Senin, 30 Januari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

CAKAP RAKYAT
Keselamatan Pekerja Prioritas Utama!
Rabu, 14 Desember 2022 13:18 WIB
Keselamatan Pekerja Prioritas Utama!
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sedang di bawah sorotan. Sebagaimana diberitakan, telah terjadi insiden kecelakaan kerja di lingkungan kerja PHR. Bermula dari laporan asosiasi atau perkumpulan diantaranya Aliansi Masyarakat Peduli Riau (AMPR) yang menyampaikan catatan bahwa kurun Juli-November 2022 ada lima orang pekerja PHR meninggal kecelakaan kerja.

Sebagai rincian, 2 pekerja Minyak dan Gas (Migas) meninggal Juli 2022 dan kurun empat hari (17 November-20 November) 3 pekerja meninggal dunia di blok minyak dikelola PHR. Kematian pekerja wajar menyita perhatian dan menimbulkan rasa tidak wajar dari banyak pihak. Mengingat Blok Rokan baru dikelola PHR sekitar 15 bulan sejak alihkelola dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) 9 Agustus 2021 silam.

Semula pihak PHR selalu menyangkal meninggalnya lima pekerja akibat kecelakaan kerja. Lalu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau memanggil manajemen PHR dan ditindaklanjuti menurunkan tim investigasi. 8 Desember 2022, Kepala Disnakertrans Riau Imron Rosyadi menyampaikan laporan bahwa rentetan Tenaga Kerja (Naker) meninggal di wilayah PHR sepanjang Juli-November 2022 masuk kategori kecelakaan kerja. Akhirnya pihak PHR mengakui. Disnakertrans juga merekomendasikan PHR agar membenahi sistem mendeteksi penyebab kematian mendadak di tempat kerja dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada pekerja.

Kendati PHR telah memberi santunan ke keluarga, namun bikin geram khususnya kami di Komisi V DPRD Provinsi Riau yang membidangi ketenagakerjaan. Diawali itikad buruk PHR yang tak melaporkan kejadian ke Pemprov Riau. Pihak PHR baru menyambangi kantor Disnakertrans Riau setelah ramai pemberitaan di media. Kami juga menyayangkan sikap manajemen PHR yang menutup-tutupi kasus. Terkesan unsur pimpinan PHR lebih pentingkan citra dan jabatan dibanding nyawa pekerja. Kasus kematian pekerja Blok Rokan sekaligus ironi. Dimana baru-baru ini PHR borong penghargaan dalam IOG 2022 di Bali.

Dalam kegiatan digelar SKK Migas itu, PHR memperoleh 5 penghargaan. Kami mengapresiasi capaian PHR. Berikut ambisi PHR mencanangkan rencana kerja masif dan agresif mengejar target produksi minyak di Blok Rokan melalui program pengeboran sumur baru. Tapi, jangan sampai target dan lifting minyak di atas keselamatan dan nyawa pekerja. Penghargaan tiada berguna ketika keselamatan pekerja tidak diprioritaskan. Kita menghendaki perubahan kebijakan ketenagakerjaan lebih baik yang berpihak pada keselamatan dan kesehatan pekerja. Terlebih kini Pertamina dihadapkan pada kebijakan efiensi besar-besaran.

Beberapa asosiasi pekerja di Riau khawatir, paska Blok Rokan diambilalih PHR selaku anak perusahaan Pertamina, perhatian ke pekerja dan keselamatan kerja menurun. Untuk memastikan, perlu dicek standar peralatan kerja sub kontraktor PHR. Sebab dampaknya fatal. Keselamatan kerja harus diperhatikan mulai hal sederhana seperti saat lapangan diguyur hujan dan licin maka demi keselamatan aktivitas pekerja harus dihentikan.

Komitmen

Keselamatan kerja bukan sekadar teori. Butuh komitmen dan usaha mewujudkannya. Migas sektor yang tidak hanya padat modal, teknologi dan hasilkan cuan besar. Tapi juga padat resiko. Oleh karena itu, aspek keselamatan sudah seharusnya menjadi isu sangat serius. Hal ini tentu sudah mendapat perhatian di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sejak dibentuk Pemerintah di tahun 2013 menggantikan BP Migas. Visi SKK Migas adalah Journey to Zero.

Salah satu tolak ukur keberhasilan kinerja pengelolaan keselamatan kerja dalam kegiatan operasional hulu Migas ditandai rendahnya angka kecelakaan kerja. Menyoal penyebab, dari beberapa kasus menunjukkan lemahnya faktor supervisi atau pengawasan. Karena bidang pengeboran dan konstruksi memerlukan energi lebih, supervisinya harus berbanding lurus alias lebih ketat pula. Bicara sistem keselamatan kayaknya tak perlu dibahas. Semua sempurna di atas kertas. Yang perlu dilihat sekarang faktor kepemimpinan. Sosok pemimpin di sektor Migas tak sekadar harus memiliki wawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang luas. Juga harus memiliki komitmen dan kepedulian yang kuat.

Masuk akal muncul tuntutan supaya Dirut dan EVP PHR dievaluasi secara menyeluruh. Paling penting untuk dievaluasi sejauhmana kepatuhan terhadap aturan baik itu SOP internal dan peraturan perundang-undangan. Boleh dibilang PHR tak jarang tuai kontroversi. Selain tidak melaporkan insiden kecelakaan dan kematian pekerja, praktik pekerjaan buruh kontrak di Blok Rokan pernah dipertanyakan. Sebab diduga kuat melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat serta Pemutusan Hubungan Kerja.

