menjadi bagian dan berperan aktif dalam pelaksanaan aktivitas gotong royong.

Ketiga, gotong royong akan berjalan lebih efektif bila ada pembagian tugas yang sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.  Adanya pembagian tugas yang tepat akan mengurangi risiko terjadinya overlapping (tumpang tindih) pelaksanaan tugas kerja, karena setiap orang mengetahui apa yang harus dikerjakannya, dan apa yang menjadi tanggung jawabnya.  Selain itu dengan adanya pembagian tugas akan memastikan bahwa setiap aspek pekerjaan akan dilaksanakan, sehingga efektivitas tujuan gotong royong dapat tercapai.  Selanjutnya, penempatan orang pada tugas kerja yang tepat juga akan mendorong terlaksananya pekerjaan dengan hasil yang lebih baik. 

Keempat, gotong royong dengan hasil optimal memerlukan komunikasi yang efektif.  Gotong royong pada konteks memajukan peradaban bangsa, tentu memerlukan proses yang berkelanjutan dan melibatkan semua elemen bangsa.  Untuk itu dengan adanya komunikasi yang efektif, maka kejelasan dan akurasi informasi akan dapat bergerak dengan cepat, sehingga memudahkan kerja sama dan kolaborasi kerja dari semua pihak.  Selain itu, melalui komunikasi yang lancar maka perkembangan kemajuan (progress) dari tahapan kegiatan yang dilaksanakan dapat diketahui dan diakses dengan mudah oleh semua pihak.  Kondisi ini akan mendorong peran aktif dan partisipasi yang lebih banyak dari masyarakat untuk bersama-sama memajukan peradaban bangsa.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah menghadirkan suasana lingkungan yang kondusif dengan membangun rasa saling mendukung dan menguatkan.  Lingkungan yang nyaman saat aktivitas gotong royong dilaksanakan, sangat memberikan dampak yang signifikan dalam mempercepat tercapainya tujuan gotong royong pada semua tingkatan, baik skala mikro maupun makro.  Lingkungan kondusif ini juga mencakup tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan, sehingga pihak-pihak yang telah diberikan tugas dapat melaksanakan tugasnya dengan hasil yang diinginkan.

Beberapa unsur gotong royong yang telah diuraikan tadi diharapkan dapat menjadi pegangan dan diadaptasi dalam upaya memajukan peradaban bangsa.  Melalui gotong royong yang berakar dari Sesanti Bhinneka Tunggal Ika ini menunjukkan bahwa semangat gotong royong didasarkan pada adanya keberagaman untuk mencapai tujuan yang sama.  Kita semua berbeda, namun dengan perbedaan itulah kita dapat berperan sesuai dengan kapasitas diri kita masing-masing untuk bersama-sama berkontribusi memajukan peradaban bangsa yang kita cintai yaitu bangsa Indonesia.  

Sebagai penutup, mengutip pidato Bung Karno pada sidang pertama BPUPKI 1 Juni 1945 mengatakan, “Gotong royong adalah paham yang dinamis, lebih dinamis dari kekeluargaan. Saudara-saudara! Kekeluargaan adalah satu paham yang statis, tetapi gotong royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan. Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, perjuangan bantu binantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Holopis kuntul baris (ungkapan yang menggambarkan barisan burung kuntul ketika terbang dengan pola meruncing seperti senjata), buat kepentingan bersama! Itulah gotong royong.”

Penulis : Dr. Biryanto (Alumni Lemhanas RI)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Kamis, 01 Desember 2022 08:16 WIB
Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Keuangan Desa
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Jum'at, 18 November 2022 08:22 WIB
G20 Dalam Angka, Riau Dimana?
Kamis, 10 November 2022 18:00 WIB
Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Sabtu, 08 Oktober 2022 20:34 WIB
Menjaga Warisan Nabi
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Kamis, 20 Oktober 2022 09:59 WIB
Regsosek dan Semangat Sumpah Pemuda
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Minggu, 16 Oktober 2022 20:11 WIB
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
Jum'at, 28 Oktober 2022 08:20 WIB
Pemuda, Tetaplah Optimis
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 08 Desember 2022
Selesai Pemugaran, Gubri Serahkan Kunci Rumah Batin Senapelan ke Ahli Waris
Kamis, 08 Desember 2022
Kapolres Bengkalis Berangkatkan Umrah Purnawirawan Polri
Kamis, 08 Desember 2022
6 Narasumber Bakal Isi Seminar Nasional Pengusulan Tengku Buang Asmara di Siak
Kamis, 08 Desember 2022
BPDASHL Inrok: Peduli Lingkungan, Bagian Membangun Peradaban

Serantau lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru
Rabu, 30 November 2022
Resep Martabak Telur Roti Tawar, Simpel dan Enak ala Chef Devina Hermawan
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Siak sudah Mulai Transformasi Keuangan ke Sistem Digital
Kamis, 01 Desember 2022
Kuau Raja, Si Burung Bermata Seratus dari Sumbar yang Terancam Punah
Rabu, 30 November 2022
Mengenal Ubur-ubur Kotak, Makhluk Laut Paling Berbisa di Dunia
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 08 Desember 2022
Menko PMK Launching PMB Umri, Target Terima 3.000 Mahasiswa Baru
Selasa, 06 Desember 2022
Rektor Unri Resmikan Stasiun Meteorologi Pertanian Khusus Fakultas Pertanian
Senin, 05 Desember 2022
Pererat Silaturahmi Antar Mahasiswa Kampar di Yogyakarta, IPRY-KK Gelar Malam Keakraban
Jumat, 02 Desember 2022
5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali setelah Lulus, Kamu Bagaimana?

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Khas Hotel November 2022
Terpopuler
DPRD Riau 2022 1
Foto
Diskes Rohul Agustus 2022
DPRD Riau 2022 2
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung

Selebriti lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Indeks Berita
DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www