Hal di atas rapor merah rekam jejak PHR. Kecelakaan dan kematian pekerja memupus ambisi PHR yang pernah mencatat nihil kecelakaan fatal alias Zero NOA (Number of Accident). Ditambah ketidakpatuhan terhadap peraturan. Bagaimana mungkin minta swasta taat aturan sementara perusahaan plat merah terang-terangan abai?

Kembali soal pelaporan insiden, kebiasaan buruk ini ternyata diakui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Meski sudah ditekankan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) harus melaksanakan keselamatan Migas terdiri dari keselamatan instalasi, pekerja, umum dan lingkungan, tapi sewaktu terjadi kecelakaan banyak tak lapor ke Pemerintah c.q Direktur Teknik dan Lingkungan Migas sebagai Kepala Inspeksi. Padahal sesuai aturan berlaku, pelaporan wajib sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ESDM 18/2018 tentang Pemeriksanaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan Pada Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi.

Setelah kecelakaan (Migas) diketahui dari media massa baru ribut. Mengacu ke ilmu manajemen, insiden terjadi akibat adanya fungsi tak berjalan semestinya. Mengacu ke UU 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, bahwa tanggung jawab serta jaminan keselamatan kegiatan usaha hulu Migas berada di tangan badan usaha dan Pemerintah bertugas membina dan mengawasi pelaksanaannya.

Dalam kondisi dan situasi sekarang, PHR diminta serius berbenah. Keterbukaan dan transparansi serta komitmen terhadap aturan jadi harga mati. Menciptakan lingkungan kerja dengan kecelakaan nihil atau zero accident harus terus diupayakan. Memang tidak mudah memenuhinya. Tapi bukan berarti tak bisa diwujudkan. Kecelakaan kerja sebagian besar dikarenakan faktor manusia atau human error. Untuk itu dibutuhkan pendidikan dan pemahaman K3 secara berkelanjutan dan terus-menerus. Untuk mencapai kesempurnaan kita mesti mau berproses.

Selain itu, dukungan perusahaan untuk mewujudkan Sistem Manajemen K3 (SMK3) mesti dilaksanakan sebagai bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan. Sehingga dapat mengendalikan risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif. Dalam tataran teknis, kebiasaan baik selama pandemi perlu diterapkan. Semisal memastikan tubuh dalam keadaan fit sebelum memutuskan keluar rumah atau bekerja. Pertamina sudah mempraktikannya. Meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja melalui program pemeriksaan kesehatan (fit to work).

Program tadi perlu diperluas cakupannya ke kegiatan usaha hulu Migas. Ikhtiar barusan kunci menuju keberhasilan. Target PHR sangat ditentukan budaya kerja yang dianut. Kesuksesan PHR manakala berhasil mengintegrasikan budaya safety first dan menjadikan keselamatan pekerja sebagai inti menjalankan bisnis dan kegiatan perusahaan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Jum'at, 13 Januari 2023 08:59 WIB
Sensus Pertanian di Tengah Ancaman Krisis
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Sabtu, 10 Desember 2022 08:59 WIB
HAM Dan Masa Depan Bangsa
Rabu, 04 Januari 2023 08:02 WIB
Ketika Tongkat Membawa Rebah
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Sabtu, 17 Desember 2022 15:49 WIB
Menanti Kehadiran Negara
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Kamis, 10 November 2022 13:13 WIB
Hari Pahlawan Dan Pentingnya Pendidikan Karakter
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 29 Januari 2023
Gubernur Syamsuar Resmikan Jalan Dua Jalur di Inhu 
Minggu, 29 Januari 2023
Komisi III Dorong Peningkatan Kinerja BRK Syariah Terutama Pelayanan
Minggu, 29 Januari 2023
Masuk Tahun Politik, Syamsuar: Jangan Mau Kita Dikompori
Minggu, 29 Januari 2023
Diikuti 50 Peserta, Ini Dia Pemenang Lomba Hias Gapura Teh Gelas di Pekanbaru 

Serantau lainnya ...
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023
Jumat, 20 Januari 2023
Masakan Dapur Lapas Pekanbaru Resmi Bersertifikasi Halal dari MUI
Rabu, 18 Januari 2023
Royal Century Purwodadi Menjawab Hunian Impian Setiap Orang
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023
Senin, 02 Januari 2023
Pemkab Meranti Kini Miliki Command Center yang Himpun Semua Data

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan
Minggu, 01 Januari 2023
Gubri Ajak Orang Tua Awasi Anak dari Bahaya Narkoba
Selasa, 20 Desember 2022
RSJ Tampan Raih Akreditasi paripurna Bintang 5
Minggu, 11 Desember 2022
Gelar Seminar Hari Disabilitas, RSIA Zainab Berkomitmen Jadi Pusat Layanan Anak Penyandang Disabilitas

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak
Rabu, 18 Januari 2023
Syamsuar, Ganjar hingga Risma Hadiri Pelantikan Rektor IPB
Selasa, 17 Januari 2023
Mahasiswa IPB Goes to School ke 80 Sekolah di Riau
Sabtu, 14 Januari 2023
Sekolah Pascasarjana Unilak Gelar Seminar Nasional, Angkat Tema Hukum, Manajemen dan Lingkungan

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
PCR 2023
Foto
Khas Hotel November 2022
Nataru 2022 April.RAPP
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www